Inilah Pilihan Mobil Compact Berharga Kurang Dari Rp 200 juta

Inilah Pilihan Mobil Compact Berharga Kurang Dari Rp 200 juta

Jika Sebelumnya kami menampilkan artikel tentang mobil-yang layak dipilih dengan budget kurang dari Rp 200 juta, kini kami tampilkan dengan tipe yang lebih spesifik. Menghadapi situasi jalan perkotaan yang penuh kemacetan tentu akan lebih asyik jika mengendarai mobil berukuran kecil. Pabrikan pun sudah cukup lama sadar akan hal itu dan merilis mobil-mobil bergenre City Car.

Berformat bodi compact, mesin hemat bahan bakar, dan ruang kabin yang komposisinya pas untuk penggunaan sehari-hari. Harganya pun terbilang variatif namun tetap dalam kategori terjangkau, untuk merea yang mulai mapan. Berikut kami hadirkan pilihan City Car dari beragam merek, plus dua alternatif mobil lainnya yang bisa dipertimbangkan.

Nissan March

Nissan march ada dua varian

Nissan March sudah lama beredar di dunia. Di Negara lain march dikenal juga dengan nama Nissan Micra. Ia sejatinya bermain di kelas Hatchback 1.5 namun Nissan mengedarkan juga March bermesin 1.2 liter agar mampu bersaing di segmen yang lebih terjangkau. Mesin yang terakhir itu memiliki 3-silinder dan mampu menelurkan daya hingga 79 Ps. Konsumsi bahan bakar dan performanya mungkin bukan yang terbaik, tapi kenyamanan suspensinya hingga fitur cukup menjanjikan. PT Nissan Motor Indonesia menjual March 1.2L dengan harga mulai RP 170,5 juta

Kia Picanto

Kia Picanto standar

Kia Picanto tersedia dalam dua level, Picanto dan Picanto Morning. Keduanya masih di genre City Car, namun dengan aplikasi mesin berbeda. Picanto menggunakan mesin 1.2L sedangkan Morning 1.0L. Komposisi kabin keduanya mirip, hanya berbeda di material dan fitur. Morning dijual dalam satu tipe dengan transmisi manual, yakni Rp 148,5 juta. Sedangkan Picanto dijual mulai Rp 171,65-205,65 juta.

Honda Brio

Honda Brio non LCGC

Sejak diluncurkan perdana di dunia pada 2011, Honda Brio langsung menyita perhatian. Bodinya yang sangat kompak dan komposisi bodi yang unik di bagian buritan membuat Brio bukan sembarang City Car. Handlingnya termasuk yang terbaik di kelasnya apalagi didukung mesin bertenaga namun tetap efisien yakni 1.2L 4-silinder SOHC dengan teknologi i-VTEC. Brio dijual dengan transmisi manual dan otomatis. Untuk transmisi manual harganya sangat terjangkau yakni Rp 118,9 juta- 129,9 juta karena masuk dalam program LCGC dari pemerintah Indonesia. Sementara transmisi otomatis dijual mulai Rp 150,6 juta-158,6 juta. Satu catatan, ruang kabinnya tak seluas kompetitor di kelasnya.

Suzuki Celerio

Suzuki Celerio tampil leluasa

Celerio merupakan model teranyar yang dimasukkan Suzuki ke lini jualnya di Indonesia. Meski bermesin 3-silinder 1.0L yang sama dengan Karimun Wagon R, namun Celerio tidak dimasukkan PT Suzuki Indomobil Sales ke dalam kategori LCGC. Alhasil Suzuki Celerio pun leluasa tampil lebih bergaya dari LCGC, dengan pelek Alloy 14 inci dan interior menawan. Ruang kabinnya memang tidak selapang Splash, City Car lain dari Suzuki. Namun harganya lebih terjangkau. Yakni Rp 154 ,5juta-Rp 166,5 juta. Nah, keunggulan Celerio dibanding City Car lain, ia adalah satu-satunya yang menggunakan Transmisi berbasis puli yakni CVT.

Suzuki Splash

Suzuki Splash lebih lega dari celerio

Jika Anda menginginkan City Car Suzuki yang lebih lapang Splash bisa dilirik. Ruang kabinnya mampu mengakomodir 5 penumpang dengan jok belakang yang bisa dilipat cukup rata agar bagasi bisa diperluas. Tatanan panel dasbor juga simpel, namun tetap fungsional.Mobil ini mengandalkan unit mesin 1.2 L berkode K-12M berteknologi VVT. Hanya ada dua varian Splash yang dijual di Tanah Air, yakni transmisi manual Rp 172 juta dan otomatis Rp 184 juta.

Alternatif Lain Nah, bagi Anda yang mencari alternatif mobil yang memiliki kepraktisan lebih, dalam arti mobil compact dengan dimensi yang lebih besar, namun harga tetap dibawah Rp 200 juta, dua mobil ini bisa diperhitungkan. Kedua mobil ini juga dibekali mesin yang berkapasitas dibawah 1,5 liter.

Toyota Etios Valco

Etios Valco bisa jadi alternatif city car

Toyota Etios Valco adalah satu dari tiga model hatchback yang dijual PT Toyota Astra Motor di Indonesia. Toyota Yaris di kelas hatchback, dan Astra Toyota Agya di segmen LCGC (low cost green car). Toyota Etios menggunakan mesin 4-silinder 16 Valve DOHC berkode 3NR-FE. Unit mesin ini berkapasitas 1.197 cc berdaya maksimum 80 Ps. Sayangnya mobil hanya hadir dengan sistem transmisi manual. Desain interiornya cukup apik dengan kabin yang mampu mengakomodir 5 orang dewasa dengan nyaman. Salah satu keunggulannya, Etios hadir dengan varian full modifikasi ala Tom’s. Harganya mulai Rp 148,6-Rp 175,9 juta.

Daihatsu Sirion

Sirion memiliki dimensi besar

Daihatsu Sirion memang bukan backbone penjualan Daihatsu, karenanya pamornya tak setinggi Xenia ataupun Ayla. Handling Sirion termasuk baik di kelasnya, didukung bodi yang kompak dan banyak varian tentu pilihan Anda menjadi lebih luas. Harganya berkisar Rp 159,825 juta-168,325 juta. Ada dua varian, standard dan Sport. Masing-masing varian tersedia dalam transmisi manual atau otomatis.

Baca Juga:  Toyota C-HR vs Honda HR-V. Pilih Mana?

Foto: Dari Berbagai Sumber

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil