Ini Yang Bikin Kawasaki Versys-X 250 Tourer Berbeda

Diterbitkan Pada November 30, 2016 Oleh Brian Gomgom Di Oto

Ini Yang Bikin Kawasaki Versys-X 250 Tourer Berbeda

Tangerang Selatan – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sepertinya ingin membuat sesuatu yang berbeda dengan produk terbarunya. Ya, model adventure bike 250 cc yang diluncurkan hari ini (30/11), memiliki dua varian. Meskipun mengenakan basis standar tetapi penampilan Versys-X 250 Tourer berasa lebih maskulin. Pasalnya, geng ijo telah memposisikan motor terbaru ini sebagai kasta tertinggi, sehingga tidak salah jika disematkan 'treatment' khusus untuk mendopleng penampilan dan aspek fungsionalnya.

Menurut pengamatan kami terdapat 7 item pembeda yang tidak dimiliki Versys-X 250 standar. Apa sajakah peranti yang dimaksud tersebut?

Engine Guards Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Pertama yakni engine guard, aksesoris ini berfungsi untuk melindungi bodi motor dan tertanam di fairing samping dengan balutan warna hitam. Selain itu, item tersebut juga berperan sebagai mounting penerangan tambahan.

Fog Lamp Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Berikutnya ialah foglamp atau lampu kabut. Fitur penerangan tambahan ini berfungsi memberikan cahaya tambahan saat berkendara. Kawasaki mengatakan teknologi yang diusungnya sudah LED dengan pendaran bernuansa putih. Apabila ingin mengaktifkannya, bisa melalui tombol on-off terletak di sebelah kanan speedometer.

Kawasaki Versys-X 250 Tourer Bisa Charger

Masih dari area instrumen cluster, pada sisi kiri, tertanam power outlet berbentuk lingkaran yang memiliki tegangan 12 Volt. “Dengan ini pengendara bisa untuk mengisi ulang baterai handphone atau untuk perangkat GPS.” ujar Aliong, Section Head Sales Marketing KMI.

Hand Guards Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Kemudian, bergeser sedikit ke atas, pada tepi stang lebar tersemat hand guards atau pelindung tangan dengan warna hitam. Memang biasanya, aksesoris ini menjadi peranti wajib untuk motor bergenre adventure. Tugasnya yakni melindungi tangan dari benturan, lontaran batu atau kerikil dan mencegah tuas kopling atau rem patah saat motor terjatuh.

Center Stand Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Agar memudahkan saat akses memasukkan barang ke side box atau ketika parkir dalam posisi tegak, KMI melengkapi Versys-X 250 tourer dengan center stand. “Fitur ini hanya ada versi Tourer saja dan tipe satunya lagi hanya mengenakan standar samping,” imbuhnya.

Side Box Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Berpindah ke urusan akomodasi, jika pengendara ingin melalukan perjalanan jauh dan membawa serta barang bawaan, dapat meletakannya di panniers. Wujudnya berupa kotak penyimpanan yang berada pada area samping belakang. Untuk menjamin keamanannya, boks tersebut ditambahkan dengan pengunci.

Kawasaki Versys-X 250 ABS

Yang terakhir ialah pendukung keselamatan berkendara. Dibandingkan dengan edisi standar, piringan cakram yang menempel roda depan dan belakang Versys-X 250 Tourer ditambahkan dengan Anti-lock Braking System (ABS). Tidak tanggung-tanggung, Kawasaki menggandeng brand komponen otomotif asal Jerman, Bosch untuk menyajikan modul ABS.

Harga Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Di luar dari deretan aksesoris tadi, satu hal yang juga menjadi keistimewaan tersendiri untuk edisi Tourer yaitu pilihan kelir bodi orange. “Warnanya berbeda, orange ini lebih atraktif ketika dipakai berpetualang. Kalau yang standar itu, selain ada hijau yang khas Kawasaki, terdapat juga warna abu-abu,” ungkapnya.

Melihat dari penggunaan aksesoris resmi Kawasaki yang banyak tadi, tidak heran bila label harga OTR Versys-X 250 Tourer senilai Rp 72,7 Juta atau lebih tinggi Rp 10,8 Juta daripada versi standarnya.

Baca Juga : Kawasaki Versys-X 250, Perintis Adventure Bike Bermesin Sedang

Kawasaki Versys 650

Kawasaki Versys 650

kmpl
649 cc
Kursi
ABS
 
 

Iklan

motor Sejenis

Berlangganan Buletin