Konsumsi BBM Honda Mobilio Capai 25,4 Km/Liter

Konsumsi BBM Honda Mobilio Capai 25,4 Km/Liter
Gambar
Review Pengguna

PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar event bertajuk Mobilio Battle of Efficiency. Acara yang diselenggarakan akhir pekan lalu ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat konsumsi bahan bakar produk small MPV Honda itu. Sebanyak 10 peserta dari komunitas MOI (Honda Mobilio Indonesia) chapter Jakarta dan Bogor, serta calon konsumen ikut serta dalam kontes ini.

Adapun rute yang dipilih mulai dari kantor pusat HPM di kawasan Sunter, Jakarta Utara hingga Jungleland, Sentul, Bogor. Hasilnya, Mobilio yang dikendarai Yogi Sagita mencatatkan tingkat konsumsi BBM paling irit. Dengan perjalanan sejauh 61 km, Yogi mencatatkan tingkat konsumsi bahan bakar 25,4 km/liter.

Selain Yogi, pemenang Mobilio Battle of Efficiency lainnya yakni Bambang Tri Ascario dengan catatan konsumsi bahan bakar 24,2 km/liter dan Thomas Neda Alexander di peringkat ketiga dengan 24 km/liter. Sedangkan untuk kategori calon konsumen, Antonius Raditiyo Iswahyudi berhasil meraih juara pertama dengan konsumsi bahan bakar 22,7 km/liter, Ade Irawan berada di posisi kedua dengan 22,3 km/liter, diikuti Ida Bagus Putu Indra di posisi ketiga dengan konsumsi bahan bakar 21,3 km/liter.

mobilio RS

Lomba hemat bahan bakar yang diselenggarakan akhir pekan lalu, merupakan seri kedua. Sebelumnya pada seri pertama, rekor konsumsi bahan bakar yang dikonsumsi 24,1 km/liter yang diraih Indra Rizky dari komunitas Mobilio Community (Mobility).

Dalam lomba ini, peserta ditantang untuk mencapai konsumsi bahan bakar terbaik, menggunakan Honda Mobilio dalam kondisi yang standar dan waktu perjalanan selama 90 menit. Penentuan pemenang dilakukan dengan melihat rata-rata konsumsi bahan bakar pada layar MID (Multi Information Display) masing-masing mobil. Sedangkan untuk Mobilio sendiri, memang bisa dikatakan sebagai produk low MPV yang hemat bahan bakar.

Mobil ini menggunakan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission), membuat penyaluran tenaga menjadi lebih mulus tanpa entakan karena tak ada perpindahan gigi. Tidak hanya itu, penggunaan transmisi CVT juga memungkinkan tidak ada tenaga yang terbuang saat terjadi perpindahan gigi. Hal ini yang membuat Mobilio diklaim Honda hemat bahan bakar.

Meski hemat, tapi performa Mobilio tak usah diragukan. Pasalnya Mobilio merupakan small MPV dengan mesin yang paling bertenaga di kelasnya. Mobilio dipasarkan Honda dengan menggunakan sumber tenaga 1.5L i-VTEC SOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengungkapkan, acara yang digelarnya ini merupakan lomba hemat bahan bakar. Dengan alasan itu, para peserta bebas menggunakan strategi dalam gaya berkendara yang sehemat mungkin selama mobil dalam kondisi standar dan tidak melanggar peraturan lalu lintas.

"Dari banyak seri yang telah kami lakukan, gaya berkendara yang halus dan efisien serta didukung performa mesin yang hemat sekaligus bertenaga menjadi faktor utama untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang baik. Kami harap rekor baru di seri ini dapat memacu peserta di seri selanjutnya untuk meraih hasil yang lebih baik lagi," papar Jonfis dalam keterangan persnya pada oto.com hari ini, Senin (15/1). (Dir/Odi)

Baca Juga: Membandingkan Daihatsu Xenia dengan Honda Mobilio

Jelajahi Honda Mobilio

Honda Mobilio Rp 197,6 - Rp 250 Juta Cicilan : Rp 4,51 Juta

Bandingkan & Rekomendasi