Deretan Mobil MPV Terbaru Yang Akan Diperkenalkan di GIIAS 2016

Deretan Mobil MPV Terbaru Yang Akan Diperkenalkan di GIIAS 2016

Jakarta: Selain dominasi segmen Sport Utility Vehicle (SUV) teranyar yang diperkenalkan besok (11/8) dalam perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, tercatat juga deretan 'genus' Multi Purpose Vehicle (MPV) yang meluncur. Ya, kelas mobil keluarga memang mencaplok kue besar di pasar penjualan Tanah Air, sehingga banyak produsen otomotif dilengkapi dengan line-up ini di antara jajaran produk yang diniagakannya.

Menurut pengamatan kami sejauh ini, terdapat sebanyak 6 model MPV yang meramaikan Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang selama 10 hari kedepan, terdiri dari 2 LCGC berwujud MPV, 1 Upper MPV, 1 concept car yang akan melakukan world debut dan 2 model Low MPV guna memperkenalkan brand baru ke masyarakat.

Siapa sajakah yang masuk dalam daftar MPV terbaru di GIIAS tahun ini? Dan dimanakah lokasi keberadaan mereka saat pameran? Berikut kami berikan ulasannya.

Kia Sedona PT Kia Mobil Indonesia (KMI) membidik pasar Indonesia di paruh kedua tahun ini dengan memperkenalkan SUV 5-seater terbaru, All New Sportage dan juga generasi terbaru dari Upper MPV nya yakni Sedona. Memang beberapa dekade lalu, produsen asal Korea Selatan ini mempunyai varian sejenis bernama Carnival, tetapi sempat vakum, untuk memberikan kesempatan kepada sang adik, Carens, dengan harga yang lebih terjangkau.

Grand Sedona penerus Carnival

Kehadiran kembali Sedona di booth 6A hall 6 ICE, pasti membuat konsumen berpikir ulang. Alasannya karena desain yang dikenakan benar-benar berubah drastis, lebih modern dan mewah, plus interior yang lapang berkat dimensi bodi yang besar. Niatan KMI untuk memasarkan MPV bongsor ini tergolong besar. Musababnya, kelas MPV lebih berpotensi untuk diserap pasar dan sudah banyak sekali 'pemain' yang berkecimpung di sana.

Wuling Hongguang Berbeda dengan produsen lain, Wuling Motor menggunakan kesempatan GIIAS untuk memperkenalkan kehadiran brand asal negeri tirai bambu ini kepada masyarakat. Salah satu bukti keseriusannya dibuktikan dengan memamerkan Low MPV yang akan mengaspal bulan Juli 2017 nanti yakni Wuling Hongguang. Melihat dari jenisnya, Hongguang akan bertemu dengan Avanza, Xenia, Mobilio dan Ertiga yang sudah menikmati 'manis'nya kue MPV.

Wuling hadir meramaikan segmen MPV

Perlu disampaikan juga bila MPV 7-penumpang dengan dimensi panjang 4,3 meter ini akan diproduksi di plant Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, sehingga banderolnya pasti menarik. Untuk mesinnya belum bisa dipastikan, karena ada dua pilihan yakni 1.2L P-TEC dan 1.5L P-TEC DVVT. Penasaran dengan mobil ini silahkan kunjungi booth Wuling di 2A hall 2.

Baojun 730 Bukan hanya Low MPV, tetapi Wuling Motor pun telah menyiapkan Medium MPV bernama Baojun 730. Menurut rencana, varian yang dimensi bodinya lebih bongsor dari Hongguang ini akan diniagakan di penghujung tahun 2017 dan dalam acara GIIAS besok, mobil ini diposisikan sebagai 'bintang panggung' di booth 2A Hall 2.

Baojun MPV premium Wuling

Rasa ingin tahu memang selalu membuat kita tidak sabar untuk melihatnya. Bagaimana tidak? Baru memperkenalkan brand, tetapi road plan produk yang akan disajikannya sudah diperlihatkan dan kemungkinan banderolnya pun menggoda. Sedikit mengenai detail teknis dari Baojun 730 adalah berukuran panjang 4,68 meter dan di Tiongkok sendiri mempunyai dua pilihan mesin yakni 1.5L P-TEC DVVT bertenaga 112 PS atau 1.8L VVT-i Tech berkekuatan 137 PS.

Mitsubishi XM Concept Predikat world debut merupakan kesempatan yang sungguh bergengsi pada tahun ini. Pasalnya Mitsubishi global memilih booth 8B hall 8 ICE BSD sebagai saksi dari peluncuran XM Crossover perdana di dunia. Walaupun namanya berimbuhan Crossover, namun sesungguhnya ini merupakan Multi Purpose Vehicle (MPV).

XM concept calon penantang baru di segmen LMPV

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pernah mengatakan bila XM Concept ini mempunyai ground clearance lebih tinggi dari MPV kebanyakan, berwajah dynamic shield seperti halnya All New Pajero Sport dan kemampuan akomodasi yang setara dengan mobil MPV. Menariknya, model ini akan segera direalisasikan karena dijadwalkan untuk masuk ke jalur produksi pada semester kedua tahun 2017.

Daihatsu Sigra Mendengar namanya, memang model terbaru dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini menyandang kelas Low Cost Green Car (LCGC). Akan tetapi, bila memandang gaya bodinya seperti Low MPV 7-penumpang, sehingga kami memasukkannya ke dalam daftar MPV terbaru di GIIAS. Sebagai produk kerjasama ke-4 dengan Toyota, Sigra diprediksi dapat menorehkan prestasi penjualan yang meroket dan diterima oleh konsumen dengan baik.

Sigra mengancam kelas LCGC

Tersedia dua pilihan depot tenaga dibalik bonnetnya yakni mesin 1.0L 3-silinder bertenaga 67 PS dan mesin 1.2L 4-silinder berteknologi dual VVT-i dengan kemampuan menyajikan daya 88 PS. Untuk menghantarkan performa tadi, Daihatsu melengkapinya dengan transmisi manual atau otomatis. Nah, banderolnya sendiri mulai dari Rp 106 Juta hingga Rp 149 Juta, namun sesi penjualannya baru dimulai saat ADM meluncurkannya di booth 8A hall A besok.

Toyota Calya Sama seperti Sigra, Calya, kami masukkan ke daftar ini karena dua hal. Pertama, desain eksteriornya yang bercitarasa MPV dan alasan lainnya karena ini merupakan produk kembar duo astra kedua pada kelas LCGC setelah sukses dengan Agya dan Ayla. Untuk kapasitas kabin, Calya mempunyai 3 baris bangku dan diklaim dapat menampung penumpang hingga 7-orang, bukan 5+2 seperti rivalnya dari Datsun.

Fitur lengkap Calya

Berbeda dengan kembarannya, PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya menyematkan satu pilihan depot tenaga untuk mobil berdimensi panjang 4 meter lebih sedikit ini. Ya, mesin 4-silinder berkapasitas 1.2L dual VVT-i dengan bakat memberikan tenaga maksimum 88 PS dan momen puntir 105 Nm serta dipadukan bersama dua sistem pilihan transmisi yakni manual atau otomatis. Jika Anda ingin melihat lebih dekat sosok dari Calya, silahkan mampir ke booth Toyota di 10B hall 10 mulai tanggal 11 sampai 21 Agustus 2016.

Baca Juga: Inilah SIV Terbari Yang Akan Menghebohkan GIIAS 2016

Image sources: newspressusa, sgmw.com, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

Jelajahi KIA Grand Sedona

Model Mobil KIA

  • KIA Sonet
    KIA Sonet
  • KIA Grand Carnival
    KIA Grand Carnival
  • KIA Picanto
    KIA Picanto
  • KIA Seltos
    KIA Seltos
  • KIA Rio
    KIA Rio
  • KIA Sonet 7-Seater
    KIA Sonet 7-Seater
  • KIA Grand Sedona
    KIA Grand Sedona
  • KIA K2700
    KIA K2700
Mobil KIA

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil KIA Grand Sedona Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil KIA Grand Sedona

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang