• Wishlist

All New Mazda3 Hatchback dan Sedan, Ini Bedanya

All New Mazda3 Hatchback dan Sedan, Ini Bedanya

Mazda3 anyar didatangkan dari Jepang dalam dua jenis bodi, hatchback dan sedan. Keduanya bakal bertarung di segmen C, yang di sini diwakili Toyota Corolla Altis dan Honda Civic. Nah, Civic paling mengenai sasaran dari Mazda3, karena sama-sama punya dua pilihan bodi.



Tapi tidak seperti Civic, yang sekilas banyak kesamaan antara versi sedan hatchback. Mazda3 terbaru lebih mudah dikenali perbedaannya. Paling kentara, karakter yang sengaja dibuat beda satu sama lain. Mazda3 berpenampilan sporty berjiwa muda, sedangkan sedan lebih dewasa dan elegan.


Dari muka sudah dapat dikenali. Mazda3 hatchback menganut grille honey comb dengan signature KODO di sekelilingnya dikelir hitam glossy. Area spoiler depan pun diberi warna hitam dof untuk menegaskan kesan sport. Sementara grille Mazda3 sedan, model bilah horizontal yang dilingkari bingkai kromium. Lalu desain air dam berbeda, dengan sirip hitam yang membentuk rumah fog lamp, meski tidak ada lampunya. Desain dan ukuran pelek sama. Sebesar 18-inci yang dibalut ban bertapak lebar 215/45.


Setengah bodi ke belakang, sangat bertolak belakang satu sama lain. Jujur, bokong Mazda3 amatlah seksi, bahkan cenderung eksotik. Pilar C yang tebal memang mengorbankan visibilitas dan ruang kepala penumpang belakang. Tapi menghasilkan profil bodi yang aduhai. Versi sedan jadi terlihat biasa saja, walau kesan mewah dan elegan begitu jelas. Tampak belakang frontal juga tidak terlalu original. Jika Anda ingat Alfa Romeo 156, desain lampu dan letak logo brandnya punya kemiripan.



Dimensi Mazda3 sedan (P x L x T) sebesar 4.660 x 1.795 x 1.440 mm. Hatcback hanya lebih pendek 200 mm dan 5 mm menjadi (P x L x T) 4.460 x 1.795 x 1.435 mm. Jarak sumbu roda serupa 2.725 mm. Imbas ukuran beda ukuran pada sedan, tentu ruang kepala penumpang belakang dan bagasi lebih luas. Bantingan suspensinya pun lebih empuk sedan. Meski dikonfirmasi pihak Mazda tidak ada setelan khusus dari konstruksi MacPherson strut di depan dan Torsion Beam di belakang. Bobot sedan pun cuma lebih berat 2 kg dibanding hatchback.


Sektor interior mudah dikenali juga. Karena Mazda membeda warna dominan di material kulit yang dipakai. Mazda3 hatchback bernuansa sporty dari penggunaan warna merah marun di area soft touch dasbor dan seluruh material kulit jok. Mazda3 sedan sama sporty-nya, tapi mencerminkan aura elegan lewat warna hitam di dasbor dan juga kulit jok.


Perbedaan utama lain, ada pada proses membuka pintu bagasi. Untuk sedan ditambahkan tombol pembuka bagasi di smart key, sedangkan hatchback tidak disediakan. Selebihnya sama semua, mulai dari jantung mekanis, transmisi, sampai semua fitur. Berapa beda harganya? Tunggu di GIIAS 2019. (Odi)


Baca Juga: Mazda3 Skyactiv-X Belum Cocok untuk Indonesia

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store