Suzuki XL6 Meluncur, MPV Berbasis Ertiga Pakai Mesin Mild Hybrid

Gambar
Review Pengguna

MPV enam penumpang, Suzuki XL6, resmi meluncur. Inilah sebuah mobil keluarga yang mengambil basis Ertiga. Namun posisinya lebih premium, sebagai subtitusi varian diesel yang diskontinu. Ia disajikan dalam dua tipe: Zeta dan Alpha. Mesin pakai mild hybrid dan dikawinkan dengan opsi transmisi manual serta otomatis.

Jantung pacu yang dipakai tetap sama. Mengusung mesin bensin 1,5 liter empat silinder (K15B). Unit pacu sudah sesuai aturan emisi gas buang BSVI. Dan ia mendapatkan sistem hybrid ringan. Namanya Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem memadukan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai/aki.

Teknologi mild hybrid bikinan Suzuki, fokus pada pengumpulan energi yang terbuang dari hasil deselerasi (brake regeneration). Kemudian dimanfaatkan dalam peningkatan efisiensi bahan bakar. Mesin bensin itu tetap menawarkan tenaga 105 PS dan torsi 138 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Nah, efisiensi bahan bakarnya diklaim mencapai 19,01 km/liter dengan transmisi manual. Lalu 17,99 km/liter pada jenis otomatis.

Di pasar India, ia mendapat berbagai pilihan warna eksterior: Metallic Premium Silver, Metallic Magma Grey, Prime Auburn Red, Pearl Brave Khaki, Pearl Artic White dan Nexa Blue. 

Tampilan

Walau XL6 didasarkan pada Ertiga, tapi eksteriornya sedikit lebih garang, bak kendaraan off-road. Tambahan aksesori itu untuk memisahkan keduanya. Termasuk grille depan trapesium baru, lampu depan LED quad anyar, pahatan kap mesin, skid plat dan lampu kabut LED. Lalu berlanjut pada rumah spion yang gelap, ada roof rail, fender dilapis plastik hitam, lampu belakang LED dan pelek baru.

Pada interior, terlihat dalam skema warna hitam dan aksen premium di beberapa panel. Lingkar kemudinya pakai kulit hitam, sistem infotainment SmartPlay 7 inci dengan konektivitas smartphone dan jok kapten di barisan tengah.

XL6 dibuat berdasar platform Heartect. Ia mendapatkan fitur keselamatan yang mencakup airbag depan ganda, hill hold assist, reverse parking sensors, high speed alert, ABS, EBD dan ESP. Semua ini ditawarkan sebagai standar pabrik. Fitur utama yang tidak ada pada Ertiga berupa: SmartPlay Studio, Cruise Control dan lampu LED Quad Signature.

Hanya dua varian ditawarkan: Zeta MT/AT dan Alpha MT/AT. Harganya antara Rs 9,80 Lakh (Rp 195 jutaan) sampai Rs 11,46 Lakh (Rp 228 jutaan). Semua fitur penting terlihat pada semua varian. Sementara peranti yang hilang pada tipe Zeta, minus setir kulit, jok kulit, sun visor, lampu depan otomatis dengan follow me home dan kamera parkir mundur. Suzuki sudah mulai membuka pemesanan. Bisa juga dilakukan melalui situs Nexa Experience. Pengiriman bakal dimulai usai peluncuran. (Alx/Odi)

Sumber: Cardekho

Baca Juga: Suzuki Ertiga Diesel Disuntik Mati Akibat Aturan Emisi yang Makin Ketat

Jelajahi Suzuki XL7

Suzuki XL7 Rp 232 - Rp 269 Juta Cicilan : Rp 5,29 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store