• Wishlist

Catat, Suzuki XL7 Berbasis Ertiga Meluncur 15 Februari 2020

Catat, Suzuki XL7 Berbasis Ertiga Meluncur 15 Februari 2020

Suzuki Indonesia pastikan merilis produk baru bulan ini. Informasinya diungkapkan langsung dalam acara Media Gathering 2020 di Jakarta, dengan menampilkan permainan angka. Dari teka-teki itu, didapat waktu peluncuran berlangsung pada 15 Februari.


Walau begitu, belum diketahui model apa dihadirkan. Besar kemungkinannya XL7 berbasis Ertiga. Ia adalah low multi purpose vehicle (LMPV) anyar yang tengah hangat diperbincangkan. Bahkan beredar banyak spyshot yang memperlihatkan mobil itu sudah mendarat di Tanah Air, beserta banderolnya. Kendati PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih menutup rapat detailnya.


Suzuki Ertiga cross / XL7


Ketika ditanya mengenai bocoran harga yang tersebar di media sosial. Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS yang diwawancara usai Media Gathering Suzuki 2020, menampiknya. Menurutnya banderol itu tidak benar. Ia pun hanya bisa memastikan, produknya nanti memiliki value yang menarik dan sesuai.


"Terkait harga yang beredar. Karena ini bukan informasi dari kami. Jadi kami tidak bisa mempertanggungjawabkan isinya. Angka itu dapat dari mana? Dokumen kami tidak seperti itu," ungkapnya di Jakarta, Selasa (04/02). "Bicara Suzuki, selain produk bagus, value-nya juga bagus. Harapannya, kami pastikan value-nya oke. Tapi saya tidak bicara di bocoran itu benar. Ya mungkin ada selisih-selisih gitu. Apakah mendekati, saya tidak bisa bilang," tambahnya.


Jika benar XL7 yang dipasarkan, tentunya akan memperkuat lini yang dimiliki pabrikan berlambang S itu. Ia bakal bersaing dengan beberapa kompetitor yang lebih dulu hadir, sebut saja Honda BR-V dan yang terbaru Mitsubishi Xpander Cross. 


XL7 sendiri berbasis Ertiga. Di India mengusung nama XL6, lantaran konfigurasi jumlahnya yang muat 6 orang. Secara spesifikasi dipastikan sama dengan Ertiga regular. Menggendong mesin bensin 1,5 liter empat silinder berkode K15B. Namun, lagi-lagi tak diketahui apakah teknologi bakal sama dengan dijual di Negeri Hindustan. Kalau sama, berarti dirinya menganut sistem hybrid ringan, yang dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).


Bocoran Suzuki XL7 Indonesia 2020


Memadukan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai atau aki, teknologi itu mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, dengan memfokuskan pada pengumpulan energy yang terbuang (hasil deselerasi). Di atas kertas, daya puncaknya mencapai 105 PS dan torsi 138 Nm. Untuk sistem transmisi, bisa dipastikan tersedia pilihan manual dan otomatis konvensional.


Terlepas dari modelnya, Suzuki mengaku tengah meminta agar ia dapat diekspor. Bila akhirnya model itu diizinkan agar bisa diekspor dari Indonesia, sudah pasti produksinya dilakukan secara lokal. "Kita juga minta itu untuk diekspor. Sudah pasti kalau diekspor, ia diproduksi di sini," tutup Donny. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Suzuki Torehkan Pencapaian Positif pada 2019

Jelajahi Suzuki XL7

Suzuki XL7 Rp 230 - Rp 267 Juta Cicilan : Rp 5,25 Juta