Suzuki Celerio

Rp 155 - 167 juta*
Harga On The Road (OTR)
Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar Suzuki Celerio
0 Shares

Suzuki Celerio Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Bensin
    • MT
      998 cc, Bensin
      Rp 155 juta*
    • CVT
      998 cc, Bensin
      Rp 167 juta*

Iklan

Video Suzuki Celerio

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Celerio

  • Biru

  • Super-black-pearl

  • Star-silver-metallic

  • Snow-white-pearl

Review Suzuki Celerio

Tinjauan Umum

Baik di Indonesia maupun di India, permintaan akan kendaraan hatchback berukuran kompak atau mobil perkotaan sangatlah dominan di pasar otomotif Asia. Tentunya, ketika berbicara mengenai mobil perkotaan, yang terlintas di pikiran kita tidak lain adalah Suzuki Motors, produsen mobil asal jepang. Kita telah menyaksikan berbagai kesuksesan yang diraih oleh pabrikan raksasa ini melalui mobil perkotaan besutannya yang diluncurkan di sejumlah negara yang memiliki tingkat populasi penduduk terpadat, seperti Indonesia, China, India, Vietnam, dan Thailand. Kendaraan besutannya tidak hanya memudahkan pengemudi dalam melakukan di lalu lintas perkotaan yang padat, namun juga lebih irit bahan bakar. Tingkat efisiensi bahan bakar yang besar serta ukurannya yang kompak membuat produk besutan mereka menjadi salah satu pilihan utama bagi konsumen yang berasal dari keluarga kecil dan sering berkendara di lalu lintas yang padat. Tingkat efisiensi bahan bakar merupakan suatu keharusan yang harus dipenuhi oleh pabrikan dewasa ini, mengingat kemacetan kerap terjadi dan mobil dengan transmisi otomatis belum terlalu populer di Indonesia dan India.

Produk terbaru besutan Suzuki Motors di pasar hatchback subkompak adalah Celerio, yang ditujukan untuk mengganti produk sebelumnya, seperti A-Star dan Zen Estillo, yang dimana kedua produk ini telah meraih kesuksesan di pasar otomotif. Dibangun dari kerangka yang serupa, Suzuki Celerio menawarkan ruang interior yang lapang serta desain bodi cerdas nan stylish sehingga mampu mengungguli kompetitornya. Model perdana Celerio diluncurkan pada ajang otomotif Delhi Auto Expo 2014 dan meminjam beberapa bahasa desain dari konsep A-Wind yang sebelumnya pernah diperkenalkan. Melirik ke bagian dapur pacu Celerio, kendaraan ini mengadopsi mesin K-Series berkapasitas 1,0 liter yang menghantarkan performa menakjubkan, meskipun ukurannya tergolong kecil. Mesin ini serupa dengan yang disematkan pada Wagon R, tapi telah disempurnakan  demi menghasilkan performa yang lebih baik. Teknologi injeksi bahan bakar cerdas-nya juga menawarkan tingkat efisiensi yang sangat memadai, sehingga menjadikan Celerio sebagai kompetitor utama di segmen mobil perkotaan. Versi terbaru dari model ini juga mengalami beberapa perubahan minor pada gaya desainnya, termasuk sisipan krom baru di atas lampu utama dan lampu indikator belok yang dipadukan dengan ORVMs. Ukurannya yang kompak serta desain yang cerdas, dan didukung dengan lingkar kemudi yang ringan, menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi konsumen ketika melewati jalanan Indonesia yang super sibuk.

Jarak Tempuh dan Tingkat Efisiensi

Tingkat efisiensi dan lebih irit bahan bakar, merupakan salah satu keunggulan utama dari ahli pembuat mobil asal Jepang, sehingga tidak heran jika pabrikan ternama ini berhasil menguasai pasar India sejak tahun 1980an. Celerio dipersenjatai dengan mesin tipe K10B DOHC yang telah terbukti kebolehannya dalam menawarkan teknologi optimalisasi bahan bakar, sehingga membuat kendaraan mampu mencapai jarak tempuh yang menakjubkan, yakni 23,1 kmpl. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi Celerio dalam bersaing dengan kompetitor lainnya, meskipun mengusung mesin yang berukuran kecil.

Tenaga

Dapur pacu Dapur pacu Suzuki Celerio mengadopsi mesin K10B 12 Katup DOHC yang juga digunakan pada Wagon R dan New Splash. Mesin ini menghasilkan tenaga sekitar 68 bhp @6000 rpm dan letupan torsi sebesar 90 Nm @3500 rpm. Angka ini tergolong cukup memadai untuk kategori mobil perkotaan, namun mungkin sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan kendaraan lain, seperti Honda Brio dan Nissan Micra.

Akselerasi dan Daya Angkut

Jika menganalisis detail spesifikasi yang diusungnya,  dapur pacu Celerio tergolong masih standar. Kendati demikian, mesin yang berukuran kecil itu telah disempurnakan oleh pabrikan agar mampu menembus kecepatan puncak hingga 175 kmpj dengan varian transmisi otomatis. Mesin ini juga mencapai kecepatan 0-100 kmpj dalam rentang waktu 15,5 detik.

Eksterior

Berbicara mengenai gaya desain eksterior Celerio, kendaraan ini mengusung bahasa desain yang kurang lebih sama dengan varian sebelumnya, namun dengan tambahan beberapa perubahan minor, yang membuatnya terlihat lebih segar. Namun, jika anda menganggap bahwa model ini merupakan suksesor dari Estillo, Suzuki Motors tentunya telah menghilangkan segala bagian yang tidak memadai dan memperbaharuinya dengan tampilan yang lebih cerdas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan biarkan status Celerio sebagai mobil kecil membingungkan anda, lantaran model ini mengusung dimensi yang serupa dengan sedan entry-level. Banyak yang berpendapat bahwa desain model ini terlalu biasa, tapi tidak berarti desainnya tidak bagus, melainkan desain sederhana pada Celerio bakal menarik perhatian banyak konsumen. Lampu utama dilengkapi dengan aksen krom serta nuansa sporty ditambahkan pada fasia depan kendaraan ini. Gril hitam juga terlihat cukup stylish dengan piringan krom beserta lambang Suzuki yang disematkan pada bagian tengahnya. Terdapat banyak argumen mengenai ukuran roda yang disematkan, sedangkan dari sisi pabrikan, roda berukuran 14 inci akan membuat mobil ini terlihat lebih besar. Profil samping pada Suzuki Celerio terkesan standar dan terlihat tua. Alto yang terjual di pasar Indonesia, juga dikenal sebagai A-Star. Bagian buritan tampil lebih segar, berkat lampu ekor yang dirancang ulang, serta spoiler yang terlihat cerdas, sehingga meningkatkan nuansa maskulin pada mobil. Bagaimanapun juga, pembeli di Indonesia, pastinya bakal merasa bahwa Celerio lebih baik ketimbang versi pendahulunya, Estilo yang kurang menawan.

Ukuran Eksterior

Panjang Suzuki Celerio secara keseluruhan adalah 3600 mm dengan lebar 1600 mm. Ini berarti konsumen mendapatkan kendaraan dengan ukuran yang memadai, salah satu nilai tambah bagi Suzuki Celerio dalam bersaing dengan kompetitornya. Tingginya 1540 mm, sehingga membuatnya mampu beradaptasi dengan mudah di jalanan yang berlubang ataupun ketika melewati polisi tidur. Kendaraan ini memiliki radius putar sepanjang 4,7 meter, sehingga menawarkan kapabilitas manuver secara maksimal pada area yang sempit.

Interior

Meskipun digolongkan dalam segmen kendaraan berukuran kompak, hal ini tidaklah berlaku jika kita membicarakan sektor interior Celerio. Dibandingkan dengan kendaraan lain yang sejenis seperti Nissan Micra, Datsun Go, dan Honda Brio, interior Celerio tidaklah kecil seperti tampilan eksteriornya. Terdapat ruang yang lapang untuk semua penumpang dan kendaraan dapat dengan mudah mengakomodir 5 penumpang, termasuk pengemudi. Dasbor bertema hitam jet, terlihat stylish dengan garis-garis simetris yang mengalir dari konsol tengah hingga ke bagian depan. Konsol hiburan juga terlihat elok dengan sejumlah tombol dan perangkat, yang membuatnya terlihat lebih berkelas dan ngetren.

Kenyamanan Interior

Dengan interior yang lapang, tentunya tidak ada alasan bagi penumpang untuk tidak merasa nyaman. Sistem AC pada Celerio yang sangat mumpuni, mendinginkan seluruh ruangan kabin dalam beberapa menit. Hadir sebagai mobil kecil, Celerio tentunya tidak memerlukan lagi tambahan ventilasi AC pada bagian depan, lantaran dimensinya yang kompak. Mobil ini juga menggunakan fitur power windows pada jendela depan dan belakang, beserta ventilasi AC yang diposisikan secara cerdas. Secara sekilas, terlihat ada aksen polka dan jok kulit terkesan masih di bawah standard, namun tentunya kualitas material yang digunakan menambahkan nuansa lebih ‘berkelas’ pada kendaraan ini.

Ukuran Interior

Jika anda bandingkan ukuran interior Celerio secara keseluruhan dengan Honda Brio, maka kendaraan ini akan terasa lebih luas. Bagian bagasi memiliki kapasitas hingga 254 liter, yang dapat ditingkatkan dengan cara melipat kursi belakang. Kursi penumpang depan memiliki ruang seluas 173 mm.

Mesin dan Performa

Sayangnya, Suzuki Celerio tetap menggunakan mesin lama yang juga diusung pada Estilo edisi sebelumnya. Kendati demikian, mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis lima kecepatan, yang meningkatkan performa mesin lebih baik dari sebelumnya, serta dapat menembus kecepatan puncak hingga 175 kmpj. Transmisi otomatis ini pada dasarnya sama dengan transmisi manual, namun bedannya, perpindahan gigi dikontrol oleh sistem hidrolik sehingga memungkinkan transisi gigi secara otomatis berdasarkan kecepatan kendaraan.

Stereo dan Aksesoris

Meskipun konsol tengah Celerio tidaklah terlihat mencolok bak kendaraan mewah, namun tetap saja telihat cukup berkelas dengan fungsionalitas yang tinggi. Empat buah speaker disematkan pada pintu, baik untuk penumpang depan maupun belakang dan dikontrol oleh unit audio Dash. Sistem audio ini dapat memutar beragam data audio dari perangkat USB, CD, Radio, dan AUX. Equalizer juga sangat memadai, yang dapat memutar berbagai jenis musik selama perjalanan anda.

Roda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ukuran roda Celerio membuat pembeli sedikit pesimis dengan kapabilitasnya, lantaran berukuran 4 inci dengan 5 dop palang . Ukuran roda yang lebih kecil terlihat aneh jika dibandingkan dengan ukuran bodi kendaraan yang besar. Selain itu, juga tidak tersedia opsi tipe roda yang digunakan, sehingga memberikan ruang bagi kompetitor untuk mengungguli volume penjualan Celerio.

Pengereman dan Pengendalian

Disematkannya fitur ABS dan EBD tentunya telah meningkatkan kualitas keselamatan Celerio, dibandingkan dengan varian India-nya. Sebagai kendaraan yang didukung dengan sistem penggerak roda depan, rem cakram berventilasi yang disematkan pada bagian depannya menawarkan efisiensi pengereman maksimum. Rem drum pada bagian belakang juga memiliki kinerja mumpuni dalam memperlambat laju kendaraan hingga pada posisi diam, dengan dukungan mekanisme ABS. Radius putar yang kecil, yakni 4,7 meter, juga sangat dapat diandalkan untuk melakukan manuver di area yang sempit dan menjadikan kendaraan sangat efisien di lalu lintas yang padat. Roda kemudi yang dapat disesuaikan posisinya, juga terasa sangat ringan ketika dikendalikan untuk melalukan manuver.

Keselamatan dan Keamanan

Ditengah kritik yang panas mengenai rendahnya rating keselamatan Celerio, model 2015 ini telah mendapatkan rating empat dari standar lima bintang oleh Euro NCAP. Meskipun kendaraan ini tidak dilengkapi dengan ABS sebagai fitur standar, kompetitornya juga mengambil langkah yang sama, dimana varian besutan mereka tidak didukung dengan mekanisme ABS aktif. Mobil dengan roda berukuran kecil ini tentunya sangatlah riskan tanpa dukungan fitur ABS, namun bodinya yang kuat dan rem cakram berventilasi tergolong cukup mumpuni dalam meminimalisir resiko tabrakan. Selain itu, sabuk pengaman ELR 3 titik untuk bagian depan dan ELR dua titik untuk penumpang kursi belakang juga dapat diandalkan dalam mengurangi resiko terluka atau bahaya getaran ketika terjadinya tabrakan.

Pro

  • Nyaman dan ruang interior lapang
  • Tingkat efisiensi bahan bakar super menakjubkan
  • Sistem audio sangat bagus

Kontra

  • Tenaga mesin kecil
  • Gaya desain bodi kurang mencolok
  • Ukuran ban kecil

Download Brosur

Download brosur Suzuki Celerio untuk spesifikasi yang lebih detail
Lihat Brosur Suzuki lainnya

Berita Suzuki Celerio

Kehadiran Suzuki Celerio Sudah di Depan Mata 

Dirilis pada | | 260

JAKARTA: Setelah beberapa waktu yang lalu ketangkap kamera sedang melakukan uji jalan di di daerah Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (20/05/2015), kali ini Suzuki Celerio terlihat sedang dinaikan ke truk di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kabarnya, mobil yang berstatus impor utuh ( CBU / Completely Built up ) dari pabrik di Thailand ini  akan dibaw...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Suzuki Pastikan Kehadiran Celerio dan Swift di Pekan Raya Jakarta

Dirilis pada | | 246

JAKARTA: Usai memasarkan varian baru Karimun Wagon R AMS, kini Suzuki berencana akan meluncurkan dua mobil hatchback terbarunya secara bersamaan di Pekan Raya Jakarta (PKR), Kemayoran, Jakarta Pusat pada pekan depan (6/6/2015). Kedua model anyar tersebut adalah Celerio dan Swift facelift. Kebenaran kabar ini dipastikan oleh Wakil Direktur Pelaksana...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Suzuki Celerio Hadirkan Varian Mesin Diesel

Dirilis pada | | 406

 JAKARTA: Kabar terbaru berhembus dari Maruti Suzuki India, yang akan segera menghadirkan Suzuki Celerio berjantung pacu diesel dalam beberapa pekan ke depan. Meskipun Celerio belum secara resmi dirilis di Indonesia (dijadwalkan bulan Juni mendatang), namun hal ini cukup menggembirakan bagi penggemar Suzuki di tanah air. Pasalnya, mesin diesel tera...BACA BERITA SELENGKAPNYA