• Wishlist

Suzuki Torehkan Pencapaian Positif pada 2019

Suzuki Torehkan Pencapaian Positif pada 2019

Suzuki Indonesia raih prestasi positif untuk kendaraan empat roda pada 2019. Pabrikan berlambang S ini mampu mempertahankan posisinya sebagai merek yang bisa dipercaya. Terlihat dari penjualan produknya sepanjang tahun lalu.


Suzuki Carry 2019


Berkaca pada pasar otomotif nasional tahun lalu memang mengalami penurunan sebesar 11 persen. Suzuki sendiri memiliki market share sebesar 10 persen. Adapun klaim jumlah retail sales kendaraan roda empat yang didapat mencapai 102.865 unit.


Ini disumbang lewat dominasi Carry Pick Up di segmen low pick-up dengan pangsa pasar 56,8 persen. Pikap yang diperbarui pada April 2019 itu sudah terjual sebanyak 54.943 unit. Sedangkan di posisi kedua ada All New Ertiga. LMPV andalan Suzuki ini menutup tahun lalu dengan jumlah penjualan 26.377 unit. Menariknya, baik Carry dan Ertiga, merupakan produk yang telah diproduksi secara lokal oleh Suzuki, dengan kontribusi 87,1 persen secara nasional.


"Target market share kami pada 2020, kami akan berusaha di 12 persen. Jadi saat ini pada 2019, kami di 10 atau 9,9 persen," jelas 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Makmur di Jakarta, Selasa (04/02).


Baca Juga: Hatchback Suzuki Bekas, Pilih Baleno atau Swift?


Bukan hanya penjualan, capaian lain dari Suzuki adalah meningkatnya jumlah servis di bengkel resmi. Tercatat selama 2019, sebanyak 1,1 juta unit mobil Suzuki melakukan perawatan. Ini naik 8 persen dibanding 2018. Suzuki sendiri telah memiliki 339 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan rata-rata menawarkan layanan sales, services dan spare parts (3S).


"Kami mengerti salah satu hal terpenting dalam memiliki kendaraan adalah layanan purnajualnya. Hal ini yang mendasari kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Peningkatan service intake pada 2019 merupakan bukti, layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya pelanggan," ucap Seiji Itayama, President Director PT SIS.


Ertiga buatan Indonesia


Capaian ini dinilai tak lepas dari beragam program yang telah dilaksanakan untuk memudahkan konsumen. Beberapa diantaranya, seperti Service Campaign, layanan online booking, Home Service dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance. Suzuki pun berencana meningkatkannya kembali. Berbagai strategi disiapkan, mulai dari menambah fasilitas dalam pelayanan, update aplikasi layanan Halo Suzuki, serta 10 komitmen Pelayanan Dealer Suzuki. Termasuk pula membuka 6 diler baru berfasilitas 3S.


Naiknya jumlah konsumen yang servis di bengkel resmi, turut diikuti peningkatan penjualan suku cadang genuine. Pertumbuhannya 13 persen. Ini membuktikan, makin banyaknya pelanggan yang percaya terhadap spare parts dari Suzuki Indonesia. Untuk itu, ia pun akan terus menjamin ketersedian stok suku cadang, dengan membuka Part Depo baru. Termasuk pula memperluas akses konsumen, agar semakin mudah mendapatkannya melalui My Suzuki. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Suzuki Vitara Brezza Berteknologi Hybrid Kedapatan Uji Jalan

Jelajahi Suzuki Carry

Suzuki Carry Rp 141,6 - Rp 156,1 Juta Cicilan : Rp 3,23 Juta

Bandingkan & Rekomendasi