Membandingkan Nissan March dan Suzuki Ignis

Membandingkan Nissan March  dan Suzuki Ignis
Gambar
Review Pengguna

Nissan March, salah satu city car yang menawarkan mesin 1.2 liter. Kini Suzuki Ignis datang sebagai pemain baru di kelas yang sama. Seperti apa perbandingan antara keduanya? Berikut komparasi Nissan March 1.2L vs Suzuki Ignis.

Harga

Nissan March 1.2L punya tiga varian. Yang paling atas dan termahal, March 1.2 L XS AT dengan harga Rp 201,7 juta. Di bawahnya ada March 1.2L AT di harga Rp 191,3 juta dan March 1.2L MT seharga RP 180,7 juta. Sedang varian paling tinggi Suzuki Ignis GX AGS dibanderol Rp 169,5 juta dan GX MT Rp 159,5 juta. Varian GL AGS ditawarkan Rp 149,5 juta dan Rp 139,5 juta untuk GL MT. Secara keseluruhan harga, Ignis tergolong lebih murah dari March.

Performa

March menggendong mesin 3-silinder 1.2 liter dengan daya maksimal 76 PS dan torsi puncak 104 Nm. Transmisinya manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Suzuki Ignis dibekali mesin 4-silinder 1.2 liter yang menyemburkan tenaga 83 PS dan torsi 113 Nm. Pilihan penyalur daya ada manual 5-speed dan otomatis AGS (auto gear shift). Dari angka itu, mulai dari penggunaan mesin 4-silinder sampai output yang dihasilkan, jelas Ignis lebih unggul.

Dimensi 

March 1.5

Soal ukuran keduanya berbeda, tapi tak signifikan. March punya dimensi 3.780 x 1.665 x 1.525 mm (PxLxT) dan jarak antar poros roda 2.440 mm. Ignis berdimensi 3.700 x 1.690 x 1.595 mm dan 2.435 untuk panjang antar sumbu roda. Dari situ bisa dilihat, meski tak signifikan, March punya kabin lebih lega dari Ignis. Sedang Ignis punya keunggulan dimensi lain yakni ground clearance 180 mm. March cuma menyediakan jarak 141 mm dari permukaan tanah.

Fitur

Ignis menarik

Sektor eksterior, March sudah punya lampu siang hari LED, tapi khusus untuk varian atas XS AT. Sedang varian bawahnya belum dibekali fitur itu. Ignis juga begitu, hanya varian atas GX yang punya lampu siang hari, baik untuk transmisi MT maupun AGS. Sayangnya tak cuma DRL, Suzuki juga tak membekali lampu kabut untuk Ignis varian bawah GS.

Kelengkapan lainnya, Ignis GX sudah keyless entry dengan tombol start/stop untuk menyalakan dan mematikan mesin. Sementara March 1.2L XS AT sudah keyless entry tapi belum memakai i-Key seperti varian 1.5L. Di dalam kabin, sektor hiburan March unggul dengan layar sentuh 7 inci dengan banyak fungsi dan konektivitas. Ignis harus mengakui ketinggalan di sini karena masih memakai head unit 2DIN standar. Untungnya sudah bisa terhubung dengan handphone melalui Bluetooth. Kalau mau layar sentuh, Suzuki menyediakannya sebagai opsional terpisah.

Safety

march launch 10

Fitur keselamatan March punya dua kantung udara untuk semua lini. Tapi cuma varian XS AT yang dilengkapi dengan rem ABS+EBD+BA. Suzuki Ignis juga punya dual SRS airbags dan rem ABS+EBD bagi semuanya, tanpa ada BA (brake assist).

Kesimpulan

Soal kualitas keduanya sama-sama dibangun dengan baik. Dari eksterior dan interior, baik March dan Ignis boleh diadu. Tapi secara keseluruhan, baik dari segi performa, harga dan kelengkapan fitur, Ignis lebih masuk akal. Apalagi Ignis juga termasuk produk baru yang masih segar. Sementara March sudah cukup lama beredar di jalanan Indonesia. (Tom/Van)

Baca Juga : Memahami Nissan March 1.2

Komparasi Nissan March vs Suzuki Ignis

Nissan March
  • Rp 185,8 - Rp 225,6 Juta
Suzuki Ignis
  • Rp 174 - Rp 203 Juta
March vs Ignis

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store