Toyota Corolla Terbaru Akan Menggunakan Mesin BMW

Diterbitkan Pada Desember 27, 2016 Oleh Indra Alfarisy untuk Toyota Corolla Altis di Oto

Kerjasama pabrikan BMW dan Toyota sepertinya akan berlanjut hingga ke Toyota Corolla. Sekedar mengingatkan, pada Desember 2011 lalu, BMW dan Toyota menandatangani kerjasama untuk mengembangkan sederet teknologi ramah lingkungan, termasuk mesin.


Nah, salah satu klausul di dalam perjanjian kerjasama tersebut adalah BMW menyediakan mesin 1,6 dan 2.0 liter turbodiesel untuk Toyota Motor Europe (TME). Pada tahun 2014, klausul tersebut mulai dilaksanakan. Toyota Verso dan Avensis di Eropa adalah yang pertama menerima mesin tersebut, dan kini sepertinya penggunaan mesin BMW akan meluas hingga ke Toyota Corolla generasi terbaru, seperti dikutip dari Indianautosblog.


Meskipun belum jelas mesin mana yang akan digunakan, namun sepertinya penggunaan jantung mekanis tersebut dibatasi hanya untuk Corolla varian tertinggi. Mesinnya pun masih dirahasiakan akan menggunakan yang mana, namun kemungkinan besar memiliki kapasitas dan kemampuan yang sama dengan dua mesin yang disebutkan diatas tadi.


Corolla versi Eropa


Toyota Corolla sendiri yang kini beredar adalah generasi ke-11. Generasi terbarunya nanti akan memanfaatkan TNGA (Toyota New Global Architecture), yang sekarang digunakan oleh Toyota C-HR dan Prius. Khusus Corolla, sub varian TNGA yang digunakan adalah TNA-C, sama seperti yang digunakan oleh Camry generasi terbaru. Generasi terkini itu dikabarkan sedang dalam pengembangan, dan besar kemungkinan baru akan muncul menjelang akhir 2017 yang akan datang.


Dengan menggunakan platform ini, Corolla generasi 12 akan menjadi lebih besar dengan handling yang lebih baik dibanding sebelumnya, tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Dari sisi keselamatan, body Corolla akan menjadi 60 persen lebih kokoh, dan dilengkapi dengan sederet fitur keselamatan canggih.


Pilihan jantung mekanis yang akan mentenagainya terdiri dari mesin bensin 1,5 liter, 1,5 liter hybrid, 1,2 liter turbocharged (dari keluarga mesin NR, kemungkinan akan dibuat di Karawang), dan mesin 1,8 liter dual VVT-i yang sudah lebih dulu dikenal. Sedangkan untuk varian diesel, akan menggunakan mesin BMW tadi.


Toyota Corolla terbaru tersebut akan dibuat di beberapa pabrik Toyota di dunia seperti Amerika Serikat, Mexico, dan Thailand. Pabrik yang terkahir itulah yang biasanya, produknya akan beredar di Indonesia


Baca Juga: Toyota tetap jualan Etios

Iklan

Similar Cars

Berlangganan Buletin