Tak Hanya Akomodatif untuk Keluarga, Ini 5 Alasan Mitsubishi Xpander Pantas Diajak Berkelana Lebih Jauh

Tak Hanya Akomodatif untuk Keluarga, Ini 5 Alasan Mitsubishi Xpander Pantas Diajak Berkelana Lebih Jauh
Gambar
Review Pengguna

Ibarat pisau Swiss Army, kita tidak pernah tahu bakal memakai semua fungsi yang ada. Saat dibutuhkan, ragam kemampuan sudah tersedia dan langsung bermanfaat. Filosofi sama terpancar saat memandangi Mitsubishi Xpander. Sebuah mobil all-rounder dan multitalenta. Genre Multi Purpose Vehicle (MPV) total terpenuhi, menyasar pula kapabilitas Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan sanggup melampaui batas untuk menjelma jadi mobil balap reli. Oleh karena itu, jangan pernah meragukannya. Ia bukan sekadar mobil keluarga perkotaan untuk mobilitas sehari-hari. Melainkan sanggup diajak bertualang karena punya kelima faktor ini.

Darah SUV

Mitsubishi XM Concept

Xpander dirancang dalam komposisi ideal antara MPV dan SUV. Prototipe XM Concept yang debut di GIIAS 2016 jelas menampilkan itu. Aksara 'X' menandakan Crossover dan 'M' berarti MPV. Guratan padu padan itu pun terlihat spektakuler kala selubungnya dibuka. Mengenalkan filosofi Dynamic Shield. Bahasa desain terbaru mengandung metafor dibaliknya, sebagai gambaran perlindungan. Seolah perisai untuk menjaga seluruh penumpang maupun orang di sekitar. Hebatnya, versi produksi tidak meninggalkan jauh sketsa konsep.

Saat Xpander pertama lahir, belum ada sajian MPV semacam ini dari pabrikan lain. Darah SUV mengalir deras, mengandung DNA Mitsubishi yang ahli membuat mobil tangguh. Bukan semata meninggikan sosok MPV lalu menjadikan sebuah crossover. Mereka meracik dari nol, agar tercipta kendaraan berdaya jelajah tinggi sembari tetap akomodatif layaknya MPV. Itupun menyisakan celah untuk dieksplorasi makin dalam. Jadilah Xpander Cross, entitas berbeda mengentalkan jiwa SUV tulen.

Baca Juga: Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition Dijual Kembali, Harga Rp 572 Juta

Ground Clearance Tinggi

Mitsubishi Xpander front

Suspensi jenjang hal mutlak untuk SUV. Walau tabiat dasar Xpander adalah MPV, tapi punya ground clearance setinggi 205 mm. Paling jangkung diantara LMPV lain, bahkan melebihi beberapa LSUV sekalipun. Ragam permukaan jalan dijamin tidak akan melukai kolong mobil, asal masih dalam taraf wajar.

Ketinggian segitu paling pas untuk kontur jalanan Indonesia. Kondisinya amat beragam, mulai dari aspal mulus, banjir sampai rusak parah. Semua mampu dilibas tanpa mengorbankan kestabilan maupun kenyamanan.

Sewajarnya mobil tinggi, titik gravitasi akan menciptakan body roll besar. Namun tidak bagi Xpander. Racikan suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam yang umum dipakai mobil lain terasa begitu enak. Konstruksi bodi model monokok dan mengandalkan penggerak roda depan. Harus diakui, bantingan Xpander paling nyaman di kelasnya. Jargon adaptasi sistem suspensi Mitsubishi Lancer Evolution ada benarnya. Shock absorber tipe dual-action mampu meredam lebih mantap. Berimplikasi juga menahan limbung saat kecepatan tinggi. Perjalanan panjang bakal menyenangkan dan penumpang tidak banyak protes. Melibas jalur semi off-road tidak sampai menyiksa.

Eksplorasi Mekanikal Pacu

Mitsubishi Xpander Engine

Sesuai segmennya, Xpander menggunakan mesin 4-silinder 1,5-liter. Tepatnya unit 4A91 DOHC dengan teknologi katup variabel MIVEC. Besaran daya setara lawan sekelas, sebesar 104 PS dan torsi puncak 141 Nm. Tidak kencang, tapi sangat cukup untuk berbagai kondisi jalan Indonesia, apalagi cuma pemakaian dalam kota. Lagipula, mesin itu masih menyimpan potensi besar ditingkatkan lagi performanya.

Kekhawatiran penggerak roda kurang kuat menanjak tak ditemui. Rentang optimal tenaga mesin Xpander berada di putaran menengah. Jika pintar menjaganya, niscaya medan apapun bisa dilewati. Terbukti banyak Xpander yang diajak menjelajah hingga pelosok. Tertolong juga transmisi otomatis 4-speed yang halus dan pintar menjaga powerband. Walau berteknologi sederhana, kekuatannya sudah terbukti dalam penggunaan jangka panjang.

Namun esensi mobil daya jelajah tinggi bukan soal kecepatan. Percuma tenaga besar tapi boros bahan bakar. Efisiensi masuk dalam salah satu keunggulan Xpander. Dari hasil pengujian kami, konsumsi BBM dalam kota tercatat 10 kpl dan luar kota bisa tembus 18 kpl. Dengan kapasitas tangki 45 liter, seharusnya tidak perlu sering mampir ke SPBU saat touring jarak jauh.

Baca Juga: Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Mitsubishi Siapkan Promo Khusus Agustus

Kepraktisan Kabin

Xpander cabin layout

Kenyamanan saat berkelana juga ditunjang akomodasi kabin. Ruang kaki dan kepala berlimpah, semua penumpang bisa duduk dengan tenang. Penempatan barang juga tak perlu rumit. Banyak ruang penyimpanan selain terhampar luas area kargo. Bila perlu membawa sepeda lipat, cukup melipat kursi baris ketiga rata lantai. Tiga unit sepeda lipat dengan mudahnya tersimpan. Menggotong road bike dan mountain bike juga bisa tanpa harus melipat kursi baris kedua. Syaratnya, kedua roda sepeda harus dilepas terlebih dahulu.

Butuh ruang lebih lapang lagi, kursi baris kedua gampang terlipat sehingga memperluas bagasi hingga 1.630 liter. Bisa juga dimanfaatkan menaruh kasur sebagai tempat beristirahat. Semua prosesi melipat tidak merepotkan sama sekali. Itulah keuntungan MPV.

Banyak Fitur Bermanfaat

Mitsubishi Xpander Steering Wheel

Xpander dilengkapi berlimpah fitur tepat guna. Di varian tertinggi Ultimate, punya cruise control yang menambah kenyamanan mengemudi. Melintasi panjangnya Tol Trans Jawa tidak akan membuat kaki kanan pegal. Cukup aktifkan melalui tombol setir bagian kanan, kecepatan otomatis melaju konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Selain itu, turut menghemat pemakaian bahan bakar.

Lalu disediakan power outlet 12V di tiap baris kursi. Kebutuhan mengisi baterai gawai sepanjang perjalanan tak perlu berebut lagi.

Paling penting tentu peranti keselamatan. Jumlah airbag atau kantung udara pun tak melulu jadi patokan, tapi juga fitur-fitur lain.Semua penumpang Xpander dilindungi RISE Body (Reinforced Impact Evolution), Dual SRS Airbag, Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC) dan Hill Start Assist (HSA).

Peran ASC amat krusial dalam menjaga laju mobil tetap terkendali. Rem dan ABS turut mengintervensi agar ban terhindar dari selip yang berakibat melintir. Tipikal kecelakaan sering terjadi saat kecepatan tinggi. HSA berguna di jalan menanjak. Begitu beranjak jalan, posisi mobil tidak merosot karena ditahan sementara oleh rem. Salah satu kelebihan mobil modern dalam menciptakan perjalanan penuh ketenangan dan bebas kekhawatiran. (Odi)

Baca Juga: Poin yang Bikin Mitsubishi Xpander Gancang Jadi Moda Eskapisme Bareng Keluarga

Jelajahi Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander Rp 217,8 - Rp 275,1 Juta Cicilan : Rp 4,97 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store