Spesifikasi Lengkap Qooder, Unggulnya Bukan Cuma Empat Roda!

  • Qooder design
  • qooder rear design
  • qooder indonesia
  • bagasi qooder

Pasar skuter premium tambah variatif dengan kemunculan Qooder. Skuter roda empat pertama di Indonesia. Produk asal Swiss ini, diboyong ke Tanah Air oleh PT Gforce Republik. Keunggulan yang ditawarkan, teknologi suspensi yang dinamai HTS (Hydraulic Tilting System). Bagaimana spesifikasi lengkap motor roda empat yang dijual Rp 357 juta?

Qooder

Keunggulan skuter roda empat Qooder ada pada sistem suspensi, yang berbeda dari sepeda motor pada umumnya. Dibekali peredam kejut bernama HTS (Hydraulic Tilting System) untuk mengawal keempat rodanya. Menggunakan sistem pneumatik. Memanfaatkan udara terkompresi, yang dikumpulkan dalam tabung untuk menghasilkan efek gerakan mekanis. Suspensi model ini memiliki reliabilitas tinggi, karena dapat berumur panjang dan budget perawatan yang rendah. Selain itu, karena sifat gas yang tahan tekanan, maka tidak mudah rusak akibat beban kejut.

Setiap roda dipasangkan 1 tabung. Sistemnya berjalan secara independen. Tidak menggunakan per seperti layaknya sepeda motor, dan kerjanya digantikan dengan udara. Masing-masing ada valve, jadi bisa dipompa. Jelas memudahkan penggunanya, karena tidak membutuhkan kunci khusus. Ada 1 tube high pressure di tengah, setelan pabriknya memberi tekanan 100 psi. Lalu tabung yang menempel di setiap roda itu low pressure. Nantinya bisa disetel sesuai bobot pengendara.

Bisa meredam guncangan ketika motor dihadapkan dengan lintasan berbatu. Contohnya saat berjalan melewati jalan rusak, maka sistem suspensi bergerak ke atas dan membuat roda pada pegas yang panjang menjadi pendek. Jadi, saat kondisi sedang berjalan, maka skuter tidak ikut terangkat ke atas. Jika keadaan salah satu sisi suspensi berbeda dengan ukuran panjang ataupun pendek, maka skuter tetap pada posisi yang rata tanpa adanya kemiringan. Bisa dibilang, seperti mobil rock crawling.

Memakai roda ukuran 14 inci dibalut ban ukuran 110/80, depan maupun belakang. Setiap rodanya dimodali cakram berukuran 240 mm. Sayangnya, belum ada sensor ABS, baik di depan maupun belakang. Cakramnya unik, karena bentuknya seperti gir motor. Bagian luarnya bergerigi, berfungsi sebagai stoper. Karena ada rem tangan. Jadi saat rem tangan diaktifkan, dekat kaliper rem ada kunci keluar dan menahan motor agar tidak maju ataupun mundur.

Mesinnya SOHC 399 cc silinder tunggal, empat langkah, empat katup, berpendingin cairan. Tenaga maksimal Qooder 32,5 hp di putaran 7.000 rpm, serta torsi maksimum 38,5 Nm per 5.000 rpm. Dayanya disalurkan ke roda belakang melalui transimisi CVT, dengan dua belt berbahan carbon. Tidak ada diferensial antara kedua roda belakangnya dan bergerak secara bersamaan. Di tengah antara dua roda belakang ada knalpot, di atasnya ada tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter.

Badannya gambot, layaknya skuter premium. Ada banyak tarikan garis-garis tajam di sekujur tubuh. Bagian depannya terlihat mewah dan futuristik. Diwujudkan dengan bodi yang meruncing ke bawah. Windshieldnya lebar, namun sayang belum adjustable.

Kemudian ada lampu model ganda. Di dalamnya ada projector untuk lampu dekat, dan halogen untuk lampu jauhnya. Lampu belakang dan sein sudah LED. Dilengkapi juga dengan hazard. Sebagai motor standar Eropa, dia punya mata kucing di setiap sisinya. Spatbornya model terpisah dari bodi.

Qooder

Qooder punya dimensi besar. Panjang 2.200 mm, tinggi kursi 780 mm, wheelbase 1.580 mm. Enaknya, pengemudi dibuat nyaman karena ada sandaran kecil sebatas pinggang. Sudut kemudinya hanya 35 derajat. Jika ingin belok, harus ambil posisi sedikit jauh. Tentunya menyulitkan saat dibawa ke jalur perkotaan yang tingkat kemacetannya tinggi.

Kaki dapat menapak dengan sempurna di dek yang rata. Tapi tidak bisa untuk selonjoran. Di sisi kanan ada pedal rem belakang. Joknya tandem, namun bagian belakang bisa dibuka. Dalamnya ada sebuah bagasi yang mampu menampung helm full ukuran kecil. Bedanya dari motor lain, bagasi bisa dibuka kalau motor dalam keadaan on. Sistem itu memudahkan pengendara saat ingin mengambil barang tanpa harus mematikan mesin motor, dan tanpa harus turun dari motor juga. Di samping jok kanan, ada tuas hand brake. Dipakai saat motor dalam keadaan terparkir.

Spidometer kombinasi analog dan digital. Untuk bagian analog, kecepatan dan takometer serta suhu mesin. Sementara digitalnya diisi dengan odometer, tripmeter A dan B, jam, suhu sekitar, dan fuel meter. Di setiap sisinya terdapat beberapa indikator. Kiri ada check engine, lampu dekat - jauh, indikator hazard. Kanannya fuel rest, accu, sistem pengunci HTS, parking brake, indikator baterai saat penggunanya mengisi ulang daya smartphnoe.

Tombol di stang seperti biasa: kiri ada passing lamp, lampu dekat dan jauh, sein, klakson. Di kanannya hanya ada tiga tombol: engine cut off, hazard dan starter. Terdapat empat setelan tuas rem tangan, belakang maupun depan. Bagian dasbor tersedia tuas untuk mengunci sistem suspensi. Kanannya ada ruang untuk menyimpan barang berdimensi kecil. Di bawahnya ada ruang untuk mengisi daya ulang baterai gawai berupa USB Port 12V.

Anak kunci masih konvensional. Handbrake hanya bisa diaktifkan ketika anak kunci diputar ke kiri. Untuk membuka bagasi, putar ke kanan. Terbuka secara otomatis karena terpasang dua teleskpoik, yang sekaligus untuk menahan. Dalamnya ada lampu dan ada soket output 12V. Mengisi bahan bakar juga harus membuka bagasi belakang.

Qooder tersedia dalam lima pilihan warna: hitam, merah, silver, biru dan putih. Bagi yang ingin memboyongnya, bisa langsung sambangi diler Qooder yang berlokasi di Jl. Lebak Bulus 1 No. 62, Jakarta Selatan. (Bgx/Van)

Baca Juga: Kalah Saing, Viar Cross X 200 ES Disuntik Mati

Jelajahi Qooder Qooder

Model Motor Qooder

  • Qooder Qooder
    Qooder Qooder
Motor Qooder

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Qooder Qooder Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Qooder Qooder

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang