Mitsubishi Xpander Kian Menjamur, Tak Lagi Eksklusif Buatan Indonesia

Mitsubishi Xpander Kian Menjamur, Tak Lagi Eksklusif Buatan Indonesia
Gambar
Review Pengguna

Kepopuleran Mitsubishi Xpander semakin meningkat. Tak cuma di Indonesia, mobil keluarga itu juga sudah beredar di berbagai negara. Khususnya kawasan Asia Tenggara. Sampai beberapa negara turut produksi Xpander secara lokal atau CKD (complete knock-down). Ya, Indonesia tak lagi eksklusif sebagai satu-satunya penghasil Xpander. Ia juga bakal keluar dari mulut pabrik Mitsubishi di Vietnam dan Malaysia.

Pengumuman pabrik Mitsubishi Vietnam bakal melahirkan Xpander sudah santer sejak September tahun lalu. Sedang Mitsubishi Motors Malaysia (MMM) baru membeberkan bakal melakukan perakitan lokal untuk Mitsubishi Xpander. Tidak mendatangkan dari Indonesia. Pabrik perakitan baru di Pekan, Pahang, Malaysia bakal jadi rumah kelahiran MPV 7-seater di Negeri Jiran. Sebelumnya, pabrikan tiga berlian di sana sudah produksi lokal ASX (Outlander Sport) dan Outlander. Tepatnya di pabrik Tan Chong Motors Assembly, Segambut.

Menurut CEO MMM, Tomoyuki Shinnishi, Xpander dirakit lokal agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. "Harganya bakal kompetitif untuk konsumen keluarga dan pencari petualangan yang mendamba mobil tujuh kursi dengan kenyamanan dan kepraktisan untuk menemani perjalanan mereka," tuturnya dalam siaran pers resmi yang dirilis MMM (8/9).

Mitsubishi Xpander coming soon

Kendati sudah diumumkan soal perakitan lokal, Xpander sendiri belum dipasarkan di Malaysia. Small MPV yang sedang laris-larisnya itu tengah dalam persiapan mendebut. Dipaparkan Paultan, varian facelift atau penyegaran minor yang bakal dijual di Malaysia. Sedang di Indonesia, versi itu sudah mengaspal sejak Februari lalu.

MMM tengah gencar mempromosikan Xpander, sebelum debut resminya. Dengan memamerkan melalui roadshow di berbagai pusat perbelanjaan. Namun sebagian besar tertutup kain hitam. Jadi seperti teaser untuk konsumen di sana. Dengan itu juga, masih belum jelas informasi soal spesifikasi atau kelengkapan fitur. Dari video teaser resmi yang dirilis, terlihat interior berbalut kulit hitam dan infotainment yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Baca juga: Aplikasi My Mitsubishi Motors ID, Ini 7 Fitur Unggulannya

Mengacu pada Xpander facelift yang lebih dulu muncul di sini, ada grille Dynamic Shield dengan bentuk baru, pendar lampu depan LED, desain anyar pelek 16 inci dan antena model sirip ikan hiu (shark fin). Ditambah layar sentuh 7 inci sebagai pusat hiburan anyar dan sensor parkir mundur. Soal fitur cruise control juga tanda tanya. Bisa jadi absen pada Xpander rakitan Malaysia.

Walau belum meluncur, warga Malaysia sudah bisa mulai mencari informasi resmi soal Xpander. Pemesanan pun bakal segera dibuka bagi yang sudah tertarik dengan dengan kembaran Nissan Livina itu.

xpander siap ekspor

Produksi Mitsubishi Xpander

Indonesia awalnya eksklusif kalau berbicara Xpander. Mulai dari pameran konsep (XM Concept), peluncuran global sampai produksi dilakukan di Indonesia. Seolah sang MPV 7-seater memang dicipta untuk pasar Indonesia. Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi pun berdedikasi untuk Xpander. Baik untuk domestik dan pasar ekspor. Jalur produksi terus ditambah, dari kapasitas awal 160 ribu unit menjadi 200 ribu unit per tahun.

Mitsubishi terus kebanjiran pesanan Xpander. Sampai kewalahan dan harus menambah produksi di luar Indonesia. Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) kemudian ditunjuk untuk ikut bikin Xpander secara CKD pada September 2019, dengan produksi dimulai pada 2020. Setahun setelah Vietnam, Mitsubishi Motors Malaysia (MMM) juga kebagian untuk produksi lokal Xpander. Sebelumnya, Xpander setir kiri Vietnam juga dikirim dari Indonesia.

Selain Vietnam, Indonesia jua mengirim Xpander ke banyak negara. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Xpander dikapalkan menuju Mesir, Thailand, Filipina, Boliva, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Senegal, Aruba, Nepal, Panama, Dominika dan Guatemala. (Tom)

Sumber: Mitsubishi Motors Malaysia, Paultan

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Dijual di Filipina, Harga Lebih Murah dari Indonesia

Jelajahi Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander Rp 217,8 - Rp 275,1 Juta Cicilan : Rp 4,97 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store