Oto
jakarta-selatan

5 Fitur yang Seharusnya Daihatsu Xenia 2019 Punya

  • 14 Des, 2018
  • 1616 Kali Dilihat

Rumor kemunculan Xenia anyar makin kencang terdengar. Apalagi penjualan Xenia sepanjang tahun banyak terkoreksi lantaran kompetisi. Maka, model baru pun harus punya taji. Meski banyak konsumen loyal, seharusnya pola konservatif mulai ditanggalkan. Untuk bertarung, Xenia seyogianya punya barang baru: mesin 1,5 liter, tambahan airbag, stability control, lampu LED dan cruise control.


Lima hal itu bisa menjadi senjata bagi Daihatsu untuk merebut konsumen yang dihuni banyak pemain. Meski beberapa keunggulan Xenia yang ada, senantiasa dipertahankan. Nah, untuk lebih detail apa saja yang mesti dimiliki Xenia, kami jabarkan satu-persatu.


eksterior xenia tertinggi


1. Mesin baru


Daihatsu Xenia yang dijual sekarang hanya memiliki jantung pacu 1,3 liter saja. Sempat disediakan mesin bensin 1 liter, namun pilihan itu lantas dihapus agar tak besenggolan dengan Sigra. Menurut kami, inilah saatnya Xenia naik kelas, menawarkan pilihan jantung mekanis 1,5 liter. Dan itu bukan hal yang sulit bagi pabrikan. Mereka tinggal meminjam engine 2NR-FE I4 DOHC EFI Dual VVT-i dari Avanza.


Lewat tambahan mesin, sebetulnya masih linear dengan strategi pabrikan. Ambil contoh ketika Daihatsu memberikan irisan harga yang cukup rapat. Xenia mengantongi 10 varian agar bisa merasuk ke dalam market yang lebih luas. Pilihan mesin baru 1,5 liter bisa menambah lagi jangkauan pada konsumen. Bahkan perusahaan mengaku, langkah bisnis banyak varian itu menjadi jurus jitu dalam berkompetisi.


2. Tambahan Airbag


Betul, tambahan airbag pastilah menambah ongkos produksi dan harga jual produk. Kenapa tidak, Daihatsu menawarkan jumlah airbag lebih. Toh konsumen Indonesia kini mulai mempertimbangkan fitur kemanan pada mobil. Andai Avanza dibekali enam airbag, Xenia minimal harus punya empat. Misalkan dua buah dipasang di baris depan, selebihnya disematkan pada bagian penumpang.


Jumlahnya bisa disesuaikan agar ada diferensiasi antara dua mobil sejuta umat ini. Tambahan fitur bisa meningkatkan selling value Xenia. Soalnya serbuan pabrikan Cina dengan banderol miring dan fitur komplet, tak biasa dianggap enteng. Mungkin kue pasar LMPV yang diambil sekarang tak banyak. Tapi terus menggerus pasar pabrikan Jepang. Jadi, fitur keamanan tambahan buat Xenia mesti dipertimbangkan.


interior xenia r sporty


3. Stability Control


Vehicle Stability Control (VSC) mulai diterapkan pada mobil LMPV. Mobil keluarga seperti varian teratas Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga keluaran terbaru mengantongi teknologi ini, meski dengan sebutan berbeda. Dan hanya duo kembar (Avanza-Xenia) yang belum punya. Fitur ini sangat penting, disisipkan pada mobil keluarga yang membawa banyak penumpang.


Seberapa perlu? VSC berfungsi menjaga putaran roda agar terhindar dari selip, ketika mobil berakselerasi. Gejala itu terjadi lantaran permukaan jalan yang licin, sehingga roda tidak punya daya cengkeram yang cukup.


Untuk mencegah overspin, biasanya sensor terpasang memberi info pada ECU. Selanjutnya ‘otak’ mobil ini segera membatasi tenaga mesin. Caranya pun beragam. Bisa dilakukan dengan mengurangi throttle, suplai bahan bakar atau mematikan salah satu busi.


4. Lampu LED dan DRL


Perkembangan teknologi lampu kendaraan semakin melesat. Saat ini, pencahayaan mobil mulai menggunakan teknologi light-emitting diode (LED). Kelebihannya, jenis ini menjanjikan sinar yang lebih terang dan konsumsi listrik yang rendah. Selain itu, teknologi yang dimilikinya juga diklaim memiliki lifetime yang lebih baik. Maka Xenia baru wajib punya.


Selain melihat manfaat LED, jika penyematan dibarengi Day Running Light (DRL) niscaya dapat meningkatkan ketampanan mobil. Menjadi makin sedap dipandang jika LED ditempatkan pada grille besar, yang sedang digandrungi banyak khalayak.


5. Cruise Control


Tidak berlebihan rasanya jika cruise control dimiliki Xenia. Pasalnya, teknologi ini punya segudang manfaat. Anda tak perlu repot menginjak pedal gas secara konstan saat berseluncur di jalan tol, misalnya. Cruise control bisa membuat mobil terus berjalan dan naik turun kecepatan hanya dioperasikan dengan menekan tombol di lingkar kemudi saja. Fitur ini cocok dibubuhkan pada varian kasta tertinggi.


Selain deretan fitur yang harus ada, salah satu petinggi Daihatsu Indonesia memaparkan, tetap mempertahankan kelebihan Xenia. “Kalaupun ada model baru, keunggulan yang dimiliki Xenia tetap dipertahankan. Misalnya mesin yang irit bahan bakar, kuat, ruang kabin yang lega dan penggerak roda belakang harus ada. Itulah kenapa Daihatsu Xenia tetap digemari masyarakat, meski ada sedikit penurunan karena adanya pemain baru,” terang Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM. (Alx/Odi)


Baca Juga: Suzuki Ertiga Tipe GL, Seberapa Layak Dibeli?

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Xenia
  • Fog lamp depan Xenia
  • Lampu depan Xenia
  • lampu belakang Xenia
  • handle pintu Xenia
  • Tampak belakang Xenia
  • Tampak kanan Daihatsu Xenia
  • Pengendali di pintu sisi pengemudi Xenia
Daihatsu Xenia
Rp186,65 - Rp218 Juta
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Daihatsu Xenia

Lihat video terbaru Daihatsu Xenia untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer