Bukan Daihatsu Sigra, Perodua Tengah Uji Jalan Axia Versi Wagon

Bukan Daihatsu Sigra, Perodua Tengah Uji Jalan Axia Versi Wagon
Gambar
Review Pengguna

Perodua disinyalir siapkan Axia versi wagon. Hal ini terungkap dari video yang menampilkan wujud panjang Axia. Kalau di Indonesia, Axia merupakan produk dari platform yang sama dengan Daihatsu Ayla. Nah, kendaraan yang dibikin panjang itu, parasnya sangat berbeda dari Sigra. Kalau Anda amati, tampak seperti Ayla yang diregangkan.

ayla wagon

Lihat saja dimensi peregangan Axia, terjadi di pilar C yang jauh lebih tebal. Pintu belakang dibikin memanjang dan fender depan tampak menonjol. Rancangan ini seolah menunjukkan model yang lebih besar. Lalu ban juga pelek lebih besar dari model reguler. Kemungkinan menjadi indikasi sosok mini SUV atau crossover. Banyak digosipkan, perusahaan bakal merilis kendaraan B segmen lima kursi yang lebih kecil dari Aruz (Terios).

Di sini, sebenarnya ada "Axia Wagon" dalam bentuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Tetapi dari gambar itu sama sekali berbeda. Sigra dibekali mesin dua opsi mesin bensin. Yang pertama berkode 1KR-VE, 3-silinder 998 cc VVT-i. Daya yang dihasilkan hanya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Lalu pilihan kedua, jantung pacu empat silinder 1,2 liter 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i. Unit daya menyuplai torsi optimal 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm.

Belum ada info Axia wagon pakai mesin apa. Namun kalau dilihat secara segmen dan dimensi, pilihannya, ya dua engine itu. Kecil kemungkinan pakai mesin baru. Sebab butuh dana riset dan waktu yang tidak sebentar. Diprediksi, model penggeraknya pun sama. Tenaga disalurkan melalui roda depan, yang cocok untuk crossover kecil buat konsumen perkotaan.

Sementara rumor lain mengatakan, model terbaru menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Kalau benar, ini menjadi tonggak pertama bagi Perodua. Sayang, belum ada info seputar interior. Bisa jadi tatanan dasbor dan model lingkar kemudi sama persis dengan Axia hatchback. Hanya saja, diberikan ruang lebih pada baris ketiga.

Andai model ini disiapkan mengisi pasar mobil keluarga di atas Axia, seharusnya kelengkapan fitur setidaknya sama. Syukur kalau bisa lebih. Pada Axia hatchback tertinggi, mobil sudah dibekali peranti yang mumpuni. Terpasang VSC plus TRC, pengereman ABS+EBD, Anti Snatch Hook, Smart Entry, Star Stop Button dan Reverse Camera. Juga dilengkapi Front Corner Sensors, Reverse Sensor, Electric Side Mirror dan pedestrian detection. Versi wagon sebetulnya jadi perbincangan menarik. Kalau sudah masik jalur produksi massal, kita bisa melihat ke arah mana pabrikan membuka peluang pasar yang baru. (Alx/Odi)

Sumber: Paultan

Baca Juga: Daihatsu Membawa Empat Konsep Lucu ke Tokyo Motor Show 2019

Jelajahi Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra Rp 119,5 - Rp 162,25 Juta Cicilan : Rp 2,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store