Kawasaki Versys-X 250, Perintis Adventure Bike Bermesin Sedang

Diterbitkan Pada November 30, 2016 Oleh Brian Gomgom Di Oto

Kawasaki Versys-X 250, Perintis Adventure Bike Bermesin Sedang

Tangerang Selatan – Berbeda dengan brand motor asal Jepang lainnya, Kawasaki malahan merintis segmen baru yang belum pernah ada di Tanah Air. Ya, Versys-X 250 merupakan adventure bike dengan mesin seperempat liter dan telah diperkenalkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) hari ini (30/11). Selain mengusung 'genus' yang baru, rupanya line up ini juga dibekali dengan tampilan motor besar dan fitur yang tergolong modern.

Seperti yang dipaparkan oleh Aliong, selaku Section Head Sales Marketing KMI, Versys terbaru ini telah mengaplikasikan fitur Assist & Slipper Clutch yang mencegah ban belakang terkunci dan membantu dalam perpindahan gigi yang smooth dan Dual Throtlle Valve yang mengoptimalkan asupan udara di ruang bakar serta Heat Managament System.

“Teknologi Heat Management System untuk mengurangi panas mesin ke kita ketika jalan jauh. Sehingga berkendara menjadi lebih nyaman,” terangnya.

Tanki BBM Kawasaki Versys-X 250 17 Liter

Berkenaan dengan desain bodi Versys-X 250, walaupun menggendong volume kubikasi terpaut jauh dari sang kakak yang bervolume 650 dan 1000 cc, namun penampilannya menyerupai motor gede. Hal tersebut terjadi berkat penggunaan dimensi windshield yang melebar, ukuran roda yang besar yakni berukuran 19 inci di depan dan 17 inci di belakang, konsep tangki BBM yang tinggi, riding position tegak, 'fascia' yang berisi dan juga lampu rem modern.

Suspensi Monoshock Kawasaki Versys-X 250

Oh iya, mengenai konstruksinya, Versys-X series ini berdiri di atas rangka backbone baru dan ditopang oleh sistem peredam kejut yang memiliki kompetensi jarak travel tinggi, suspensi monoshock dan velg berukuran belang serta pemakaian si 'karet bundar' keluaran IRC Trail Winner, dimana sisi depan dibalut ukuran 100/90-19 sedangkan belakang 130/80-17.

“Frame tersebut sangat kokoh untuk menghadapi guncangan dan dapat melintasi jalanan beraspal ataupun berbatu. Selain itu sanggup menopang beban pengendara dan penumpang serta kuat untuk menahan bagasi di belakang,”paparnya.

Jok Kawasaki Versys-X 250

Beralih ke fasilitas Versys-X 250, mengingat kodratnya sebagai motor untuk menjelajah dua alam, maka konsep jok dibuat menyatu antara pengendara dan penumpang. Selain itu, ketinggian tempat duduk belakangnya diracik setinggi rear carrier sehingga memberikan kenyamanan lebih kepada boncengers saat jalan jauh dan melewati kontur jalan yang 'bumpy' atau bebatuan.

Speedometer Kawasaki Versys-X 250

Lalu, pada instrumen cluster mengusung gaya analog pada putaran mesin dan digital di speedometer. Selain itu, dari area tersebut, pengendara dapat mengetahui posisi gigi, indikator bensin, temperatur mesin, penunjuk waktu, sampai dengan konsumsi bahan bakar dengan satuan kilometer per liter.

Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Nah, KMI sendiri menghadirkan dua varian Versys-X 250. Yaitu kasta tertinggi atau Tourer dan standar. “Perbedaan keduanya ada di aksesoris. Pada tourer sudah dilengkapi dengan full aksesoris seperti konektor Output 12V, engine guards, lampu kabut LED, panniers, handguard, center stand plus Anti-lock Brake System (ABS),” imbuhnya.

Perlu ditambahkan, motor terbaru Kawasaki ini berasal dari fasilitas produksi di negara Thailand dan turut dijelaskan bila pasar domestik hanya meniagakan varian Versys 250 cc.”Produk ini masih impor dari Thailand dan mengapa tidak ada yang 300 cc? karena kena PpnBM yang lebih mahal sebesar 5%, oleh karena itu dapat membuat harganya menjadi lebih tinggi,” terang Aliong kepada kami di sela-sela acara.

Karena  berstatus pionir di segmen adventure bike 250 cc, maka line-up terbaru geng ijo ini belum memiliki pesaing. Pasalnya, di perhelatan EICMA 2016 di Milan kemarin, Suzuki telah merilis V-strom 250 yang akan jelas akan menjelma sebagai pesaing sepadannya.

Baca Juga : Kawasaki Versys-X 250 Diperkenalkan, Harga Mulai Rp 61,9 Juta

Kawasaki Versys 650

Kawasaki Versys 650

kmpl
649 cc
Kursi
ABS
 
 

Iklan

motor Sejenis

Berlangganan Buletin