Mitsubishi Xpander Lawas Ingin Pakai Audio Merek Rockford Fosgate, Cek Harganya

Mitsubishi Xpander Lawas Ingin Pakai Audio Merek Rockford Fosgate, Cek Harganya

Peranti audio mobil tengah gencar, menjadi strategi dagang baru. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menampilkan edisi Rockford Fosgate di lini produk. Salah satunya Xpander dan Xpander Cross. Namun jika pengguna model reguler lawas ingin memasang perangkat speaker dengan merek itu. Sebetulnya di pasar aftermarket banyak tersedia. Besaran harga amat bervariasi. Bergantung pada paketan dan tipe speaker.

Rockford Fosgate merupakan merek asal Amerika Serikat. Sekarang ia menjadi bagian dari OEM audio Mitsubishi Indonesia. Sekadar membandingkan saja. Untuk jenis speaker coaxial Rockford Fosgate R165X3 dijual Rp 700 ribuan. Kemampuannya sangat standar. Punya impedansi 4 ohm, frekuensi response 52 Hz sampai 20 KHz dengan power 45 watt.

Subwoofer

Sementara untuk jenis speaker split Prime R 165-S dengan tipe penyaluran 2-way sederhana. Banderol di kisaran Rp 1 jutaan. Isinya sepasang midrange 6,5 inci dan tweeter 0,5 inci dengan frequency response 60 Hz sampai 20 KHz. Besaran harga ini belum termasuk kabel, instalasi dan perangkat lain. Jika dirasa masih sangat kurang, masih banyak paketan lain.

Baca juga: Simak Detail Perbedaan Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Contoh, tatkala ingin memasang paket Sound Quality (SQ) Rockford Fosgate. Di toko aksesori mobil dijual sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 jutaan. Atau di marketplace banyak dijumpai produk semacam ini. Untuk detail sebaran frekuensi lebih baik. Isinya sepasang speaker split P165se, satu power amplifier empat channel R2 500x4 dan subwoofer tunggal P1S4 12 inch. Jenis audio ini lebih cocok dalam mendendangkan musik bergenre pop, jazz, country, RnB, hip hop, trance dan techno.

Atau jika ingin makin mantap lagi. Tersedia Digital Sound Processor (DSP) dengan seri Rockford Fosgate DSR1 8 channel. Untuk diketahui, prosesor audio merupakan salah satu komponen utama dalam car sound system. Perangkat berfungsi sebagai pengatur frekuensi. Sehingga sebaran bisa ditata lebih baik agar menghasilkan suara seimbang pada speaker, tweeter dan subwoofer. Siapkan dana Rp 5 jutaan membeli barang ini. Kalau konsumen mau upgrade, DSR1 bisa mendukung bermacam tipe penyaluran. Bisa sistem 2 way, 3 way atau bahkan multi. Agar hasil optimal, bisa ditambah peredam minimal pada pintu mobil.

Xpander Rockford Fosgate

Itulah beberapa paket audio jika Anda ingin memodifikasi speaker Xpander lawas. Tanpa mengubah head unit pabrikan. Besaran ongkos instalasi pun bermacam-macam, bergantung pada sistem audio dianut. Perlu pastikan peranti dipasang di instalatur profesional untuk hasil rapi dan baik. Dan masih ada catatan, kalau membeli seri Xpander Rockford Fosgate dari pabrikan (MMKSI) memang lebih terjamin dan ada garansi. Kecil kemungkinan terjadi hubungan arus pendek pada pemasangan kabel kelistrikan.

Untuk diketahui, misal Anda tertarik dengan Xpander Rockford Fosgate Black Edition terbaru. Siapkan dana sebesar Rp 283,8 juta demi membayar tipe otomatis. Lalu Rp 273,9 juta jika mengambil transmisi manual. Harga ini on the road Jakarta, belum termasuk insentif PPnBM 50 persen dari pemerintah sampai Agustus 2021 (kisaran Rp 8 juta). Sementara varian Ultimate AT Rp 278,9 juta. Ada selisih Rp 4,9 jutaan sebelum dikenai potongan pajak barang mewah.

Rockford Fosgate

Edisi spesial Xpander ini memiliki head unit layar sentuh 7 inci yang terhubung dengan sistem audio premium lansiran Rockford Fosgate. Kalau varian reguler cuma speaker (midbass) dan tweeter. Edisi khusus punya enam speaker lansiran Rockford Fosgate, diimbuhi Digital Signal Processor dan Subwoofer. Jaminan pengalaman lebih dahsyat dalam mendengarkan playlist musik andalan. Dengan melihat spesifikasi audio bawaan pabrik. Sebagai mobil baru, tetap memberi nilai tambah menarik. Anda tak perlu lagi memodifikasi perangkat pemanja telinga. Seharusnya itu lebih dari cukup untuk sekadar hiburan.

Walau jenis perangkat audio Xpander series kini berbeda-beda. Tapi jantung pacu Mivec 1,5 liter tetap bertengger sama. Tenaga terlontar 105 PS pada 6.000 rpm. Unit pemompa daya memberi tarikan momen puntir sekuat 141 Nm, diraih pada 4.000 rpm. Sebagai pilihan transmisi, tersedia manual 5-speed atau matik 4-speed. Semua pakai penggerak roda depan. Fitur safety di varian menengah ke atas punya kelengkapan mirip. Ada Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD). Ditambah Active Stability Control (ASC) serta Hill Start Assist (HSA). Sedang peranti pasif, beberapa di antaranya: dua Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan pretension, berikut force limiter. (Alx/Tom)

Baca juga: Tertarik Mitsubishi Xpander atau Xpander Cross Edisi Spesial? Simak Detail Harga dan Promonya

Jelajahi Mitsubishi Xpander

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mitsubishi Xpander Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mitsubishi Xpander

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang