5 Besar Pasar Mobil Penumpang Diesel Dikuasai Mitsubishi Pajero Sport

5 Besar Pasar Mobil Penumpang Diesel Dikuasai Mitsubishi Pajero Sport

Jujur saja, keyakinan kami terhadap mesin diesel sedang agak meluntur setelah kejadian skandal emisi VW, belum lagi ternyata beberapa pabrikan yang mengklaim bahwa mobil diesel mereka memenuhi persyaratan emisi yang ketat, ternyata akhirnya mengakui bahwa ada saat-saat tertentu yang membuat mobil mereka tetap ‘jorok’ soal emisi.

Namun biar bagaimanapun, diesel tetaplah sebuah mesin yang menarik dari segi performa. Dalam arti, mesin ini mampu menghasilkan torsi maksimum yang luar biasa, dalam putaran yang rendah, dan itulah keindahan sesungguhnya sebuah mesin diesel, yang memiliki konsekuensi emisi gas buang yang tinggi.

Namun perkembangan teknologi telah berjalan sedemikian rupa, sehingga emisi mesin diesel sekarang jauh lebih rendah. Hanya saja tuntutan regulasi emisi yang juga semakin ketat, membuat pabrikan kesulitan untuk menyesuaikannya. Walhasil, terjadilah kecurangan-kecurangan tadi.

Tapi itu di luar negeri. Di Indonesia, wacana emisi belum menjadi topik utama meski sudah mulai ada beberapa yang peduli. Bagaimanapun, seperti dikatakan tadi, mobil diesel sekarang sudah lebih ramah lingkungan dibanding sebelumnya. Dan hal itu juga berlaku untuk mobil-mobil diesel yang ada di Indonesia. Nah, berkaitan dengan itu, kami tergelitik untuk melihat siapa sebenarnya penguasa pangsa pasar kendaraan penumpang diesel di Negeri ini.

Berdasarkan data wholesales dari Gaikindo, kami urutkan dari yang paling buncit, mobil-mobil diesel yang paling laris di Indonesia. Semua mobil yang ada di sini tercatat memiliki transmisi otomatis dan ‘sedihnya’, hanya ada dua pabrikan yang berbicara. Berikut daftarnya.

5. Toyota Kijang Innova Q (1.494 unit)

Innova Q varian tertinggi

Bukan sebuah kejutan, kan? Ya, Innova memang kendaraan yang sudah semakin mahal dan mewah dengan kelengkapan fitur yang semakin menarik. Innova Q adalah varian tertinggi di jajaran Kijang. Di dalam kabinnya Anda bisa menemukan apa beragam kelengkapan seperti ambient light berteknologi LED di langit-langit, head unit dengan layar sentuh 8 inchi dengan kemampuan konektivitas internet, HDMI, Bluetooth, voice command, Air Gesture, dan sebagainya. Konfigurasi kursi tengahnya menganut bentuk captain seat sehingga mobil ini terasa lega. Selain itu, tersedia juga meja lipat untuk penumpang baris kedua tersebut.

Di balik kap mesin Anda akan menemukan bongkahan mesin 2GD dengan 4-silinder turbodiesel berkapasitas 2.393 cc, bertenaga mencapai 149 ps, plus tentunya torsi badak 342 Nm yang muncul pada putaran mesin 1.200-2.800 rpm. Khusus untuk tipe Q bermesin diesel ini, Toyota membekalinya dengan velg 17 inchi. Jadi kalau Anda menemukan tipe Q tapi velgnya 16 inchi, itu berarti mesinnya meminum bensin.

4. Toyota Kijang Innova V (1.892 unit)

Innova V varian tengah

Satu lagi Innova diesel yang masuk top 5 mobil diesel menurut data wholesales Gaikindo. Innova V adalah varian tengah, karena itu, fitur yang ada di dalamnya agak mirip dengan tipe Q. Ambient light, head unit layar sentuh yang sama-sama 8-inchi, namun minus beberapa fitur mahal seperti curtain airbag, Hill Assist Control, dan start-stop button untuk menghidupkan mesin.

Kelengkapan lainnya adalah, knee airbag yang memang tersedia di semua tipe Innova, climate control dengan fitur Auto yang juga tersedia di tipe Q. Sementara dari sisi teknis. Sama sekali tidak ada perbedaan baik mesin maupun transmisi.

3. Toyota Kijang Innova G (2.865 unit)

Innova G tetap laris

Mulai membosankan ya? Innova terbaru memang menarik. Bahkan jika biasanya orang Indonesia cenderung memilih varian tengah atau tertinggi, kini Innova tipe terendah malah paling laris. Itu karena banyak yang merasa bahwa Innova kini jauh lebih menarik, bahkan varian terendahnya sekalipun sudah dirasa cukup baik. Antara itu, atau memang tipe-tipe diatasnya terlalu mahal.

Fitur di kabinnya juga patut diacungi jempol. Bahkan terlalu menarik. Contohnya, layar 7 inchi di tengah dashboard selain sebagai pemutar lagu juga berfungsi sebagai alat komunikasi karena sudah memiliki kemampuan koneksi Bluetooth, bahkan lengkap dengan voice command. Laci dengan pendingin adalah fitur standar di semua tipe Innova, termasuk G. Pengaturan kemudi tilt dan telescopic juga standar di semua varian, plus airbag yang sudah termasuk knee airbag. Fitur-fitur seperti inilah yang membuat Innova G seperti memiliki ‘value for money’ yang lebih. Mesin? Sama seperti tipe V dan Q.

2. Toyota All New Fortuner VRZ (2.865 unit)

Fortuner sukses dimana-mana

Seperti disebutkan tadi, ada satu merek yang mendominasi top 5 diesel ini. Dan kini Anda tahu jawabannya bukan? Toyota Fortuner yang melakukan debut dunia pada tahun 2004 lalu memang langsung ‘hits’. Mobil ini adalah jawaban bagi mereka yang menginginkan SUV tujuh penumpang dengan harga terjangkau.

Pada masa itu, SUV besar memang didominasi oleh Toyota Land Cruiser, Mitsubishi Pajero (bukan sport), Nissan Patrol, dan sebagainya. Toyota mengakali hal ini dengan membangun SUV diatas platform ladder frame IMV yang tidak terlalu mahal, tangguh, dan multi fungsi (bisa untuk pickup, SUV, atau MPV). Fortuner pun diterima dengan baik di negara-negara yang menjualnya seperti Indonesia, Thailand, Timur Tengah, dan sebagainya.

Fortuner terbaru juga masih mengandalkan platform IMV generasi terbaru yang juga digunakan oleh Innova dan Hilux. Khusus untuk VRZ, inilah varian Fortuner berpenggerak 4x2 tertinggi (di atasnya ada VRZ 4x4). Tentunya kelengkapannya juga yang teratas. Sebut saja kursi berpengaturan elektrik, layar MID dengan teknologi TFT, paddle shifter, hingga pintu bagasi elektrik. Pendek kata, mobil ini layak menyandang harga Rp Rp 494 juta. Dan karena itu juga ia banyak disukai.

1. All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4.997 unit)

Pajero Sport teratas

Akhirnya ada juga non-Toyota. Inilah jawaban Mitsubishi terhadap dominasi Fortuner. Konsep yang diusungnya juga tidak jauh berbeda yaitu tangguh, bisa dibawa kemana saja, dan sanggup menampung tujuh orang didalamnya.

Untuk generasi terbaru ini, Mitsubishi bahkan melangkah lebih jauh dengan menempelkan beragam inovasi di dalamnya, dimulai dari mesin baru empat silinder berkode 4N15. Mesin turbodiesel berkapasitas 2,4 liter ini mengusung teknologi MIVEC di dalamnya, dan mampu menghasilkan tenaga hingga 181 PS, dan torsi mencapai 430 Nm. Selain itu, untuk pertama kalinya mereka memiliki mobil dengan transmisi otomatis 8-speed.

Di dalamnya, Anda akan menemukan berbagai kelengkapan yang layak membuat Dakar ini varian tertinggi Pajero Sport berpenggerak 4x2. Sebut saja kursi berbungkus kulit, auto AC dual zone, serta head unt berlayar sentuh sebesar 6,5 inchi yang mampu menampilkan audio, video, navigasi, serta konektivitas via bluetooth. Seperti Fortuner VRZ, mobil ini juga dilengkapi dengan tombol start/stop untuk mengaktifkan mesin.

Baca Juga: Ragam Teknologi Peningkat Efisiensi

Foto: Dari Berbagai Sumber

Jelajahi Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport Rp 502,8 - Rp 733,7 Juta Cicilan : Rp 11,47 Juta

Bandingkan & Rekomendasi