Pilihan Motor Buat Touring, New Honda ADV 160 atau CB150X?

Pilihan Motor Buat Touring, New Honda ADV 160 atau CB150X?

Pabrikan Honda punya sepeda motor yang bisa diandalkan buat touring, ada New ADV 160 yang baru saja meluncur dan CB150X. Keduanya punya karakter berbeda. ADV 160 berjenis skutik dan CB150X merupakan motor sport yang memang dirancang buat kebutuhan adventure. Namun masing-masing tetap tangkas kala dibawa jalan jauh. Di antara keduanya mana yang lebih asyik diajak touring.

ADV160

Performa

Dari lembar spesifikasi, ADV 160 menggendong mesin 156,9cc (dibulatkan 160cc), 4 katup, pendingin cairan, dan sudah berteknologi injeksi eSP+ (enhanced Smart Power plus). Besaran tenaga dan torsi menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW atau 15,8 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm. Kompresi mesin berada di 12:1 dengan bore x stroke di 60 x 55,5 mm. Racikan mesin barunya diklaim mampu memberikan akselerasi yang baik.

Sementara sumber tenaga CB150X dari unit satu silinder 150cc DOHC 4-katup PGM-FI berpendingin cairan. Padanannya ialah transmisi 6-percepatan. Dari sana bisa didistribusikan tenaga sejumlah 11,5 KW (15,6 Hp) yang memuncak di level 9.000 rpm. Torsinya pun mirip dengan saudaranya yang berbagi mesin, CB150R di angka 13,8 Nm pada 7.000rpm. Performanya unggul pada putaran mesin rendah ke menengah, sehingga kemampuan untuk menanjaknya lebih baik, sesuai dengan karakter pengendara yang menyukai touring.

Honda CB150X

Efisiensi

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar ADV 160 menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Kapasitas tangki BBM skutik adventure baru Honda ini 12 liter.

Baca juga: Test Ride Honda CB150X: Pemuas Hasrat Touring, Kebangetan Enaknya

Saudaranya yang kopling manual tercatat 38 km/liter. Hasil tersebut didapatkan berdasarkan hasil tes ECE R40. Hasil ini pun merupakan pengetesan internal oleh AHM. Kapasitas tangkinya 12 liter.

Konsumsi BBM di atas tentunya akan berbeda ketika keduanya dipakai harian nanti. Kondisi jalanan serta bobot yang diangkut juga membuat konsumsi BBM-nya berbeda dengan klaim pabrikan.

Honda ADV160

Fitur

New Honda ADV 160 mendapat penyempurnaan dari sisi fitur untuk meningkatkan keamanan berkendara. Ia kini dibekali dengan kontrol traksi atau HSTC (Honda Selectable Torque Control) khusus varian tertinggi. Selanjutnya pengaplikasian windscreen adjustable buat meningkatkan aerodinamika dan memaksimalkan terpaan angin. Selain fungsinya untuk menahan empasan angin dari depan, komponen ini juga punya peran mendongkrak penampilan. Bahkan kepunyaan ADV 160 ini bisa disetel dua posisi tingginya. Tanpa harus repot bongkar pasang.

Panel meter baru mirip Honda ADV350, pengisian saya model USB Port tipe A, ABS (Anti-lock Braking System) untuk varian tertinggi, Penerangan full LED (depan, belakang, sein), DRL, lampu hazard, ESS (Emergency Stop Signal), setang handlebar, wavy disk, bagasi 30 liter, Side Stand Switch, Keyless dengan alarm keamanan.

Buat mendukung perjalanan jauh, CB150X dibekali Tapered Handlebar. High Windscreen untuk kenyamanan dan perlindungan dari terpaan angin saat berkendara, Full Digital Panelmeter yang menampilkan informasi kendaraan dengan tampilan lebih sporty dan modern, LED Headlight, Inverted Front Suspension, Adventure Style Undercowl guna memberikan perlindungan terhadap mesin saat berkendara, serta LED Taillight.

Honda CB150X Honda CB150X

Akomodasi

Kurang afdal bila sepeda motor buat touring tidak membicarakan soal akomodasi. Dalam hal ini si skutik baru Honda punya bagasi 30 liter. Helm sudah pasti bisa masuk. Bahkan beberapa tipe full face. Dari situ terdapat ruang sisa yang dapat menyimpan beberapa peralatan penting untuk perjalanan jauh, seperti jas hujan maupun benda kecil lainnya. Kemudian ada lagi laci di area dashboard. Bagian ini cukup dalam, pas untuk menyimpan gawai dan bisa ditutup, jadi secara estetika lebih rapi.

Tak satupun ruang bagasi pada CB150X. Jangan harap bisa menyimpan helm, jas hujan, atau apapun yang bisa ditinggal di motor. Sekali lagi, mereka tak dibuat seperti skutik nan akomodatif. Namun beberapa part aftermarket bisa mengobati, semacam rak besi dengan boks atau tas yang diikat ke tangki.

Honda ADV160

Kepraktisan

Di dalam kota, pijakan kaki dan bobot kendaraan menjadi unsur penting. Begitu juga ketangkasan, baik bermanuver ataupun saat harus berputar balik. Secara dimensi total, ADV 160 punya Panjang 1.950 mm, lebar 763 mm, serta tinggi 1.196 mm. Ground Clereance 165 mm dan tinggi tempat duduk 780 mm. Sementara CB150X (PxLxT) 2.031 x 796 x 1.309 mm, dengan jarak terendah ke tanah 181 mm dan tinggi jok 817 mm. Namun soal bobot, tentu si skutik lebih ringkas, 133 kg. Sementara CB150X mencapai 139 kg.

New ADV 160 yang berjenis skutik memiliki pijakan kaki luas. Bisa memberikan rasa nyaman dan lebih mudah diajak mengarungi padat dan dinamika jalur kota. Sedang CB150X meski punya pijakan kaki model sport, dirinya juga tergolong nyaman. Karena segitiga ergonominya tidak membuat pengendara cepat lelah.

Selanjutnya, soal posisi duduk. Ini tergantung selera memang. Skutik menawarkan kontur jok lebar buat pengendara. Jenis sport adventure punya jok model bertingkat. Buat pengemudi dibuat lebih rendah agar pinggang bagian belakang mendapat penahan. Rancangan itu tentu memberi keuntungan agar posisi badan tetap tegap. Jadi tidak cepat pegal.

Honda CB150X

Kaki-kaki

New ADV 160 disematkan suspensi teleskopik biasa pada depan dan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Ditambah dengan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

CB150X memiliki kaki-kaki jenjang. Basicnya bisa dikatakan mirip dengan Honda CB150R atau Honda CBR150R, di mana suspensi depannya upside down dari Showa dan belakang monoshock dengan unitrack. Meski memiliki tampilan yang serupa, dirinya mendapatkan upgrade. Tetap Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) namun memiliki jarak main yang lebih panjang 30 mm. Stroke juga lebih panjang 10 mm, totalnya 130 mm. Untuk mengimbangi suspensi depan yang sudah jenjang, monosok CB150X juga lebih panjang. Sekira 324 mm dengan stroke 60 mm.

Sementara rodanya pakai ban IRC Road Winner yang ditujukan untuk jalur on road. Ukuran ban depan 100/80 – 17 52P (Tubeless) dan belakang 130/70 – 17 62P (Tubeless).

Honda ADV160

Desain

New Honda ADV 160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Meski sekilas mirip dengan model lama, ternyata bagian mukanya terdapat ubahan. Lebih tepatnya bagian cover bodi depan sedikit membesar sehingga kesan gahar dari motor ini semakin kuat. Kemudian di bagian sayap bodi kiri dan kanan juga terlihat berbeda. Jika model sebelumnya menggunakan desain sedikit gendut, justru di ADV160 tampil lebih slim sehingga visualnya lebih sederhana.

Bodi samping belakang sekarang mirip dengan Honda ADV 350 yang sudah meluncur di Thailand. Revisi bodi ini juga membuat tampilan ADV160 terlihat lebih membesar. Tapi di bagian buritan masih mengaplikasikan model lampu LED dengan siluet X di dalam rumah lampunya. Buat penunjang tampilan adventure, dirinya dibekali windscreen yang fungsinya bisa menghalau angin secara maksimal.

Sang sport adventure dirancang dengan desain lebih kekar dan nuansa moge lebih menonjol. Auranya mirip dengan moge CB500X. Bagian gemuk di depan tampak pada area tangki dengan shroud menyatu sampai ke moncongnya. Bagian ini juga yang bikin mirip dengan sang moge. Inilah yang jadi salah satu daya tarik CB150X.

cb150x

Tidak cukup bikin bagian depan kayak CB500X, urusan postur juga harus disesuaikan. Dibikin tinggi dengan shock depan lebih jenjang, travel yang juga lebih panjang. Jenisnya sama persis yang dipakai Streetfire, yakni Showa SFF-BP 37 mm upside-down. Tak lupa kelir emas wajib buat penandanya.

Kombinasi tangki gemuk dan postur jangkung, bikin CB150X sedikit mengintimidasi. Apalagi buat rider yang tingginya dibawah 170cm. Berdiri di samping atau melihat dari dekat, beneran kayak moge!

ADV160

Varian dan Harga

Honda ADV 160 terdapat dua varian, ABS dan CBS. Masing-masing mendapat tiga warna. Untuk varian ABS tersedia Tough Matte Black (Hitam Doff), Tough Matte Red (Merah Doff), dan Tough Matte White (Putih Doff). Tidak hanya warna doff, ADV 160 tipe termahal juga mendapat emblem di samping bodi berwarna Burn Titanium yang juga menempel di pelek dan setang. Sementara, untuk tipe CBS ada Dynamic Black (Hitam), Dynamic Red (Merah), dan Dynamic White (Putih). Harganya saat ini Rp 36 juta buat tipe CBS dan Rp 39,250 juta (ABS) OTR DKI Jakarta.

Sebagai pionir di kelasnya, CB150X dipasarkan dengan harga Rp33,660 juta. Tersedia pilihan warna Amazon Matte Green dan Mandala Red. Dan untuk varian Special Edition (SE) atau kelir Volcano Matte Black dijual Rp34,165 juta OTR DKI Jakarta.

Honda CB150X

Simpulan

Meski harganya terpaut cukup jauh, keduanya memang dirancang buat para rider yang menginginkan kuda besi tualang. Kalau bicara data spesifikasi, jelas New ADV 160 lebih unggul. Tapi dalam hal performa tentu saja CB150X dapat diandalkan karena mengadopsi kopling manual.

Honda CB150X ditujukan buat calon konsumen yang mencari motor tualang jarak jauh. Tanpa melupakan kemampuannya dipakai sebagai kendaraan sehari-hari dan menawarkan kegagahan dan performa mantap saat dipakai touring.

Keduanya cukup mumpuni dibawa touring, dan mereka juga memiliki keunggulan masing-masing. Dalam hal kenyamanan, secara realistis tentu Honda CB150X sangat mendukung. Tapi urusan teknologi mesin dan fitur rasanya New ADV 160 juga bisa diandalkan. Sekarang tergantung pilihan Anda. Bisa sesuaikan dengan budget atau ingin tampil beda di jalan raya. (BGX/TOM)

Baca juga: Mesinnya Identik, Pilih Mana Antara Honda Sonic 150R, CB150R Streetfire, CBR150R, dan CB150X

Komparasi Honda ADV 160 vs Honda CB150X

Honda ADV 160
  • Rp 36 - 39,25 Juta
Honda CB150X
  • Rp 33,66 Juta
ADV 160 vs CB150X

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Motor dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature