Pakai ABS dan Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Vario 160 atau Yamaha Lexi S

Pakai ABS dan Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Vario 160 atau Yamaha Lexi S
Contents

Sepeda motor jenis skuter matik atau skutik menjadi model paling diminati masyarakat Indonesia. Para pabrikan coba menawarkan beragam fitur unggulan untuk menarik pelanggannya. Utamanya mengenai teknologi keselamatan dan salah satunya penggunaan rem ABS (Anti-lock Braking System). Dengan adanya fitur itu, risiko kecelakaan bisa diminimalisir. Karena bermanfaat untuk mencegah roda terkunci kala terjadi pengereman mendadak.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga All New Honda Vario 160

    Rp 25,8 juta dan Rp 28,5 juta varian ABS
  • Harga Yamaha Lexi

    LEXI S ABS Rp 27.810.000, LEXI S Rp 25.200.000, dan LEXI Rp 22.210.000
  • Mesin Honda Vario 160

    156,9 cc 4 langkah 4 katup eSP+ dengan pendingin cairan
  • Mesin Yamaha Lexi S

    Mesin 125 cc Bluecore Yamaha
  • Di Indonesia kita kedatangan produk baru dari Honda yakni Vario 160. Hadir dalam dua varian, CBS dan ABS. Buat versi pengereman bersensor dijual Rp 28,5 juta. Untuk rentang harga segitu, Yamaha punya Lexi S ABS. Bila merujuk dari banderol yang tampil di website masing-masing, skutik 125cc dari pabrikan Garpu Tala cuma selisih Rp 690 ribu dari produk baru Honda. Meski kapasitas mesin tidak sebanding, setidaknya bisa menjadi pilihan dari segi harga.

    Jika Anda bingung menentukan pilihan antara keduanya, berikut kami berikan ulasannya.

    Honda Vario 160

    Fitur

    Varian tertinggi Vario 160 maupun Lexi S sama-sama dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel. Hanya pada roda depan saja. Tapi untuk skutik Honda pengereman belakang dilengkapi cakram berdiameter 220 mm. Sedang produk Yamaha masih pakai tromol.

    Buat mendukung kenyamanan, Vario 160 varian tertinggi pakai teknologi rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Klaimnya dapat membuat dirinya semakin lincah dan mudah dikendarai. Tapi penggunaan frame model ini tidak berdampak positif pada sektor lain. Padahal pengaplikasian eSAF pada kedua saudaranya (BeAT, Scoopy dan Genio) yang lebih kecil dapat memangkas berat total dan mampu berikan ruang penyimpanan lebih luas. Bobotnya justru meningkat. Sebelumnya 112 kg kini menjadi 117 kg (ABS). Volume bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga masih sama dengan model sebelumnya, masing-masing 5,5 liter dan 18 liter.

    Lawannya pakai tipe frame underbone. Rangka ini memanfaatkan rangka besi dengan model semacam pipe (pipa). Memiliki konstruksi yang sangat kokoh dan simple. Di lain sisi, kontruksi ini mempunyai suatu derajat elastisitas, sehingga benturan akibat keadaan jalan sebagian sudah diredam oleh komponen rangka pipa. Berat total cuma 114kg dan kapasitas tangkinya 4,2 liter.

    Baca juga: Simak Deret Pembaruan All New Honda Vario 160

    Yamaha Lexi

    Untuk fitur lain yang ada di Vario 160 boleh dibilang masih identik dengan model sebelumnya. Seperti USB charger type A dengan daya maksimal 5V 2.1A. Letaknya di sisi kiri dek depan dan lengkap dengan penutup. Seluruh sistem pencahayaan sudah berteknologi LED, Side Stand Switch, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm serta panel instrumen full digital dengan model negative display. Bentuknya masih sama dengan versi lawas, hanya saja buat varian termahal ada indikator ABS.

    Lexi S juga sudah dibekali keyless (smart key) yang di dalamnya disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Di bagian rumah kenop juga disediakan tombol membuka tangki bensin dan bagasi. Lebih praktis.

    Peranti modern lain ada speedometer full digital dengan tampilan negatif (negative display). Kemudian lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, serta lampu hazard sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

    Honda Vario 160

    Performa

    Buat sektor performa jelas Vario 160 lebih besar. Menggendong enjin 160 cc yang dijejali empat klep, SOHC, berpendingin cairan serta teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di kitiran 7.000 rpm.

    Mesin eSP yang ada pada dirinya juga terintegrasi dengan Alternating Current Generator (ACG starter). Sistem itulah yang membuat suara mesin menjadi lebih halus saat dihidupkan. ACG starter juga menjadi dasar dari pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS) sejak di Vario 150.

    Sedang Lexi S dibekali dengan mesin 125 cc Bluecore Yamaha yang efisien, bertenaga, dan handal. Jantung mekanisnya sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Sudah dilengkapi pula dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tarikan motor selalu bertenaga di setiap putaran mesin. Tak lupa Smart Motor Generator (SMG) yang bikin starter motor menjadi halus suaranya.

    Baca juga: Bedah Dua Varian All New Honda Vario 160, Intip Detailnya

    Yamaha Lexi

    Desain

    Vario 160 mengusung skutik bergaya sportif. Memiliki garis-garis desain tegas. Namun beberapa panel bodi dibuat mengembung padat. Bagian depan dibuat seperti model bertingkat. Sistem pencahayaan depan masih mengandalkan Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein yang tak lagi menyipit ke bawah. Diberi pembatas dengan tarikan garis cover headlamp. Terlihat agresif dan berkelas.

    Menyesuaikan dengan tameng depan, panel tengah terlihat sedikit mengembung. Sementara bagian buntut menerapkan motif modern. Bodi belakang diisi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus tipe ABS). Kesan elegan jadi makin kuat terlihat dari sisi samping.

    Bagian belakang masih didukung tampilan mewah, karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein terpisah. Model lampu stop berubah total namun tetap meruncing ke atas. Istimewanya diberikan cover muffler yang dilapisi dengan alumunium sama seperti punya PCX 160. Kesan sporty jadi makin terasa.

    Untuk Vario 160 versi ABS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte White. Beda dengan tipe terbawah, ia punya emblem 3D di panel bodi belakang dan velg berkelir burnt titanium. Jadi memiliki kesan mewah sekaligus modern.

    Honda Vario 160

    Sejak pertama keluar, Lexi masuk klan Maxi scooter Yamaha, meski katergorinya entry level. Ia punya tiga pilar konsep utama yaitu Smart & Sexy Design, Smart Features dan Smart Engine yang membawa pengendara tampil lebih smart. Tampilannya berkelas ditunjang desain lampu Grand LED Headlight, ditambah eye line biru yang menawan.

    Desain bodi berkesan kalem dengan satu garis melengkung dari tengah menuju bagian atas lampu belakang. Mengarah ke belakang, dirancang agak meruncing. Stoplamp sendiri bentuknya melebar. Bawahnya terdapat sepatbor panjang untuk menahan cipratan air.

    Khusus untuk Lexi S ABS hanya tersedia satu warna, yakni hitam. Tapi sudah menandung unsur “MAXI Signature”. Edisi ini tampil dengan warna Matte Black, merupakan warna iconic atau ciri khas MAXI yang dilengkapi sentuhan aksen emas di pelek. Kombinasi itu makin mempertegas image mewah dan berkelas. Selain itu, dilengkapi juga dengan logo “MAXI Signature” yang menempel pada body motor, gold speedometer cover, serta jahitan emas pada jok.

    Baca juga: First Ride All New Honda Vario 160: Mesin Lebih Bertenaga, Feeling Mirip-Mirip Varian 150

    Yamaha Lexi

    Rancang Bangun

    Ciri khas yang tetap dipertahankan pada Honda Vario 160 ini adalah dek rata. Bisa mengakomodasi para pengendaranya, kaki juga bisa bergerak lebih leluasa. Sedang buat dimensinya 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi tempat duduk 778mm. Jarak sumbu roda 1.277mm dan jarak terendah ke tanah 140 mm.

    Untuk urusan kaki-kakinya masih mempercayakan suspensi depan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Meski demikian, dipercaya mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan berat sekalipun.

    Sementara diameter roda masih 14 inci dan pakai palang model baru. Kulit bundarnya berprofil lebar. Kalau model sebelumnya pakai 80/90 dan 100/80, saat ini 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah berjenis tubeless.

    Honda Vario 160 panel meter

    Lexi juga memiliki area pijakan kaki yang luas sehingga memudahkan pengendara untuk menaikan, menurukan kaki. Terlebih, bagi pengendara wanita yang menggunakan rok ataupun kain. Lexi juga bisa diandalkan untuk menampung barang bawaan dalam jumlah banyak, karena memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar.

    Buat ukuran 125cc, ia punya dimensi bongsor. Spesifikasi panjangnya 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Tinggi jok yang mencapai 785 mm dan jarak terendah ke tanah 133mm.

    Ia telah disematkan Sub-tank suspension untuk peredaman yang lembut ketika berkendara di berbagai kondisi jalan. Kestabilan motor ini tidak perlu diragukan, karena menggunakan ban berprofil lebar. Ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban itu sudah tubeless.

    Panel meter digital Yamaha Lexi

    Simpulan

    Bicara segmentasi skutik keduanya memang bukan lawan sebanding. Beda kapasitas mesin namun sama-sama sudah dibekali pengereman ABS satu channel. Dari segi harga juga tidak terlampau jauh, hanya selisih ratusan ribu.

    Dari ulasan yang sudah diberikan, mereka sangat cocok untuk dipakai sehari-hari. Dari segi fitur dan kenyamanan sama-sama dimiliki keduanya. Tapi bila diperinci lagi, produk Honda punya mesin lebih bertenaga, remote dengan Anti-Theft Alarm, USB charger, bagasi 18 liter dan punya banyak pilihan warna.

    Sedang skutik Yamaha punya fitur katup variabel (VVA) yang dikenal dapat memaksimalkan performa di berbagai rentang putaran mesin. Karena rem belakang masih tromol, maka dirinya terdapat smart lock untuk membantu pengendara saat berhenti di tanjakan atau turunan. Harganya pun lebih murah. Jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda. (Bgx/Raju)

    Baca juga: Komparasi Mesin Honda Vario 160 vs Yamaha Aerox 155, Siapa yang Lebih Kencang?

    Zenuar Yoga

    Zenuar Yoga

    Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

    Baca Bio Penuh

    Komparasi Honda Vario 160 vs Yamaha Lexi

    Model Motor Honda

    • Honda Vario 125
      Honda Vario 125
    • Honda Scoopy
      Honda Scoopy
    • Honda Beat
      Honda Beat
    • Honda PCX160
      Honda PCX160
    • Honda Vario 160
      Honda Vario 160
    • Honda Beat Street
      Honda Beat Street
    • Honda Stylo 160
      Honda Stylo 160
    • Honda CRF150L
      Honda CRF150L
    • Honda ADV 160
      Honda ADV 160
    • Honda Genio
      Honda Genio
    Harga Motor Honda

    Jangan lewatkan

    Promo Honda Vario 160, DP & Cicilan

    • Vario 160 CBS DP Rp 2,6 Juta Angsuran Rp 1,22 Juta x 35 Bulan Rp 26,64 Juta OTR Lihat Promo
    • Vario 160 ABS DP Rp 2,9 Juta Angsuran Rp 1,35 Juta x 35 Bulan Rp 29,51 Juta OTR Lihat Promo

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature

    Video Motor Honda Vario 160 Terbaru di Oto

    Oto
    • Honda Vario 160 2022 : Performanya Joss Banget | Test Ride
      Honda Vario 160 2022 : Performanya Joss Banget | Test Ride
      27 Apr, 2022 .
    • All New Honda Vario 160 vs All New Yamaha Aerox 155 Connected | OTO Rival
      All New Honda Vario 160 vs All New Yamaha Aerox 155 Connected | OTO Rival
      03 Mar, 2022 .
    • Lawan Yamaha Aerox 155, Seberapa Lengkap? | All New Honda Vario 160 2022 | First Impression
      Lawan Yamaha Aerox 155, Seberapa Lengkap? | All New Honda Vario 160 2022 | First Impression
      09 Feb, 2022 .
    Tonton Video Motor Honda Vario 160

    Bandingkan & Rekomendasi

    Honda Vario 160
    Honda Vario 160
    Rp 26,64 - 29,51 Juta
    Harga Vario 160
    Honda Vario 125
    Honda Vario 125
    Rp 22,55 - 24,45 Juta
    Harga Vario 125
    Honda Scoopy
    Honda Scoopy
    Rp 22,68 Juta
    Harga Scoopy
    Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
    Rp 28,6 Juta
    Harga Satria F150
    Gesits Electric
    Gesits Electric
    Rp 28,7 Juta
    4.67 (3 Ulasan)
    Harga Electric
    Kapasitas 156.9
    124.8
    109.5
    147.3
    -
    Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, 4 Valves, Liquid Cooled, Engine
    4-Step, SOHC, eSP, Liquid Cooling Engine
    Single Cylinder, 4-Stroke, Air-Cooled, SOHC
    4-Stroke, Liquid Cooled, DOHC
    -
    Diameter x langkah 60 mm x 55.5 mm
    52.4 mm x 57.9 mm
    47 mm x 63.1 mm
    -
    -
    Indikator Lampu Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Bandingkan Sekarang

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang
    • Kymco AK 550
      Kymco AK 550
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW C Evolution
      BMW C Evolution
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron T-Rex
      Polytron T-Rex
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Cygnus X
      Yamaha Cygnus X
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron EVO
      Polytron EVO
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Motor Scooter Yang Akan Datang

    Artikel Motor Honda Vario 160 dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature
    • Honda Vario 160 Versi 2024 Dapat Opsi Kelir Anyar
      Honda Vario 160 Versi 2024 Dapat Opsi Kelir Anyar
      Anjar Leksana, 10 Jan, 2024
    • AHM Kembali Segarkan Honda Vario 160 Lewat Striping dan Warna Baru
      AHM Kembali Segarkan Honda Vario 160 Lewat Striping dan Warna Baru
      Anjar Leksana, 03 Agu, 2023
    • Honda Sediakan Vario 160 Repsol Limited Edition Hanya 2.000 Unit! 
      Honda Sediakan Vario 160 Repsol Limited Edition Hanya 2.000 Unit! 
      Anjar Leksana, 20 Jul, 2023
    • Alasan Honda Vario 150 Bekas Layak Diincar
      Alasan Honda Vario 150 Bekas Layak Diincar
      Bangkit Jaya Putra, 05 Mei, 2022
    • Honda Vario 160 Paling Diminati Sepanjang IIMS Hybrid 2022
      Honda Vario 160 Paling Diminati Sepanjang IIMS Hybrid 2022
      Anjar Leksana, 12 Apr, 2022
    • Honda Vario 160: Santai Enak, Ngebut Siap
      Honda Vario 160: Santai Enak, Ngebut Siap
      Zenuar Istanto, 18 Mar, 2022
    • First Ride Honda Vario 160 ABS: Ubahan Penting dan Dibutuhkan
      First Ride Honda Vario 160 ABS: Ubahan Penting dan Dibutuhkan
      Setyo Adi, 07 Feb, 2022
    • Sejarah Perkembangan Honda Vario, dari 110 cc hingga 160 cc
      Sejarah Perkembangan Honda Vario, dari 110 cc hingga 160 cc
      Zenuar Istanto, 08 Mar, 2022

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*