• Wishlist

Pakai Winglet Seperti MotoGP, Honda CBR1000RR Terbaru Meluncur Bulan Depan?

Versi gres Honda CBR1000RR Fireblade dikabarkan mengaspal bulan depan. Dari informasi yang beredar, motor sport 1000 cc itu, mendapat ubahan yang signifikan. Mulai dari desain hingga ke mesinnya.


Honda CBR1000RR


Kabar itu mulai tersiar dari panggung kejuaraan World Superbike (WSBK). Pembalap Alvaro Bautista yang sudah bergabung dengan tim HRC, kabarnya menggunakan motor baru untuk musim depan. Kredibilitas informasi itu, menguat setelah foto superbike dari Honda beredar luas di twitter. Dalam foto itu, terlihat tim pabrikan asal Jepang sedang menjalani tes. Tampaknya ditunggangi oleh pembalap tes MotoGP Honda, Stefan Bradl. Itu terlihat pada angka 69 di bagian punggung rider. Meski wujud motor masih dibalut stiker kamuflase, banyak yang beranggapan itu Honda CBR1000RR Fireblade versi 2020.


Terdapat ubahan dari desainnya. Versi terbaru diprediksi mendapat ubahan di bagian fairingnya. Dilansir dari Motorival, motor itu disebut punya winglet atau aero fairing di bagian side fairingnya. Aero fairing berfungsi mengalirkan udara lebih baik, dari depan hingga ke belakang. Selain itu, mengaplikasikan winglet di bagian depan, bisa menghasilkan downforce yang baik untuk traksi ban depan. Desainnya pun digadang mirip dengan winglet di motor balap Honda yang berlaga di MotoGP, RC213V. Sebelumnya, penambahan sisi aerodinamika untuk motor produksi massal, sudah dilakukan oleh beberapa pabrikan besar. Sebut saja Ducati, Aprilia dan Yamaha.


Posisi air intake ditempatkan di fairing depan, tepatnya ada di antara dua headlamp. Jalur masuk udara mirip seperti punya Yamaha R1 atau Kawasaki Ninja ZX-10R. Suspensi juga disinyalir berubah, menggunakan peredam kejut lansiran Ohlins. Untuk sistem penghenti laju, masih bertahan dengan rem 4 piston dari merek Brembo. Rangkanya sama dengan model sebelumnya, diamond aluminium composite twin-spar yang ringan dan kompak. Sasis ini biasa digunakan pada motor balap Honda di MotoGP.


Honda CBR1000RR


Mesin 4-silindernya diindikasi menjadi paling kuat di pasaran. Besar kemungkinan bisa mencapai 202 hp. Padahal model sebelumnya hanya 189 hp. Tujuan Honda jelas, ubahan mesin itu untuk memenangkan kejuaraan WorldSBK. Paket elektronik juga mendapat penyesuaian, tentunya berjalan seiring dengan tenaga mesin yang besar.


Awalnya, CBR1000RR diprediksi meluncur di Tokyo Motor Show 2019. Sayangnya, saat tim OTO bertandang ke Jepang, Honda CBR1000RR tidak ada. Bisa dipastikan, superbike ini mendebut di pameran sepeda motor EICMA, Milan, November.


Sumber photo: motorcyclenews, Motorival


Baca Juga: Ini yang Bikin Kawasaki Ninja ZX-25R Menarik

Jelajahi Honda CBR1000RR

Honda CBR1000RR Rp 623,74 - Rp 715,19 Juta Cicilan : Rp 14,23 Juta

Bandingkan & Rekomendasi