Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Pengumuman Harga Wuling RS dan PPnBM Terbaru

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Pengumuman Harga Wuling RS dan PPnBM Terbaru

Sejumlah pabrikan merilis produk anyar dan harga terbaru dalam sepekan ini. Yang pertama datang dari Mazda CX-3 1.5 liter Sport. Menarik dengan penggunaan mesin baru. Mazda mencoba memasuki tertorial jenis crossover di kelas HR-V reguler dengan harga kian terjangkau. Lalu Wuling juga mengeluarkan banderol resmi Almaz RS. Guna bersaing dengan mereka lain, Wuling memberikan subsidi dari perusahaan dengan besaran lumayan besar. Angka jual OTR Jakarta semakin menggiurkan.

Terakhir, info paling dinanti khalayak ialah daftar terbaru 29 model penerima PPnBM dari pemerintah. Jika sebelumnya penerima keringanan adalah 21 model dengan mesin 1.500 cc. Melihat respon yang diberikan pasar, pemerintah memperluas relekasasi untuk mobil dengan mesin sampai 2.500 cc. Nah, siapa saja penerima tambahannya? Berikut ikhtisar ketiga beritanya.

Mazda CX-3 Sport 1.5 L

Mazda CX-3 1.5 Liter

Eurokars Motor Indonesia (EMI) merilis Mazda CX-3 Sport 1,5 liter. Konsumen bisa mendapatkan dengan banderol relatif murah dari varian lama. Sekarang mereka menawarkan Rp 339,9 juta on the road Jakarta. Sementara varian 2.0 liter dilepas Rp 454,4 juta. Selisih keduanya Rp 115 jutaan. Dan angka itu lumayan bersaing dari Honda HR-V 1.5 liter E CVT seharga Rp 319,9 juta.

Untuk diketahui, kali pertama CX-3 Sport dikenalkan di sini pada 2017. Sekarang, pemegang merek tak sekadar menyegarkan tampilan New CX-3 Sport 1,5 liter. Crossover SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini juga mendapatkan opsi jantung pacu lebih kecil. “Pasar SUV di Indonesia semakin ramai. Terutama untuk pasar mid-size SUV bermesin 1.500 cc. Melalui keunggulan teknologi Skyactiv yang dimiliki. Kami optimis Mazda dapat bersaing di segmen sangat menjanjikan ini. Sehingga kami membawa New Mazda CX-3 Sport 1.5L terbaru dengan mesin Skyactiv, semakin canggih,” ujar Ricky Thio, Managing Director PT EMI.

Pemacu daya CX-3 Sport 1.5L mengusung konfigurasi empat silinder segaris 1.496 cc. Resultan pembakaran piston memberi tenaga puncak hingga 111 PS di 6.000 rpm. Lantas torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. Distribusi tenaga menggunakan transmisi otomatis Skyactiv Drive 6-speed ke roda depan. Masih sama dari model-model sebelumnya. “Meskipun menggunakan mesin dengan kapasitas lebih kecil dari sebelumnya. Namun New Mazda CX-3 Sport 1.5L ini tetap menyuguhkan kesenangan berkendara sporty nan dinamis khas Mazda,” klaim Ricky.

CX-3 dengan trim Sport 1.5L ini mendapatkan pilihan warna eksterior baru. Tak hanya itu, untuk memperkuat kesan sporty, warna Gunmetal juga tersedia di tipe pelek 18 inci. Lalu penggunaan font baru pada badge. Juga model kunci terbaru yang dikenal dengan 7-G key fob diterapkan pada crossover gress ini. Lanjut ke bagian interior, ia mendapatkan paduan bahan kulit sintetis dan fabric. Sehingga tatanan interior tampak sporty. Kemudian nilai jual yang ditawarkan berupa teknologi kursi 7-G Mazda terbaru. Jok diklaim sanggup menopang tubuh pengemudi maupun penumpang lebih baik. Jadi bisa memberikan kenyamanan saat berkendara. Simak selengkapnya di sini.

Wuling Almaz RS

Harga Wuling Almaz RS

Wuling Indonesia merilis banderol resmi SUV terbaru. Almaz RS EX 5-Seater setelah dapat subsisi dari pabrikan menjadi Rp 340,8 juta. Lalu Almaz RS tipe Exclusive 7-seats ditawarkan Rp 350,8 juta on the road Jakarta. Kemudian Almaz RS Pro 7-seats dilepas RP 354,8 juta mulai 29 Maret hingga 30 April. Untuk diketahui, ia tak masuk dalam daftar keringanan PPnBM dari pemerintah. Kabar baiknya, pabrikan mengumumkan harga subsidi khusus. Namun 1 Mei 2021 harga naik.

Dengan harga amat kompetitif, Wuling Almaz RS memiliki value for money tinggi. Pasalnya ia mengantongi teknologi paling mutakhir berupa inovasi WISE. Gabungan fitur itu terdiri dari Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Selama berkendara di area Ancol, OTO.com sempat menjalal beberapa fasilitas ADAS yang terdapat di WISE. Misal Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA). Kemudian diimbuhi Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Cara aktivasi ACC sangat mudah. Tekan tombol cruise control di bagian kiri setir. Atur batas kecepatan berkendara sesuai kebutuhan. Saat mobil meluncur 30 km/jam, fitur itu sudah bisa dinyalakan berikut LKA. Saat ada kendaraan di depan, Almaz RS langsung bisa mendeteksi objek dan dapat mengikuti pergerakan kecepatan maupun pengereman. Setir juga bisa koreksi mengikuti garis marka. Hebatnya, ia juga memiliki fitur Internet of Vehicle (IoV). Seperti Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security. Semua dapat dioperasikan melalui smartphone. Ada juga beberapa fungsi IoV tersedia melalui Head Unit mulai dari Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App. Simak selengkapnya di sini.

Toyota Fortuner dan Kijang Innova

Daftar Penerima PPnBM Terbaru

Pemerintah memutuskan memperluas pengenaan mobil penerima keringan pajak. Sehingga produksi kendaraan bermotor roda empat (KBM-R4) terus berjalan bahkan bertambah. Mulai 1 April 2021, kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) berlaku. Khususnya bagi kendaraan dengan kapasitas enjin 1.501 cc sampai 2.500 cc. Kini Kementerian Perindustrian menerbitkan 29 mobil penerima kebijakan itu.

“Melalui perluasan itu. Sekarang ada 29 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM dari awalnya hanya 21 tipe,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resmi pada OTO.com (2/4). Adapun varian kendaraan tertera, diproduksi enam perusahaan industri otomotif di Tanah Air. Mulai dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Suzuki Motor Indonesia dan PT SGMW Motor Indonesia.

Tipe-tipe kendaraan bermotor yang mendapatkan fasilitas itu, tertera dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839 Tahun 2021. Yakni tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah ditanggung oleh pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. “Kepmenperin ini bertujuan untuk menetapkan kendaraan bermotor yang dapat menerima fasilitas PPnBM, yang ditanggung pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31 tahun 2021,” lanjut Agus.

Adapun model KBM-R4 yang bisa mendapatkan insentif PPnBM DTP, sambung Menperin. Harus memenuhi kandungan part buatan dalam negeri. Dalam Kepmenperin itu, disebutkan terdapat 115 jenis komponen masuk dalam perhitungan kandungan lokal. Jadi, perusahaan industri yang memproduksi kendaraan bermotor dan produk pemeroleh relaksasi PPnBM. Wajib menyampaikan kepada Kemenperin rencana pembelian (local purchase). Serta menyampaikan surat pernyataan pemanfaatan hasil local purchase dalam kegiatan produksi. Simak selengkapnya di sini. (Alx/Raju)