jakarta-selatan

Honda Siapkan Motor Adventure 150 cc?

  • 04 Agt, 2017
  • 3321 Kali Dilihat

Perkembangan industri otomotif di Cina, biasanya tak bisa dijadikan patokan. Berbeda dengan pasar Eropa atau Amerika, ada potensi kendaraan di sana diluncurkan juga di tanah air. Namun melihat penetrasi merek-merek ini ke Indonesia, rasanya tak mustahil jika salah satu motor yang meluncur di sana, juga akan dirilis di Indonesia.


Seperti motor Honda ini. Model ini baru sebatas tampilan desain yang dipatenkan Wuyang-Honda, Agen Pemegang Merek (APM) merek lambang sayap di Cina. Namun dari reka imajinya saja, sudah terlihat proporsi motor adventure.


baby honda adventure bike


Menurut laman Visordown, motor ini mengambil basis dari CB190R. Untuk diketahui, CB190R merupakan spesies motor naked sport dengan mesin 1-silinder 184 cc air-cooled. Di Indonesia mungkin kita tidak mengenal CB190R, namun ada CB150R. konsep keduanya kurang lebih sama, hanya berbeda mesin.


Kembali ke desain di atas, sebenarnya Honda Cina pun sudah mempunyai motor adventure berbasis CB190R, namanya CBF190X dan sudah dijual sejak November tahun lalu. Namun dari segi tampilan, antara CBF dan desain terbaru nyatanya cukup berbeda.


Misalnya saja pada konstruksi knalpot. Pada desain anyar, terlihat leher header tidak menggantung ke bagian bawah, yang memberi imbas positif pada peningkatan ground clearance. Fork depan juga tidak menggunakan up side down suspension, melainkan skema right way up. Selain itu, desain bodi pun jauh berbeda.




[caption id="attachment_8322" align="alignnone" width="650"] Honda CBF190X[/caption]

Visordown mengeluarkan hipotesa, saking besarnya pasar di Cina, mungkin saja Honda berani menyiapkan dua produk adventure berbagi basis. Asumsi itu memang cukup berdasar, mengingat populasi pengguna motor amat besar. Apalagi jika ternyata mesin yang digunakan motor Adventure baru nanti lebih kecil atau lebih besar dari 190 cc? sungguh memungkinkan. Lihat saja bagaimana penetrasi motor naked bike bermesin 125cc, 150 cc dan 200 cc.


Memang Cina cukup beruntung memiliki industri otomotif yang sangat berkembang. Apalagi portfolio produknya pun sangat beragam. Jika berkaca pada Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) masih menaruh perhatian yang kecil pada motor jenis ini.


AHM hanya mempunyai dua produk motor adventure, itu pun di segmen yang cukup atas. CRF1000L Africa Twin dan CB500X. Jikapun ada yang lebih kecil, geometrinya sedikit berbeda, CRF250 Rally. Sungguh disayangkan jika AHM tidak meluncurkan motor dari Cina di atas. Pabrikan Jepang lain sudah mulai menggarap kuda besi petualang. Misalnya saja Yamaha dengan MT-09 tracer, atau Suzuki yang sekadar menambahkan variasi pada baby GSX menjadi GSX-S150 Touring Edition. (Van)


Sumber : Visordown


Baca Juga : Motor Baru Apa Saja yang Dibawa Honda ke GIIAS?

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda CB500X

Lihat video terbaru Honda CB500X untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi