jakarta-selatan

Pilih Mana, Toyota Rush atau Toyota Fortuner Bekas?

  • 06 Feb, 2018
  • 17639 Kali Dilihat


Ada pilihan mobil bekas menarik jika Anda memiliki dana setara Toyota All New Rush. Dengan anggaran sebesar Rp 261,3 juta, Anda bisa mendapatkan Fortuner. Sama-sama SUV berlambang “three ellipses”, tapi beda kasta. Fortuner jelas lebih tinggi. Harga barunya saja sekarang hampir dua kali lipat lebih mahal dari Rush. Keduanya memiliki persamaan, berasal dari pengembangan satu platform. Rush memakai sasis unibody milik Avanza, sementara Fortuner berasal dari Kijang Innova.



Memilih antara mobil bekas atau baru, tentu banyak plus dan minusnya. Beli baru jelas masih gress dan bebas dari rasa khawatir. Mobil bergaransi dan Anda tinggal mengikuti servis rutin sesuai jadwal. Rush generasi kedua yang menjadi opsi, sebenarnya sebuah pilihan yang sangat bijak. Model baru ini mengalami banyak pembaruan dari segi desain dan fitur. Sayangnya masih memakai platform sama dengan generasi pertama, yang notabene milik Avanza pertama. Sehingga ada keraguan soal rasa berkendara yang masih sama seperti sebelumnya.


Pada kenyataannya tidak seperti itu. Kami sudah mencobanya saat diundang dalam media test drive beberapa waktu lalu. Bantingan suspensi Rush baru lebih empuk dan teredam dengan baik. Tidak lagi kaku dan kasar seperti Rush lama. Kabinnya juga semakin hening dari kebisingan luar. Mesin baru NR-Series memang memiliki daya lebih kecil. Berdampak pada karakter tenaga yang merata dan halus. Transmisinya masih sama, manual dan matik konvensional 4-speed. Sudah ketinggalan zaman memang, namun terbukti kuat daya tahannya.


Perubahan paling signifikan terjadi di Rush ada pada desain dan fitur. Desain eksteriornya dirancang sesuai selera kebanyakan konsumen Indonesia. Banyak yang bilang kesan SUV-nya hilang dan jadi berkesan MPV. Tapi ground clearance tinggi tetap dipertahankan dan sangat jangkung setinggi 220 mm. Value for money Rush meningkat drastis karena Toyota tidak menaikkan harga. Fitur keselamatan paling komplet di kelasnya. Sebut saja 6 airbag, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) di semua tipe.


Toyota Fortuner terkenal sebagai SUV yang sangat tangguh, terutama generasi yang pertama. Sasis ladder frame berbagi dengan Kijang Innova. Tapi suspensi ditinggikan dan pakai ban besar. Bila ingin punya Fortuner tapi dana sebatas Rush, pilihannya didapat Fortuner tahun edar 2012-2014. Tahun paling muda tentu lebih baik. Jangan lupa teliti sebelum membeli dan jangan terburu-buru memilih sampai dapatkan unit terbaik. Sisihkan dana lebih untuk biaya penyegaran kecil-kecilan, seperti ganti oli, aki dan ban.


Fortuner 2013/2014 sudah model facelift terakhir. Sedangkan 2012 masih ada yang muka lama versi facelift kedua. Ada pilihan mesin bensin 2,7-liter dan diesel 2,5-liter, serta penggerak empat roda (4x4). Kami sarankan pilih mesin diesel dan transmisi matik saja. Karena menggunakan mesin diesel legendaris 2KD-FTV yang sudah terbukti ketangguhannya dan mudah ditingkatkan performanya. Rasa berkendara Fortuner mencirikan mobil off-roader. Lebih nyaman dari Rush, tapi juga lebih limbung pastinya.


Paling menarik dari Rush sudah pasti fitur yang berlimpah, membuat Fortuner lama tidak ada apa-apanya. Fitur Fortuner standar saja sesuai kebutuhan mobil masa kini. Seperti dual airbag, ABS dan EBD. Selebihnya tidak ada yang istimewa, bahkan cenderung minim. Namun naik Fortuner terasa lebih berkelas dan bergengsi. (Odi/Van)


Baca Juga: Wuling Resmi Buka Pemesanan Cortez, Ada Penawaran Khusus

Komparasi Rush vs Rush

Toyota Rush
Rp244,25 - Rp265,65 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Toyota Rush
Rp244,25 - Rp265,65 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Rush vs Rush
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi