jakarta-selatan
kali dibagikan

Mengintip Perubahan Honda City Anyar di Thailand dari Generasi Sebelumnya

  • 28 Nov, 2019
  • 2475 Kali Dilihat

Generasi penerus Honda City akhirnya dilahirkan. Tampil perdana di Thailand membawa perubahan mulai dari eksterior, interior, hingga mesin anyar. Sekilas tidak kentara, namun ternyata identitas sporty luntur diganti gaya dewasa nan elegan. Sejauh mana ia berevolusi? Kami coba bandingkan dengan City yang saat ini masih resmi dijual.



Dimensi


Secara ukuran, City generasi kelima seolah mendapat gizi lebih baik. Dicatatkan dimensi 4.553 mm x 1.748 mm x 1.485 mm. Ini artinya sang penerus lebih panjang 11,1 cm dengan perut melebar 5,4 cm. Postur sedikit lebih tinggi, hanya 0,8 cm, berusaha membentuk proporsi sedan seutuhnya beratap rendah. Jarak antar sumbu ternyata tidak sepanjang City lama, angka 2.589 mm turun dari 2.600 mm. Kemungkinan tidak ada pengaruh signifikan pada luas ruang kabin.


Eksterior


Bahasa desain Honda teranyar tampil menawan di wajah sedan subkompak ini. Bisa dibayangkan seperti adik kecil dari Civic dan Accord. Ornamen grille tebal dan tertutup, mengisi sudut teratas dengan penekanan kian jelas di bagian alis mata. Kesederhanaan diguratkan pada bumper tanpa perlu banyak meliuk.


Profil membulat masih dipertahankan sebagai ciri Honda City dari model lama. Seperti melalui masa pubertas, ia tumbuh menjadi sedan bermoncong panjang dan tegap. Eksekusi detail mengurangi pahatan berlekuk di seluruh tubuh. Garis bahu didefinisikan jelas memanjang dari lampu ke lampu. Caranya menunjukkan otot di fender pun kalem dan mengalir.



Urusan bokong berubah signifikan. Metamorfosa membuat buritan minim sudut tajam. Permainan lampu LED mendongkrak tampilan modern. Melirik bagian bumper, Honda membentuk lubang di sisi terluar demi sedikit mempertahankan kesan sporty.


Walau rupa lebih mewah, Honda tetap berusaha hadirkan nuansa sporty. Langkah mereka di Thailand menambah tingkatan trim RS seperti Jazz. Ini kali pertama dilakukan untuk City. Rangkaian bumper khusus untuk RS dengan permainan lampu LED lengkap dari headlamp hingga foglamp. Bokong juga ditempelkan ekor itik serta diffuser ala-ala.



Interior


Rupa dasbor asimetris diubah untuk layout konvensional. Dominasi permukaan datar dan terbuka untuk penumpang lain. Kokpit dan konsol tengah, tidak lagi condong ke arah pengemudi. Sarana hiburan mengandalkan unit touchscreen 8 inci dibantu koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Kurang lebih sama dengan jenis yang kita dapat saat ini. Layar AC digital terletak persis di bawahnya. Di Negeri Gajah Putih, pengaturan tidak lagi smart touch melainkan kenop putar.


Layar instrumen tetap mengandalkan komposisi analog. Mungkin tidak ada perubahan jadi monitor seperti Jazz, mengingat City khusus dipasarkan dalam regional Asia dan Oseania. Peranti lain tetap disematkan seperti ECON mode, audio steering switch, cruise control, paddle shift dan MID.


Interior model RS dibalut material suede, fabric, dan kulit sintetis dengan jahitan merah. Tuas transmisi otomatis di konsol tengah pun mewah. Bingkai hitam mengilap memenuhi sudut konsol. Terlihat menggugah, semoga saja kita juga mendapatkan kombinasi seperti ini.



Satu tambahan fitur menarik pada RS adalah Honda Connect termutakhir. Interaksi dengan mobil mudah dilakukan melalui gawai pemilik. Bermacam kontrol bisa dilakukan seperti menyalakan atau mematikan mesin, kunci pintu, bahkan menyalakan lampu. Fitur lain digunakan sebagai informasi kendaraan, kesehatan mobil, hingga pengingat servis. Keamanan dapat diatur dan dilacak dengan geofencing dan GPS, memberi tahu pemilik jika mobilnya melewati batas lokasi yang ditentukan.


Mesin


Jantung pacu khusus pasar Thailand, mesin baru 1.000 cc tiga silinder. Jangan salah, tenaga diklaim setara 1.500 cc dengan torsi puncak khas 1.800 cc. Berkat dorongan turbo. Di atas kertas, mesin ini torehkan figur tenaga 122 PS serta momen puntir 172 Nm.


Kesetaraan potensi mesin turbo bukan omong kosong belaka. Honda City di Tanah Air memanfaatkan unit empat silinder 1.500 cc. Bila dibandingkan, mesin ini hanya sanggup mengail tenaga hingga 120 PS dengan torsi lumayan jauh di bawah mesin anyar, 145 Nm. Belum lagi efisiensi, kecenderungan irit karena kapasitas kecil didongkrak turbo.



Safety


Ada perhatian lebih soal peranti keselamatan. Kini dual front SRS airbag ditemani side airbag sebagai standar. Tambahan curtain airbag ditemui di varian teratas. Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, dan Emergency Stop Signal kini menjadi aktor utama di seluruh model di Thailand.


Itulah daftar evolusi dari generasi pendahulu. Bila nanti diboyong, bisa diekspektasikan ada satu atau dua penyesuaian agar tetap kompetitif, mungkin fitur ditambah atau dikurangi. Boleh berharap sejumlah daftar ubahan menarik bakal dicentang. Biar meningkatkan daya tarik masyarakat meminang City.  Kita lihat saja nanti. (Krm/Tom)


Baca Juga: Honda City Generasi Kelima Resmi Meluncur, Fiturnya Kian Lengkap Dibalik Guratan Dewasa

  • Tampak Depan Bawah Honda City
  • Tampak samping City
  • Tampak Depan Honda City
  • Tampak Grille City
  • Fog lamp depan City
  • Lampu depan City
  • lampu belakang City
  • Honda City Drivers Side Mirror Front Angle
Honda City
Rp 337 - Rp 355,5 Juta
Lihat Promo

Harga dan Promo Varian City

  • E CVT | Rp 356 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 44 Juta
    Angsuran Rp 8 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • E MT | Rp 337 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 47 Juta
    Angsuran Rp 8 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Honda City

Lihat video terbaru Honda City untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Honda Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi