Fitur Yamaha Lexi yang Tak Ada di Honda Vario 125

Fitur Yamaha Lexi yang Tak Ada di Honda Vario 125
Gambar
Review Pengguna

Yamaha Lexi, nama yang sampai sekarang masih saja terdengar asing untuk kita. Dibanding NMax, Mio, R15 atau Xabre, diksi baru ‘Lexi’ tetap membuat kita bertanya seperti apa motornya. Padahal, sudah hampir sebulan skuter ini rilis di tanah air. Peluncuran besar-besaran dilakukan, bahkan mengundang duo rider MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.



Kini, tetap saja Lexi terdengar asing. Cukup wajar, soalnya motor ini belum ada di diler. Sesi perkenalannya pun terbatas tanpa disiapkan momen riding seperti biasanya. Namun fakta mengenai motor ini sudah banyak diberikan. Misalnya saja fitur yang diusung, spesifikasi motor, hingga rentang harga yang dipakai untuk berjualan.


Kali ini, kami coba gambarkan, bagaimana peluang Lexi bersaing dengan musuh berkapasitas mesin sama, 125 cc, yakni Vario 125. Namun bahasan terfokus hanya di fitur saja. Bagi Anda yang tengah bingung meminang Honda Vario 125 (Rp 18 jutaan), tak ada salahnya memahami dulu perbandingan fiturnya dengan Lexi (Rp 20 jutaan-estimasi).


LED hanya Lampu Utama


lampu LED Lexi


Lampu hemat daya berbasis dida (LED) adalah peranti pencahayaan terkini di motor. Baik Lexi dan Vario 125 sudah pakai. Keduanya pun menyematkan teknologi ini untuk lampu utama saja.


Panel Informasi besar


fitur lexi dan vario


Panel informasi besar ada di kedua motor ini. Bahkan tampilan keduanya sangat atraktif. Vario bermain di keragaman warna dan variasi sistem, analog dan digital, sementara Lexi mencoba pendekatan yang lebih canggih. Semua panel layar LCD besar dengan warna inverted. Informasi disajikan lewat layar monokromatik dengan jumlah yang sangat banyak, mulai dari putaran mesin, kecepatan, konsumsi bahan bakar dan jumlahnya, hingga aktivasi katup mesin bervariasi (VVA) tersaji.


Electric Power Socket


power soket


Peranti elektronik seperti smartphone kerap dijadikan sumber informasi untuk penunjuk jalan. Atau ada pula yang memanfaatkan GPS navigasi khusus. Peranti ini tentu butuh soket daya. Lexi menyediakannya sebagai standar di semua varian. Kalau Anda membeli Vario, sistem ini belum ada.

Smart Key


Butuh kunci pintar yang mempermudah akses menyala-matikan motor? Inilah remot canggih bernama Smart Key. Bukan cuma canggih, motor juga jadi lebih aman karena tak bisa lagi dijebol dengan mudah oleh maling. Lexi varian termewah sudah punya.


Idling Stop System


 


Fitur ini siap meningkatkan efisiensi dengan menyala-matikan mesin ketika tak dibutuhkan. Misalnya saat berhenti di lampu merah. Sistem bekerja mematikan mesin saat motor diam. Langsung nyala begitu tuas gas diputar, Vario 125 dan Lexi 125VVA punya fitur ini.


Suspensi Belakang


suspensi belakang lexi


Tentu kedua motor punya suspensi belakang. Tugasnya meredam kejutan yang menghantam roda belakang agar tak mengintrusi pengendaraan. Vario 125 punya satu buah (monoshock) yang dipasang pada kiri motor. Lexi punya dua buah, di masing-masing sisi. Soal fungsi mana yang lebih baik, tentu perlu diuji lagi mana yang lebih baik.


Kick Starter


Peranti ini memang terkesan kuno dan konvensional. Apalagi sudah ada starter elektrik yang memanfaatkan dinamo untuk memutar kruk as. Tapi ketika kelistrikan bermasalah, adanya pedal ini memungkinkan motor untuk dinyalakan tanpa perlu menjump start aki.


Generator dan Dinamo Terintegrasi



Sistem pendulang energi mekanis menjadi listrik, sebelumnya terpisah dengan dinamo starter. Kini dengan menggabungkan keduanya, hubungan berupa friksi gigi dari dinamo pun tiada. Sehingga proses menyalakan mesin jadi lebih halus. Baik Honda Vario 125 maupun Yamaha Lexi 125VVA sudah menggunakan teknologi ini.


Katup Variabel


Kenal VTEC, atau VVT-i? ya, fitur yang ada di mobil dan siap memberikan variasi pelatuk pada klep intake ini juga sudah digunakan pada motor. Yamaha Lexi 125VVA adalah penganutnya. Dengan teknologi ini, torsi lebih merata di putaran bawah dan atas mesin, sehingga efisiensi bisa didapat ketika mesin berputar rendah dan tenaga lebih banyak bisa tercapai saat mesin berputar tinggi. (Van/Odi)


Baca Juga: Pilihan Motor Honda Seharga PCX

Komparasi Yamaha Lexi vs Honda Vario 125

Yamaha Lexi
  • Rp 21,36 - Rp 26,96 Juta
Honda Vario 125
  • Rp 20,6 - Rp 21,5 Juta
Lexi vs Vario 125

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store