• Wishlist

Eisenberg V8, Motor Brutal Gabungan Dua Suzuki Hayabusa

Suzuki Hayabusa sudah lebih dari cukup untuk memacu adrenalin. Tapi Zef Eisenberg, sang bintang pemecah rekor kecepatan - juga dikenal sebagai bos produk suplemen tubuh - belum merasa puas. Dua mesin Hayabusa ia satukan untuk mencipta motor super-kencang bertajuk Eisenberg V8.


Eisenberg V8


Penggabungan dua mesin Suzuki terbuas menghasilkan jantung pacu 3,0 liter berdaya 480 hp. Angka yang mengerikan untuk sebuah motor dengan bobot hanya 290 kg. Bahkan jarak poros roda tergolong ringkas, 1.650 mm saja. Berpadu dengan transmisi Quaife 6-speed, diklaim sanggup berlari hingga 362 kpj. Kami tak bisa bayangkan sebesar apa raungan suaranya saat dipacu maksimal.


Ya, kami tahu, konsep dan prototipe motor V8 sudah ada sejak dulu. Namun seringkali hanya berupa unit tunggal, atau barang pamer saja. Bahkan bentuknya kadang terlihat seperti gigantisme. Tak normal untuk digunakan di jalan raya. Zef, dengan mesin yang ia juluki RPE (Radical Performance Engine), meracik sedemikian rupa agar bisa diaplikasikan pada bentuk motor konvensional.


"Saya tahu ini bukan yang pertama. Tapi saya membuat sesuatu yang lebih proporsional. Yang benar-benar tampak selayaknya sepeda motor. Dan terciptalah mesin RPE ini," kata Zef kepada Motorcycle News.


Bungkusan rangka teralis serta panel-panel bodi, semuanya terlihat normal. Motor ini memang dibuat untuk dijual massal. Lantas perangkatnya pun disesuaikan dengan kebutuhan jalan raya. ECU Motec, misalnya. Difungsikan juga untuk mengatur mode berkendara. Tenaga dapat direduksi jika sedang berlaga di aspal licin. Sebaliknya, saat membutuhkan tenaga besar, ia siap mempertajam karakter putaran gas.


Pendinginan mesin pun dipikirkan baik-baik. Mengandalkan dua buah radiator besar. Satu di depan, yang berfungsi saat melaju kencang. Sementara satunya di kolong untuk menjaga suhu, ketika lalu lintas sedang padat. Mereka bekerjasama dengan ProDrive untuk melakukan Computational Fluid Dynamics (CFD) dan analisa aliran cairan serta udara di sekitar mesin


Karena diposisikan sebagai motor eksklusif, Zef tak tanggung memasang barang-barang merek papan atas. Sepasang roda besar itu, dihiasi pelek karbon BST. Ya, seperti yang kita tahu, mereka merupakan produsen pelek terkenal dari Afrika Selatan. Berikutnya knalpot keramik, dipesan khusus dari pabrik Akrapovic.


Eisenberg V8


Lantas mengenai penahan laju, juga tak sembarangan. Terpasang dua cakram Brembo di depan, dengan apitan enam piston. Sementara pengereman belakang ditugaskan ke satu disc brake berkaliper empat piston. Tapi jujur, gurat desain tak menampakkan ia punya karakter. Justru terlihat biasa saja. Satu-satunya yang mencolok ialah delapan header yang keluar dari blok mesin.


Diperkirakan, tahun depan motor ini mulai mengaspal. Meskipun belum ditetapkan, harga estimasnya sekitar £ 150.000 atau Rp 2,76 miliar. Mahal.


Sumber: Motorcycle News, RideApart


Baca Juga: First Ride Royal Enfield Himalayan Part-1