• Wishlist

Seberapa Menarik Mobil Bekas Nissan March 1.5L?

Seberapa Menarik Mobil Bekas Nissan March 1.5L?

Dasawarsa Nissan March hadir di Indonesia. Dan Nissan Motor Indonesia (NMI) tidak memboyong generasi teranyarnya. Salah satu poin menarik Nissan March, ada pilihan mesin 1,5 liter. Karena biasanya mobil perkotaan macam ini ditenagai dapur pacu yang lebih kecil. Umumnya 1,2 liter. Apa menariknya mobil bekas March 1.500 cc?


Harga bekas Nissan March 1.5L termasuk menarik. Namun agak sulit untuk menemukan usia yang masih belia. Penyegaran yang dilakukan NMI terjadi pada Maret 2017, sejak itu tak banyak varian 1.5L terjual. Data Gaikindo menunjukkan total wholesales 114 untuk March 1.5L (MT dan AT) sepanjang 2017. Sedang pada tahun berikutnya, hanya 2 unit saja. Daftar nama March 1.5 malah sudah tak muncul pada data 2019. Jadi paling masuk akal mencari rilisan 2016.


mobil bekas nissan march 1.5


Kisaran harga masih kena Rp 110 jutaan. Bisa kurang atau lebih sedikit. Tergantung kondisi, jarak tempuh dan pilihan transmisi. Kalau menemukan unit dengan banderol Rp 100 juta ke bawah, tergolong murah. Kendati unit 2016 belum disegarkan, March masih punya keunggulan mendasar yang bisa jadi bahan lirikan.


Baca Juga: Cari MPV Bekas, Mending Nissan Livina VL atau Honda Mobilio RS?


Keunggulan pertama tentu dari mesinnya. Jantung mekanis yang digunakan bersama dengan Nissan Grand Livina itu punya performa maupun efisiensi yang lebih dari cukup. Bayangkan, dimensi dan bobot jauh lebih kecil dari LMPV Grand Livina, namun mesinnya sama. Semestinya bisa lebih irit dan terasa tenaganya.


Mesin HR15DE, 1.498 cc menghasilkan daya 102 PS/6.000 rpm dan torsi 106 Nm/4.400 rpm untuk opsi transmisi manual. Sedang otomatis 4-speed, torsinya 104 Nm pada 4.000 rpm. Dijamin memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari di perkotaan. Dibanding Grand Livina yang memakai CVT, March lebih cekatan dengan transmisi otomatis konvensionalnya.


head unit march 2017


Fitur March tergolong kaya. Apalagi varian 1.5. Versi sebelum facelift memang masih menggunakan head unit 2DIN. Tapi sudah mendukung konektivitas port USB dan kendali pada palang kemudi. Selain itu, penyejuk kabin sudah dengan tombol, tampilan digital dan otomatis. Ya, otomatis. Berarti bisa menyesuaikan kinerjanya dengan suhu sekitar. Memang tak ada ventilasi AC untuk baris kedua. Namun mengingat dimensinya, penumpang belakang masih bisa merasakan kesejukan di dalam kabin.


Masih dari fitur unggulan, March varian tertinggi ini punya akses keyless. Baik untuk mengakses kabin, maupun menyalakan atau mematikan mesin. Cukup kantongi kunci dan tekan tombol. Praktis!


Satu fitur unik lain, multi information display (MID). Fitur yang cuma ada pada varian 1.5L itu berada di tengah speedometer. Layar MID bisa menampilkan trip meter, intelligent fuel sensor, rest reminder sampai pengingat hari ulang tahun atau anniversary. Rest reminder bakal menampilkan gambar cangkir minuman, menyarankan sopir untuk istirahat jika sudah mengemudi terlalu lama.


tampak belakang MArch 2017


Kepraktisan kabin, March punya banyak penyimpanan. Mulai dari panel pintu, konsol tengah dan cup serta bottle holder. Malah glove box disediakan dua (atas bawah), menjamin penyimpanan barang kecil lebih aman di dalam kabin. Untuk pengemudi, kepraktisan datang dari pengaturan ketinggian kemudi dan jok. Seberapa lega kabin March? Termasuk lega di kelasnya dan berlaku juga untuk penumpang baris kedua. Bagi rata-rata orang dewasa tak bakal bermasalah dengan ruang kaki dan kepala.


Dari kelengkapan eksterior termasuk side body molding, spion lipat otomatis dan lampu kabut. Sayangnya lampu kabut LED cuma tersedia untuk versi facelift. Ragam pilihan warna cerah juga jadi salah daya tarik March. Ditambah penampilan menawan dengan sepatu alloy berukuran 15 inci. Bisa menjangkau segala kelas usia, dari muda hingga tua, cocok menggunakan March.


Teknologi safety terbilang komplet. Ada dua SRS airbags, rem ABS+EBD+BA, sensor parkir 4 titik, ISOFIX + tether dan vehicle dynamic control (VDC) untuk menyokong pengendalian dan kestabilan manuver.


Simpulan


Mobil bekas Nissan March 1.5 memang pilihan yang menarik. Dari segi mesin dan fitur yang digendongnnya. Servis dan suku cadang juga tak perlu dikhawatirkan. Meski NMI sudah tak menjual unit baru March, stok suku cadang tak lantas menghilang. Apalagi sejumlah bagian bisa menggunakan milik model lain seperti Datsun. Pertimbangan hanya datang dari eksistensinya yang tidak pasaran. Artinya tak semudah menemukan unit bermesin 1.200 cc. (Tom/Odi)


Baca Juga: Melirik Toyota Kijang Innova G 2.0 2016 sebagai Alternatif LMPV, Layak Dipinang?

Jelajahi Nissan March

Nissan March Rp 185,8 - Rp 225,6 Juta Cicilan : Rp 4,24 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store