Pilihan EV Banderol Rp1 Miliar Rasa KTT G20, Toyota bZ4X atau Lexus UX 300e

Pilihan EV Banderol Rp1 Miliar Rasa KTT G20, Toyota bZ4X atau Lexus UX 300e

Toyota telah memperkenalkan kendaraan listrik bZ4X di Indonesia. Electric vehicle (EV) perdana Toyota ini ditawarkan dengan banderol Rp1,19 miliar on the road.

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota bZ4X dan Lexus UX 300e

    Saudara elektrik dengan banderol tak jauh berbeda. Keduanya ikut meramaikan KTT G20 di Bali
  • Tentu kehadiran model ini disambut baik. Namun banyak yang membandingkan model bZ4X dengan sang saudara Lexus UX 300 e. Kedua produk yang menjadi official car KTT G20 ini ada di rentang harga yang nyaris serupa dengan Lexus menawarkan produknya di angka Rp1,24 miliar. Lantas apa saja perbedaannya? Kita simak secara singkat.

    bZ4x design

    Dimensi

    All New bZ4X menawarkan dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm dengan jarak sumbu roda sejauh 2.850 mm. Ground clearencenya setinggi 210 mm dengan kaki-kaki berupa pelek model palang berukuran 18 inci. Toyota menggunakan platform khusus untuk kendaraan listrik yakni e-TNGA yang merupkan hasil pengembangan dengan Subaru untuk pengalaman berkendara yang lebih menarik. Soal warna, bZ4X menawarkan pilihan two tone black precious metal, two tone black precious silver, two tone black platinum white pearl mica dan black.

    Beralih ke Lexus UX 300e. EV ini menawarkan panjang 4.495 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.545 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.640 mm dan tinggi ground clearence 140 mm. Lexus UX 300e hadir dengan pilihan yang lebih banyak yakni soniq quartz, platinum silver me, sonic titanium, mercury gray mc, black, graphite black, madder red, amber cs, terrane khaki, blazing carnelian dan celestial blue. Untuk interiornya terdapat pilihan warna cobalt, black, orcher, rich cream dan white ash.

    Lexus UX 300e

    Baca juga: Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, Apakah Sang Raja Tergoyahkan?

    Interior

    Desain interior Toyota bZ4X cukup futuristik meski tidak bisa dibilang out of the box. Warna hitam mendominasi interior dengan sentuhan bahan kulit pada beberapa bagian. Meter cluster dengan layar digital TFT ditempatkan lebih rendah agar pengemudi berkonsentrasi mengemudi selama perjalanan.

    Head unitnya berukuran 12,3 inci dengan beragam fitur, termasuk navigasi dan informasi terkait kendaraan dan status baterai. Sentuhan teknologi hadir lewat sound system JBL 9 speaker. Soal dimensi ruang kabinnya, jarak antara baris pertama dan kedua sekitar 1.000 mm dengan luas bagasi sebesar 452 liter. Toyota menawarkan panoramic roof untuk kesan kabin yang lebih lapang. Di atas kertas, ukuran kabin bZ4X untuk headroom ditawarkan seauh 980 mm untuk baris pertama dan 942 mm di baris kedua. Legroom hadir sejauh 1.069 mm di baris pertama dan 896 mm di baris kedua.

    interior bZ4X

    Soal fitur, Toyota menghadirkan regeneration boost. Ini memungkinkan pengemudi mengoperasikan kendaraan baik untuk berakselerasi maupun perlambatan lewat satu pedal. Model bZ4X ini memiliki generasi terbaru Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Fitur ini terdiri dari pre collision system, lane tracing assist, dynamic radar cruise control automatic high beam dan blind spot monitor. Masih ada fitur safety exit assist, parking support brake, rear cross trafic alert dan rear camera detection serta fitur advance parking yang membantu memarkirkan kendaraan secara otomatis.

    UX 300e menggunakan bentuk desain interior yang sama dengan model-model Lexus lainnya. Sentuhan premium hadir dari jahitan dengan teknik sahiko, bahan semi kulit, head unit 10,3 inci, 13 speaker di seluruh kabin besutan Mark Levinson, serta meter cluster digital. Warnanya interior bisa dipilih yakni cobalt, black, ocher, rich cream dan white ash.

    Lexus UX 300e

    Beberapa fitur menarik di interior antara lain moonroof yang bisa dibuka, paddle shift, cruise control, head up display, mode berkendara ECO Normal dan Sport, AC dual zone, penghangat jok untuk baris pertama dan panoramic view camera. Masih ada fitur Lexus Safety System + yang serupa dengan TSS termasuk diantaranya lande deparuter alert dan blind spot monitoring. Terdapat 10 airbags di seluruh kabin untuk keselamatan penumpang.

    Performa

    Toyota bZ4X hadir dengan varian FWD dengan motor listrik yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Motor tipe AC Synchronous menghasilkan tenaga sebesar 201 tk dengan torsi 266 Nm. Motor ini dipasangkan dengan transmisi e-Axle yang mempu melesatkan kendaraan dari diam ke 100 km per jam dalam waktu 7,5 detik.

    bZ4x belakang

    Di atas kertas, bZ4X mampu menempuh jarak hingga 550 kilometer berdasarkan klaim WLTP. Baterainya menggunakan lithium ion dengan kapasitas 201 Ah. Baterai ini memiliki jumlah sel 96 dengan total voltasenya 355,2 v yang menghasilkan output 71,4 kWh. Soket pengisiannya menggunakan tipe CCS2 dimana dengan arus 150 kW fast charging hanya membutuhkan waktu 30 menit dari kosong sampai 80 persen. Produk kendaraan listrik pertama Toyota ini juga menggunakan teknologi pendinginan baterai cairan, serta memiliki pengamanan dengan sensor yang hadir di tiap modul baterai. Ini untuk mencegah kerusakan merambat ke modul-modul lainnya.

    UX 300e menggunakan permanet magnet motor yang menghasilkan tenaga 201 hp serta torsi 300 Nm yang dipasangkan dengan transmisi triple axes 2 stage reduction. Baterainya menggunakan tipe Li-ion berkapasitas 54,35 kWh dengan arus daya 153 Ah. Soket chargernya menggunakan type 2 untuk AC dan Chademo untuk DC. Soal waktu pengisian untuk AC wall charger sekitar 6,5 jam, untuk soket pengisian rumahan sekitar 24 jam dan untuk DC fast charging dapat terisi hanya dengan 50 menit. Lexus mengklaim model ini dapat menempuh jarak 300 km dengan metode WLTP.

    Lexus UX 300e

    Simpulan

    Secara teknologi, bZ4X menawarkan beragam sentuhan terkini mobil masa depan Toyota. Di lain sisi, Lexus UX 300e hadir dengan sisi premium yang sangat sulit ditolak terutama untuk rentang harga Rp1 miliar ke atas.

    Keduanya memberikan beragam keunggulan. Mulai dari jarak tempuh, sentuhan detil yang menarik sampai fitur dan teknologi. Aman untuk mengatakan target pasar kedua model ini sebenarnya sudah berbeda sejak awal meski tawaran harganya terbilang selisih tipis.

    Keduanya diberikan tawaran garansi delapan tahun untuk kendaraan dan baterai. Serta ada tambahan lima tahun gratis servis dan suku cadang. Kesamaannya, keduanya jelas bukan unit yang tiba dengan pemesanan singkat. Konsumen harus rela menunggu cukup lama jika ingin membawa model ini ke garasinya masing-masing.

    (STA/TOM)

    Baca juga: Duel SUV Dua Mesin, Wuling Almaz Hybrid vs Toyota Corolla Cross Hybrid

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Komparasi Toyota bZ4X vs Lexus UX

    Toyota bZ4X
    • Rp 1,19 Milyar
    Lexus UX
    • Rp 893 Juta - 1,24 Milyar
    bZ4X vs UX

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature