jakarta-selatan

Yamaha Lexi Kini Pakai ABS, Harga Naik Rp 2 Jutaan

  • 11 Des, 2018
  • 2080 Kali Dilihat

Yamaha kembali melengkapi lini skutiknya dengan anti-lock braking system (ABS). Kini giliran Lexi, skutik bongsor bermesin 125 cc yang masuk dalam keluarga Maxi Yamaha. Adanya Lexi ABS seolah menjawab pertanyaan masyarakat. Sebab, saat dipasarkannya Yamaha FreeGo, konsumen langsung bereaksi meminta Lexi ikut dilengkapi.



Tapi sayangnya, lahirnya Lexi ABS tak semeriah FreeGo yang meluncur di pameran sepeda motor nasional. Yamaha justru tak menggelar seremoni khusus atau menyediakan informasi resmi sekalipun. Secara tiba-tiba kolom produk di situs resmi Yamaha Indonesia berubah. Varian terbaru Lexi itu terlihat dibanderol Rp 25,8 juta (OTR Jakarta), terpaut Rp 2,8 juta dari versi S biasa dan Rp 5,65 juta dari versi standar. Jika dibandingkan dengan FreeGo versi ABS, selisih harganya Rp 3,3 juta.


Secara spesifikasi, Lexi ABS sama dengan varian S, tetapi diperkuat ABS. Segudang teknologi dimiliki baby NMAX itu, mulai dari variable valve actuation, smart motor generator hingga suspensi jenis tabung berkelir emas.


Sekadar tambahan info, anti-lock braking system (ABS) merupakan fitur keselamatan yang diimbuhkan ke sektor pengereman. Teknologi ini memastikan rem bekerja optimal, sekaligus mencegah ban terkunci akibat penghentian mendadak.


Fitur ABS biasanya banyak ditemukan pada lini motor bermesin besar, khususnya tipe sport. Namun, seiring perkembangan, skutik yang punya kontribusi pasar paling besar di Indonesia itu mulai ikutan. Tujuannya, selain meningkatkan keselamatan berkendara, juga memberi nilai lebih bagi masyarakat. Yamaha NMAX pun menjadi pelopor penggunaan ABS di segmen skutik. Kehadirannya sebuah era baru bagi, khususnya yang bermesin kecil. Tren ini pun mulai diikuti pabrikan lain.


Sebenarnya, penggunaan ABS di Indonesia belum diwajibkan. Berbeda dengan Eropa, aturannya sudah ditetapkan sejak 2016, bahkan mencakup motor bermesin 125 cc. Begitu pula Jepang dan India, belum lama ini memberlakukan peraturan yang sama mulai 2018. Sedangkan pemerintah Indonesia saat ini masih mengkajinya, lantaran penetapan regulasi yang mengharuskan penggunaan ABS tak bisa serta merta dilakukan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari dampaknya bila dipakai melewati jalan kurang baik, hingga kenaikan harga jual motor bila dipasangi ABS.


Walau begitu, pabrikan motor di Indonesia tetap membenamkan fitur sederhana tapi penting itu. Bahkan ke skutik bermesin lebih kecil. Ya, semua itu dimulai saat Yamaha meluncurkan FreeGo. FreeGo menjadi skutik 125 cc pertama yang punya ABS. Banderolnya pun dibuat kompetitif Rp 22,5 juta. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Mau Beli Yamaha FreeGo, Ini Besaran Pajak dan Biaya Servisnya

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Yamaha Lexi

Lihat video terbaru Yamaha Lexi untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi