Top 3 berita Mobil Minggu Ini: Jeep Compass, Produksi Xenia Lama, dan IIMS 2022

Top 3 berita Mobil Minggu Ini: Jeep Compass, Produksi Xenia Lama, dan IIMS 2022

Penghujung tahun digunakan DAS Indonesia Motor sebagai importir resmi Jeep di Tanah Air secara resmi memperkenalkan New Jeep Compass. Ia membawa sejumlah ubahan dan penyegaran, baik dari sisi tampilan maupun teknologi dan fitur. Namun dijanjikan jika SUV kompak di entry level premium ini semakin menarik karena harganya yang terjangkau. Seolah menepis anggapakan jika Jeep adalah SUV tangguh dengan banderol harga mahal.

Daihatsu sudah memperkenalkan All New Xania. Ubahannya total. Pakai platform DNGA baru yang mengubah konstruksi dari unibody atau semi-ladder, jadi monokok seperti sedan dan LMPV lainnya. Posisi mesin pun berubah melintang, beralih dari gerak roda belakang (RWD) ke penggerak roda depan (FWD). Pasti ada saja yang kecewa akan perubahan ini. Biasanya yang termakan isu mobil FWD lemah di tanjakan. Ternyata Xenia RWD lama masih diproduksi dan dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih memproduksi dan menjualnya. Tapi hanya satu tipe saja.

Sementara itu Dyandra Promosindo sudah mengumumkan jadwal pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) edisi 2022. Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan trend pandemi yang semakin membaik secara nasional, antusias dan daya beli masyarakat turut membaik, dan berdampak positif kepada pemulihan ekonomi khususnya sektor industri otomotif. IIMS 2022 akan dilangsungkan pada 17 – 27 Februari 2022 di Jakarta International Expo.

New Jeep Compass

New Jeep Compass

Menyebut nama Jeep yang terbayang adalah SUV tangguh dengan banderol harga mahal. Rasanya itu kini tak lagi sepenuhnya benar. DAS Indonesia Motor sebagai importir resmi Jeep di Tanah Air secara resmi memperkenalkan New Jeep Compass. Ia membawa sejumlah ubahan dan penyegaran, baik dari sisi tampilan maupun teknologi dan fitur. Namun dijanjikan jika SUV kompak di entry level premium ini semakin menarik karena harganya yang terjangkau.

Dhani Yahya, COO DAS Indonesia Motor mengatakan New Jeep Compas merupakan SUV yang dirancang untuk kebutuhan dan gaya hidup mobilitas masyarakat di “concrete jungle”, alias perkotaan. Pembaruan dan peningkatan yang dibawa oleh Jeep pada model ini ditekankan pada sisi desain, teknologi, dan fungsionalitas. Seluruh yang ditawarkan oleh Jeep Compass ditujukan kepada konsumen dengan karakter “Adventurous Dreamers”.

Edisi facelift ini hadir lewat varian Jeep Compass Limited. Dapur pacu yang disajikan adalah varian MultiAir 1.4 liter turbo, dengan kombinasi tenaga 163 hp dan torsi 250 Nm. Mesin dilengkapi dengan teknologi Engine Stop/Start (ESS), serta dihubungkan ke transmisi 7-percepatan DDCT (Dual Dry Clutch Transmission). Karena menjadi SUV yang diprioritaskan untuk kebutuhan di dalam kota, sistem penggeraknya menganut front wheel drive (FWD).

Menariknya, oleh PT DAS Indonesia Motor, New Jeep Compass Limited dipasarkan dengan harga Rp 780 juta (OTR Jakarta). Bagi yang ingin melihat langsung mobil ini, bisa langsung kunjungi pameran Jeep Indonesia di Senayan City, Jakarta, selama tanggal 1 – 5 Desember 2021.

Bagaimana dengan fiturnya? Baca tulisan lengapnya sini.

Daihatsu Xenia 1.5

Daihatsu Lama Masih Diproduksi

Daihatsu sudah melakukan transformasi All New Daihatsu Xenia. Ubahannya total. Pakai platform DNGA baru yang mengubah konstruksi dari unibody atau semi-ladder, jadi monokok seperti sedan dan LMPV lainnya. Posisi mesin pun berubah melintang, beralih dari gerak roda belakang (RWD) ke penggerak roda depan (FWD). Pasti ada saja yang kecewa akan perubahan ini. Biasanya yang termakan isu mobil FWD lemah di tanjakan. Pun dengan transmisi baru menggunakan D-CVT.

Ternyata Xenia RWD lama masih diproduksi dan dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih memproduksi dan menjualnya. Diyakinkan sendiri oleh Amelia Tjandra, Marketing Director ADM. "Xenia lama tidak setop produksi. Kita akan tetap jualan Xenia lama tipe X penggerak roda belakang akan tetap dijual sampai tidak ada lagi demand-nya," katanya di sela acara media drive All New Xenia (1/12).

Tapi tidak semua varian Xenia lama, melainkan tipe 1.3 X M/T saja. Yaitu trim paling bawah yang cocok dijadikan armada fleet dan masih pantas juga digunakan sebagai kendaraan pribadi. "Mayoritas pembeli akan banyak berasal dari fleet, tapi kalau ada customer retail yang membutuhkan boleh juga," Kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation.

Soal harga mengikuti Grand New Xenia 1.3 X M/T lama. Sayang sudah tidak tercantum lagi di laman resmi Daihatsu. Tapi menurut data Agustus 2021, banderol tipe ini sebesar Rp184,5 juta. Dengan catatan sesuai relaksasi PPnBM 100 persen.

Nah, baca lengkapnya di sini soal spek dan kelengkapan Grand New Xenia 1.3 X M/T. Baca selengkapnya di sini.

IIMS 2022

Jadwal IIMS 2022

Dyandra Promosindo mengumumkan jadwal pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Tepatnya siap dilaksanakan pada 17 hingga 27 Februari 2022. Informasi itu disampaikan langsung oleh Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo dalam acara peluncuran IIMS 2022 yang digelar bersamaan dengan Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show 2021.

“Melihat trend pandemi yang semakin membaik secara nasional, antusias dan daya beli masyarakat turut membaik, dan berdampak positif kepada pemulihan ekonomi khususnya sektor industri otomotif. Bersama ini kami menyampaikan bahwa Dyandra Promosindo kembali menggelar Indonesia International Motor Show 2022 pada 17 – 27 Februari 2022 di Jakarta International Expo,” ucap Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra di Mall Senayan Park (SPARK), Jakarta (28/11).

IIMS selalu hadir dengan berbagai tema dan konten acara yang semakin berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan Kohen, sapaan karib Hendra Noor Saleh berharap bahwa IIMS tahun depan bisa kembali dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. “Mudah-mudahan IIMS tahun depan bisa berjalan dengan lancar dan saya juga berharap bisa kembali dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Presiden Jokowi,” papar Kohen.

ia juga menjelaskan sudah ada beberapa program baru yang disiapkan seperti Infinite Live, Formula E Student Championship, Paviliun Motosport Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan turut mendukung gelaran Road To MotoGP Indonesia dan Road To Formula E-Prix Jakarta. Tak ketinggalan soal harga tiket dan IIMS di berbagai daerah. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

 

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil