• Wishlist

ABS Bakal Diwajibkan Untuk Motor di Indonesia

ABS Bakal Diwajibkan Untuk Motor di Indonesia

JAKARTA: Fakta mengenai kenaikan angka kecelakaan dalam beberapa waktu belakangan, khususnya yang terjadi pada pengendara roda dua, telah menginisiasi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia untuk mewajibkan perangkat ABS (sistem Pengereman Anti-Terkunci) sebagai fitur standar dalam motor mendatang di Indonesia. Menurut lansiran berita, ada sejumlah lebih dari 70 kecelakaan tercatat setiap harinya di Indonesia, dan kebanyakan dialami oleh pengendara roda-dua.


Chairman Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Gunadi Shindhuwinata, menyatakan dalam pidatonya bahwa penyematan ABS dalam setiap motor pastinya akan membantu pencegahan kecelakaan jalan raya yang terjadi pada motor. Meskipun demikian, beliau juga melaporkan bahwa 40% dari jumlah keseluruhan kecelakaan yang terjadi di negeri ini juga melibatkan pengendara yang tidak memiliki izin mengemudi, hal lain yang juga penting untuk disorot.


Beliau menambahkan bahwa ABS merupakan tren masa depan dan sarana bagi kendaraan karena teknologi berharga tersebut tentunya akan membantu menghindari masalah. Membekali motor dengan teknologi tersebut juga memang akan berdampak pada harga motor, namun dalam jangka panjang pasti akan lebih berguna. Sedangkan untuk masalah harga, beliau menambahkan bahwa setelah beberapa waktu asosiasi akan memperhitungkan skema harga dengan pabrikan motor di Indonesia agar dapat menetralisir kenaikan harga motor. Meskipun ABS dapat membantu mencegah kecelakaan, namun stres utama dalam mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan tentunya juga berkaitan dengan perlengkapan saat mengendarai motor, seperti helm, jaket dan sepatu.


Produsen motor pun tak ketinggalan dan turut berkontribusi dengan memperkenalkan motor mereka beserta ABS yang tersemat, salah satu contohnya adalah KTM, yang dianggap telah menjejali ABS dalam motor level pemula 125cc. Sebelumnya, hanya motor premium yang dibekali fitur tersebut, namun kini dengan meningkatnya kepadatan lalu lintas dan angka kecelakaan di seluruh negeri, adanya ABS bakal menjadi fitur wajib, sesuai ketentuan AISI.


Baca Juga: Skuter Listrik Gesits Meluncur di Indonesia

Jelajahi KTM RC 390

KTM RC 390 Rp 104,9 Juta Cicilan : Rp 2,39 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store