Kesan Pertama Hyundai Staria, Lampaui Pakem MPV Mewah

Kesan Pertama Hyundai Staria, Lampaui Pakem MPV Mewah

Beberapa pekan terakhir, nama Hyundai Staria jadi perbincangan hangat publik otomotif Tanah Air. Staria menjadi model terbaru yang ditawarkan Hyundai di Indonesia. MPV ini bermain di kelas premium berbadan besar dengan banderol harga mulai Rp 888 juta sampai Rp 1,02 miliar.

OTO.com mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung penampakan luar dan dalam Staria. Ini merupakan kesempatan pertama melihat MPV yang ditawarkan dalam dua varian yakni 7 tempat duduk dan 9 tempat duduk. Untuk varian yang ditemui kali ini adalah varian 7 penumpang atau yang teratas. Seperti apa impresi bertemu Staria pertama kali? Kita simak bersama.

Hyundai Staria

Eksterior

Kesan pertama bertemu Hyundai Staria adalah dimensinya yang termasuk besar. Panjang mobil ini mencapai 5,2 meter tepatnya 5.253 mm, lebar 1.997 mm dan tinggi 1.990 mm. Ukuran tubuhnya ini bahkan lebih besar dibandingkan Big MPV Hyundai lainnya H-1 (PxLxT 5,125 x 1,920 x 1,925 mm). Jadi bodinya lebih panjang dan lebar, namun lebih rendah dibandingkan saudara tuanya itu. Berada di samping mobil ini memang terasa seperti van besar karena tingginya dan desain kaca super lebar.

Bicara soal desain eksterior, sisi depan Staria memang yang menjadi perhatian utama. Gaya futuristik tanpa kehadiran sudut tajam yang biasa ditemui pada model MPV premium, tampil menarik. Lampu DRL LED memanjang dari sisi kiri, tengah dan kanan menjadikan mobil ini ikonik tampil di jalanan.

Belum lagi bicara soal bumper depannya yang terhitung besar dengan kisi-kisi udara model 3D modern. Lampu sein dan lampu utama LED ditempelkan di bagian bumper depan ini di sisi kiri dan kanan mendominasi grill depan. Grill depan seolah menutup seluruh moncong bagian depan. Ukurannya bahkan lebih besar ketimbang Toyota Alphard yang jadi rival utamanya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Hyundai Staria Layak untuk Dipinang

Hyundai Staria

Soal desain ini memang subyektif, namun terasa sudah memecah dua kubu. Ada yang menyukai ide desain Staria ini, ada juga yang tidak suka. Desain Staria ini nampak melompat dari garis desain produk-produk Hyundai lainnya yang dikenal dengan garis desain yang tegas terutama pada produk SUV miliknya.

Sisi sampingnya nampak sederhana tanpa detail tertentu, terutama pada bagian kaca yang berukuran besar memanjang ke bagian belakang mobil. Polos tanpa garis tegas seperti yang ditemui di produk otomotif belakangan. Kesan futuristik hadir dari pelek 18 inci dengan desain rumit. Pelek dibalut ban berukuran 235/55 R18 dan rumah kaca spion yang memiliki warna yang sama dengan grille.

Pada bagian belakang, tampilannya sederhana. Bentuk kotak berukuran lebar dengan lampu LED memanjang di sisi kiri dan kanan. Desain lampu belakang ini juga cukup menarik karena meninggi, hampir tiga perempat bagian pinggir bodi. Detail pada bagian belakang ini antara lain wiper di bagian atas, high mount stop lamp yang ditempatkan pada spoiler, serta ukiran nama Staria di bagian dalam kaca.

Hyundai Staria

Interior

Masuk ke bagian interior kami diawali dari bagian belakang yakni ruang bagasi. Aksesnya mudah dengan hanya menekan tombol di pintu belakang, pintu yang terbuka vertikal dan berukuran besar dapat terangkat dengan mudah. Di atas kerta bagasi Staria berukuran 117 liter dan terbesar 882 liter. Dua kapasitas ini dapat hadir berkat pengaturan bangku yang fleksibel, baik di baris kedua maupun ketiga. Cukup menarik tuas, bangku dapat dilipat atau digeser maju dan mundur dengan jarak yang cukup lebar.

Pada baris kedua, ini menjadi daya tarik bagi calon konsumen untuk melirik Staria. Joknya sudah menggunakan kulit dengan desain nyaman dari penyangga paha hingga sandaran kepala. Kemudahan pengaturan rebah tegak jok ini bisa dilakukan dengan sekali sentuhan tombol. Tambahan lain jok baris kedua ini memiliki penghangat dan pendingin untuk kenyamanan penumpang.

Baris kedua ini memiliki pengaturan yang cukup lengkap selain maju dan mundur juga dapat diatur bergerak kiri kanan. Ini untuk mengatur akses keluar masuk di baris ketiga melalui lorong di baris kedua.

Baca juga: Perbandingan MPV Premium Hyundai Staria Lawan Toyota Alphard

Hyundai Staria

Soal kenyamanan pada sisi penumpang memiliki akses pengaturan hembusan angin AC dan outlet pengisian daya USB. Sisi eksklusifnya hadir dari panoramic roof yang membuat kesan lapang interior Staria semakin terasa. Namun sisi penumpang ini minim sentuhan infotainment. Untuk ukuran MPV premium, tidak ditemukan layar infotainment di baris kedua, ini mungkin yang akan ditambahkan pemilik Staria setelah unitnya tiba di rumah. Kenyamanan infotainment hanya hadir dari speaker premium Bose di seluruh kabin.

Masuk ke baris pertama, kenyamanan pada bagian pengemudi hadir dari jok yang menggunakan bahan kulit. Jok ini dapat diatur tinggi rendah, maju mundur dan rebah tegak. Bersama kursi penumpang, keduanya sudah mendapatkan fitur pendingin dan penghangat jok tiga level.

Dashboard Staria mengingatkan pada desain dashboard pada Palisade atau model-model Hyundai lainnya. Head unit layar sentuh model floating berukuran 8 inci jadi bintang utama di dashboard. Bagian bawahnya terdapat serangkaian tombol untuk pengaturan AC, mode berkendara, kamera 360 derajat, sensor parkir dan lain sebagainya.

Hyundai Staria

Nah yang unik lagi di sini, tidak ada tuas transmisi di Staria karena MPV ini sudah menggunakan teknologi shift by wire yang berupa tombol P, N, D, dan R. Pengoperasiannya tinggal menekan tombol tersebut dan injak pedal gas.

Bagian depan terdapat beberapa ruang penyimpanan. Di depan area pengemudi, di dashboard bagian tengah dan di kiri dashboard terdapat ruang penyimpanan. Bagian bawah pun mendapat beberapa tempat untuk menyimpan barang-barang. Detail lainnya, Hyundai memberikan Staria ambient light yang terdiri dari beberapa warna yang dapat dipilih di meter cluster. Warna ini menghiasi konsol tengah dan beberapa detail kabin lainnya.

Jika Anda mencari varian 9 penumpang, statusnya saat ini masih belum tiba di Indonesia. Namun Hyundai sudah membuka pemesanan jika ada yang berminat. Untuk yang tidak sabar menunggu, saat ini penawaran langsung untuk uni yang tersedia adalah 7 penumpang dengan harga Rp 1,020 miliar.

Oke, sampai di sini dulu. Kami masih menyimpan cerita soal sensasi mengendarai Staria. Redaksi OTO.com akan bagikan di artikel selanjutnya. Simak terus di OTO.com. (Sta/Raju)

Baca juga: Ingin Punya MPV Premium Hyundai Staria, Ini Skema Kreditnya

Jelajahi Hyundai Staria

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
Mobil Hyundai

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Staria Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai Staria

Tren MPV

  • Yang Akan Datang