jakarta-selatan

Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio, Pilih Nyaman atau Sporty?

  • 30 Mei, 2018
  • 32378 Kali Dilihat


Honda Mobilio selalu menjadi pertimbangan konsumen yang ingin membeli Low MPV. Tentunya, juga menjadi lawan sepadan bagi All New Suzuki Ertiga. Model Ertiga terdahulu memiliki keunggulan dari sisi kenyamanan berkendara dibandingkan Mobilio. Nah, sektor ini mengalami peningkatan di generasi baru, termasuk beberapa fitur dan akomodasi kabin.


Apakah mampu mengalahkan Mobilio yang sudah memasuki usia sangat matang? Agar seimbang, kami sandingkan Suzuki Ertiga GX ESP sebagai varian tertinggi, melawan Honda Mobilio RS yang juga trim teratas. Keduanya sudah dilengkapi fitur keselamatan kontrol stabilitas yang sangat vital kegunaannya.


Desain dan Dimensi


desain mobilio


Desain Honda selalu kental unsur sport. Permainan garis tajam dan tegas ada di setiap model Honda saat ini. Tak terkecuali Mobilio yang terlihat agresif walau berwujud MPV 7-seater. Lebih kental lagi tipe RS ini. Tambahan body kit dan rear spoiler, membuatnya tak perlu lagi modifikasi wajah bila ingin terlihat sporty dan keren.


Sementara Ertiga, lebih menekankan kesan elegan. Wajah model terbaru malah mengundang kontroversi, karena banyak kemiripan dengan mobil lain. Bila disesuaikan selera dasar banyak orang, Mobilio lebih mudah diterima.


Fisiknya lebih besar Ertiga hampir di segala penjuru. Namun kabin masih sedikit lebih luas Mobilio. Karena jok di seluruh baris dibuat tipis agar tidak memakan banyak tempat. Bodi Mobilio yang juga lebih banyak membuat bagasi masih lebih lega dalam keadaan kursi baris ketiga terbuka. Menurut kami, Mobilio lebih mencirikan sedan station wagon yang berbodi panjang dengan tambahan kursi baris ketiga. Paling terasa dari posisi duduknya yang rendah. Sedangkan Ertiga lebih ke arah MPV murni yang terasa roomy serta akomodatif.


Fitur


fitur ertiga lawan mobilio


Perbedaan harga keduanya mencapai Rp 8 juta, lebih mahal Mobilio. Bila menjabarkan seluruh fitur yang dipunyai, Ertiga memberi value lebih tinggi daripada Mobilio RS. Keunggulannya antara lain: lampu utama proyektor, tombol start/stop engine, ventilasi AC di cup holder depan dan power outlet untuk penumpang baris kedua. Ertiga GX juga tersedia seat height adjuster untuk mencari posisi mengemudi paling ideal.


Fitur Mobilio RS tidak ada yang istimewa. Dasbor terlihat lebih modern berkat tombol AC dan panel digitalnya. Plus headunit monitor sudah ditambahkan kamera parkir sebagai standar. Soal fitur keselamatan, keduanya berimbang. Karena sudah dilengkapi kontrol stabilitas dan Hill Start Assist (HSA)/Hill Hold Control (HHC).


Performa dan Pengendaraan



Belum ada LMPV yang mampu menandingi performa mesin Mobilio. Sampai saat ini, masih memimpin di kelasnya dengan tenaga sebesar 118 PS dan torsi 145 Nm. Tidak hanya kencang, tapi juga irit. Perpaduannya dengan transmisi manual 5-speed atau CVT.


Ertiga masih kalah walau sudah mengalami peningkatan dari mesin sebelumnya. Kapasitas mesin meningkat seiring pertambahan tenaga dan juga torsi. Kurva tenaganya jauh lebih merata dan torsi sudah terasa di putaran rendah. Dibandingkan Ertiga lama, jelas lebih responsif Ertiga baru. Tapi transmisi otomatisnya masih konvensional 4-speed.


Mengenai rasa berkendara, kedua mobil ini menawarkan karakter sangat berbeda. Mobilio tipikal Honda yang keras, kaku dan tidak nyaman, tapi enak diajak berlari kencang dan meliuk-liuk cepat di tikungan. Sementara Ertiga juga banyak peningkatan yang dihasilkan dari platform baru bernama HEARTECT. Model sasis yang lebih sederhana mampu menambah rigiditas sekaligus kestabilan. Lebih nyaman berkat peredaman suspensi mantap, tidak sekasar Mobilio.


Kesimpulan



Mobilio RS cocok bagi Anda yang berjiwa muda, sebab tampilan dan karakter pengendaraannya sangatlah sporty. Mobil ini cocok bagi orang yang doyan mengemudi sendiri karena level “fun to drive” yang ditawarkan. Nilai plus lain, mampu membawa serta seluruh keluarga tanpa kesempitan. Fitur keselamatannya lebih menonjol dari fitur pemanja.


Melihat harga, Ertiga tipe GX ESP layak dibeli dengan value for money lebih tinggi dari Mobilio. Meski ada pengurangan fitur dari Ertiga lama, terkompensasi pada peningkatan performa dan kualitas berkendara. Semakin enak dikendarai dari segi kenyamanan dan bantingan suspensi. Secara keseluruhan, Ertiga menarik untuk dipilih. (Odi)


Baca Juga: Komparasi Suzuki Ertiga vs Mitsubishi Xpander 

Komparasi Mobilio vs Ertiga

Honda Mobilio
Rp194 - Rp248 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Suzuki Ertiga
Rp196 - Rp251,5 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Mobilio vs Ertiga
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi