• Wishlist

Daihatsu Ayla Facelift Mengaspal, Apa Saja Ubahannya?

New Daihatsu Ayla 2020 diklaim sangat representatif untuk anak muda. Ubahan yang bersifat kosmetik, menambah daya atraktif untuk memikat konsumen segmen ini. Khususnya tipe 1.2 X hingga 1.2 R Deluxe mendapat permak wajah demi penyegaran. Tipe 1.0 D sampai 1.0 X Deluxe, masih pakai muka lama. Selebihnya, ini ubahan yang terjadi.


Eksterior


Facelift kali ini tak mengubah mata sama sekali. Beda dengan sebelumnya. Ayla masih menatap dengan mika lama, berisikan headlight projector halogen, serta LED positioning lamp. Bentuk dan siluetnya sama persis. Bahkan cukup disayangkan, LED DRL di kisi-kisi bumper diralat.


Meski begitu, dari grille hingga bentuk bumper berubah total. Ayla yang tadinya memakai dua aksen palang krom, kini hampir semua dihitamkan. Bentuknya juga bukan lagi kisi-kisi, melainkan dua panel yang menyisakan sedikit ruang untuk aliran udara. Lengkap dengan imbuhan lima garis vertikal ala mobil performa.


Daihatsu Ayla 2020 facelift


Bagian sisi bumper ikut kena revisi. Pahatannya jauh lebih tegas, semua dibuat menyudut. Rumah foglamp pun menekuk ke dalam dan dihiasi setengah bingai krom. Mungkin ini menjadi subtitusi serba-hitam tadi agar tetap memiliki kontras. Namun secara keseluruhan, Daihatsu tampak mengarahkan Ayla bergaya sporty ketimbang elegan.


Dari samping perubahan besar terlihat di spion. Ia memakai model mirip dengan milik Sirion, alias lebih ramping dan menyiku. Temanya juga two-tone, campuran kelir bodi dan hitam. Dan sein yang tadinya terekspos, kini main minimalis dan tersembunyi di bagian gelapnya.


Ayla juga punya sepatu baru. Pelek palang kipas sedikit dipermak dengan aksen two tone di tengah palang. Cukup menambah kesan atraktif. Tapi soal ukuran sama saja, memiliki profil 175/65 R14.


Daihatsu ayla rear end


Kala berputar ke belakang, yang jelas diubah mika stoplamp. Bukan bentuk keseluruhan. Melainkan tema dan alur di dalam. Permukaan yang tadinya merah, sekarang memakai mika bening. Dan di dalamnya berisi alur lampu rem membentuk dua huruf L. Sisanya sama. Spoiler berliku, letak reflektor, hingga model bumper lama masih digunakan. Sedikit komposisi warna saja yang dimainkan.


Interior dan Fitur


Lanjut di dalam kabin, motif dan model jok tak ikut diubah. Begitu juga steer hingga kokpit. Ubahan penting justru ada di tengah dashboard. Konsol itu tak lagi diisi kenop putar. Pengaturan AC diganti dengan display digital. Head Unit 7 incinya pun baru, bisa memutar banyak format music. Termasuk dari USB dan Bluetooth. Mengenai bingkai dua perangkat ini juga menjadi hitam. Tak lagi silver seperti yang lalu.


Display layar tadi bukan cuma dikerahkan untuk kebutuhan entertainment. Ia juga menerjemahkan kamera dan sensor parkir dengan resolusi cukup baik. Hal ini merupakan terobosan untuk kelas LCGC.


interior daihatsu ayla 2020


Nah, kelengkapan perangkat keamanan juga bertambah. Ayla anyar dikabarkan sudah punya sensor ABS dua kanal (roda depan). Lengkap juga dengan EBD (Electronic Brake Distribution), mengatur tekanan minyak rem di tiap roda. Sementara dual SRS Airbag merupakan bawaan dari versi lama.


Sebagai catatan, padanan tadi berlaku untuk tipe 1.2 R Deluxe, alias yang tertinggi. Belum ada pengumuman resmi dari Daihatsu, soal paket ubahan varian lain. Termasuk versi mesin 1.0 liter, yang biasanya dianaktirikan. Dan untuk urusan harga, pembagian trim level, hingga hal-hal detil, tunggu saja di momen peluncurannya besok. (Hlm/Odi)


Baca Juga: Daihatsu Ayla Facelift Meluncur, Harga Mulai Rp 101,65 juta

Jelajahi Daihatsu Ayla 2020

Daihatsu Ayla 2020 Rp 101,65 - Rp 159,4 Juta Cicilan : Rp 2,32 Juta

Bandingkan & Rekomendasi