Spesifikasinya Menarik, Begini Data Brosur Toyota Raize

Spesifikasinya Menarik, Begini Data Brosur Toyota Raize

Besok Toyota Raize meluncur resmi di Indonesia. Mobil terbaru dari brand kenamaan ini menyita perhatian lantaran klasifikasinya yang unik dikemas dalam harga yang menarik. Sebelum peluncuran, spesifikasinya kian menyeruak ke permukaan. Hasil foto dari lembaran yang diduga brosur resmi, diterima meja redaksi kami. Menarik menelusuri apa saja yang dimiliki SUV (Sporty Utility Vehicle) berdimensi ringkas pengisi segmen di bawah Rush/Terios ini.

Mulai dari spesifikasi mesin, varian, aksesoris, fitur, sampai teknologi canggih disediakan oleh Toyota untuk Raize. Cuma satu hal yang belum terungkap di brosur ini, yaitu harga jual Toyota Raize. Yang pasti, Raize dan Rocky akan membuat segmen yang sudah dihuni Nissan Magnite dan Kia Sonet ini semakin ramai pilihan dan menarik. Mari kita bedah apa saja yang tertera di dalam brosur!

Toyota Raize

Seperti pernah diulas sebelumnya, duo SUV kompak ini akan mendapatkan dua opsi varian mesin. Pertama adalah 1,0 liter turbo dan 1,2 liter naturally aspirated, yang sama-sama berkonfigurasi tiga silinder. Dari pilihan mesinnya, tampak bahwa Raize lebih dikembangkan menjadi SUV necis untuk berkeliling ‘hutan beton’, bukannya medan off road berat.

Untuk mesin 1,0 liter turbo dengan kode 1KR-VET, memiliki teknologi DOHC dan Dual VVT-i, yang menyimpan tenaga 98 ps (96 hp) dan torsi 14,3 kgm (140 Nm). Dengan rasio kompresi 9,5:1, mesin ini diberikan opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Berbeda dengan mesin 1,2 liter, teknonlogi yang diusung adalah DOHC dan hanya VVT-i untuk unit berkode WA-VE ini. Namun output yang dihasilkan lebih tinggi, yaitu tenaga 88 ps (86 hp) dan torsinya 11,5 kgm (112 Nm). Opsi transmisi pun sama, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Brosur Toyota Raize

Untuk sebuah SUV yang ditaksir akan dibanderol tidak sampai Rp 280 juta, rangkaian fitur yang akan disediakan terbilang sangat lengkap. Mulai dari fitur pendukung kenyamanan sampai dengan pendukung keselamatan. Begitu juga untuk fitur di luar maupun dalam kabin.

Dari luar, Raize sudah mendapat lampu utama LED yang dilengkapi dengan DRL, serta lampu sein sequential untuk mempercantik tampilannya. Spion luar sudah bisa dilipat secara elektris alias Auto Retractable Mirror, yang warnanya mengikuti warna sekunder seandainya memilih opsi warna two tone.

Sebelum masuk kabin, akses bisa dinikmati via Smart Entry yang kemudian dilanjutkan Push Start Button untuk mengaktifkan mesin dengan praktis. Di dalam kabin terpasang layar infotainment 9 inci dan 8 inci, tergantung pilihan varian. Namun tidak disebutkan ragam fungsi dan konektivitas yang tersedia untuk sistem infotainment. Aura digital juga ditampilkan lewat meter cluster 7 inci TFT yang interaktif dan atraktif.

Pengemudi dengan transmisi otomatis CVT akan dimanjakan dengan adanya paddle-shifter di balik setir, untuk berikan sensasi perindahan gigi artifisial. Untuk rasakan performa maksimal, akan terpasang tombol Power Mode di setir untuk versi transmisi CVT juga.

Brosur Toyota Raize

Bicara soal keselamatan, Raize akan dibekali dengan 6 unit airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) with Blind Spot Monitor (BSM) sebagai standarnya. Tidak hanya itu, ada kemasan teknologi Safety Sense juga yang menaungi fitur Lane Departure Asisst with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, dan Front Departure Alert.

Secara total, Toyota Raize akan ditawarkan dalam enam pilihan varian. Yang menarik, akan ada varian Raize GR Sport jika melihat pada halaman pembagian spesifikasinya. Raize GR Sport akan ditawarkan sebagai varian puncak, bersama dengan varian 1.2 G dan 1.0T G. Dibandingkan dua varian lain, Raize GR Sport akan punya opsi transmisi yang berbeda.

Varian 1.2G dan 1.0T G masing-masing akan mendapat opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Sedangkan GR Sport yang berpenampilan sporty akan tidak mendapat opsi transmisi manual, tapi diberikan opsi transmisi otomatis CVT dan CV TSS. Yang menjadi keistimewaan dari varian Raize GR Sport CVT TSS adalah kelengkapan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang dijabarkan sebelumnya.

toyota raize

Tipe GR Sport akan punya tampilan sporty dan agresif, mendapat sentuhan body kit add-on GR Sport seperti di lip spoiler, side skirt, dan lip rear bumper. Di bagian samping juga akan diberikan stiker khas varian sporty Toyota, serta handle pintu dengan warna chrome. Velg alloy 17 inci berwarna hitam akan menjadi identitas yang disertai emblem GR Sport di sejumlah titik.

Toyota Raize GR Sport akan lebih atraktif jika dipilih dengan varian warna two tone, yang dipadukan dengan atap berwarna hitam. Secara keseluruhan akan tersedia 12 pilihan warna eksterior, terbagi dari 5 opsi two tone (hanya untuk 1.0T) dan 7 opsi one tone. Raize GR Sport sendiri hanya tersedia dengan mesin 1.0T, jadi lebih banyak mendapat opsi warna.

Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan Raize dan Rocky di hari yang sama, yaitu hari Jumat tanggal 30 April 2021 mendatang. Dan dari peluncuran itu, kita akan tahu lebih lengkap lagi spesifikasi resmi Raize dan Rocky untuk pasar Indonesia. Salah satu hal yang paling menarik adalah mengetahui berapa banderol harga yang akan dipasang oleh Toyota. Sejauh ini, prediksi dan bocoran menyebut harga Toyota Raize tidak akan lebih dari Rp 280 juta, dengan varian 1.0T menjadi yang lebih mahal. (WH/RS/VAN)

Mesin 1,0 L dan 1,2 Bukan Pakai Mesin Sigra dan Calya

Duo kembar identik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky segera meluncur di Indonesia, 30 April 2021 besok. Kalau melihat data spesifikasi dari produk global. Kedua merek menggunakan perangkat enjin sama. Pakai jantung mekanis 1,0 liter turbo. Namun ada yang spesial bagi market sini. Pabrikan membawa varian mesin 1,2 liter naturally aspirated. Banyak khalayak mengira, ia menggunakan mesin dari Daihatsu Sigra, berkonfigurasi empat silinder. Ternyata sesuai prediksi OTO.com ia malah pakai pemacu berbeda.

toyota raize

Bocoran banyak berseliweran dari brosur di jagad maya atau jejaring sosial. Enjin non-turbo bervolume 1,2 liter pakai mesin tiga silinder. Ini yang benar-benar baru, belum pernah digunakan di lini produk lain di Indonesia. Tarian piston ganjil itu sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm dan momen puntir maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Ada pula girboks manual lima percepatan.

Jika varian itu dirasa kurang bertenaga. Pabrikan menawarkan Raize dan Rocky dengan mekanikal pacu 1KR-VET berkonfigurasi 1,0 liter tiga silinder segaris, 12 valve. Berjenis DOHC plus dorongan turbo. Mesin menenggak bensin dengan sistem penyemprotan injeksi ke ruang bakar. Tenaga dihasilkan mencapai 98 PS pada 6.000 rpm. Kemudian torsi puncak 140 Nm, tersedia mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Seluruh enjin mengantongi sertifikat Euro 4.

Nah, penggunaan transmisi D-CVT merupakan pertama kali di kendaraan Toyota. Penyaluran ini menambahkan gigi terpisah di penggerak sabuk CVT yang ada. Lalu menggunakan penggerak sabuk dan roda gigi pada kecepatan tinggi guna meningkatkan efisiensi transmisi. Rentang rasio roda gigi juga telah diperluas untuk memberikan akselerasi bertenaga juga mulus pada kecepatan rendah. Turut diklaim pula memberi efisiensi bahan bakar serta kesenyapan di kecepatan tinggi.

Kalau di Negeri Matahari Terbit, output itu disalurkan ke roda depan (FWD) atau keempat roda (4WD). Khusus bagi pasar Indonesia, hanya tersedia FWD saja. Mengacu dari data global, penggerak depan dapat mencapai 18,6 km/liter dalam siklus tes WLTC. Sementara model penggerak semua roda mencapai 17,4 km/liter. Terbilang irit di kelasnya. Kediuanya pun begitu digandrungi di Jepang. Ada sejumlah poin utama yang melambungkan popularitas.

Ia merupakan kompak SUV dengan gaya kontemporer. Toyota Raize memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 185 mm. Sementara Daihatsu Rocky punya dimensi mirip. Ukurannya ringkas, sangat cocok bagi mobilitas kaum urban. Menurut Toyota, ruang bagasi Raize luas dan punya penyimpanan utilitas baik. SUV kompak ini menawarkan kapasitas bagasi 369 liter. Kursi belakang juga dapat dilipat agar menambah ruang kargo. Sehingga memungkinkan barang bawaan besar atau panjang untuk dimuat. Selain itu, turut dibilang, bisa menghasilkan ruang interior sangat nyaman.

Untuk sistem redaman, Raize – Rocky pakai Struts MacPherson sebagai suspensi depan. Sedangkan Torsion Beams digunakan guna penyangga roda belakang. Racikan in telah dikembangkan dengan formulasi baru. Bentuknya dioptimalkan, pengurangan bobot dan posisi sudut penopang diperbarui. Klaim pabrikan, rekayasa ini memberikan pengendaraan stabil dengan minimal guncangan. Bahkan cepat menetralkan getaran atau benturan apapun dari permukaan jalan dilindas.

Baca juga: Toyota Sumringah, Berkat Keringanan PPnBM Pemesanan Rush dan Avanza Melonjak

Daihatsu Rocky

Fitur

Varian tertinggi (Raize GR Sport) mengantongi teknologi keselamatan mutakhir. Ia dilengkapi fitur keselamatan Smart Assist terbaru. Termasuk Crash Avoidance Braking Function, yang mampu mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki. Kemudian Erroneous Start Prevention Function with braking control. Berfungsi sebagai pencegahan kesalahan menekan pedal gas dan rem, maju serta mundur. Tersedia pula Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking. Anda bisa melesat sendiri, tanpa injak pedal dan bisa menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Lanjut ada Rear Cross Traffic Allert, Blind Spot Monitoring, Lane Departure Assist with Steering Assist, plus 6 airbags.

Saat visual keduanya dipandang, saling mencirikan masing-masing merek. Raize mengenakan grille trapesium besar disemprot cat hitam. Sudut kedua sisi mengotak, berpadu tonjolan bumper depan. Fog lamp bulat ditemani lampu strip LED di atasnya. Dalam gambar bocoran, semua fender dilapis plastik gelap, sambung dengan side skrit di seluruh tubuh. Sementara Daihatsu Rocky menggunakan kisi-kisi segi enam di atas.

Impresi sosok crossover begitu kuat. Penerapan spion dan atap mengambang serbahitam diberikan, demi mendapat karakter menonjol. Di bawahnya, pelek dual tone lima palang dipasang mempermanis tampilan. Daihatsu Rocky mengusung pelek alloy 17 inci dibalut ban 195/60 R17. Setidaknya Raize punya kemiripan ukuran. Peralatan interior dapat mencakup sisipan aksen perak, monitor layar sentuh mengambang dan ventilasi AC trapesium. Kedua produk diproduksi secara lokal di fasilitas milik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat.

Adapun tingkat local purchase (pembelian lokal komponen) mencapai 70 persen. Sehingga mereka juga mendapat potongan PPnBM dari pemerintah. Korelasinya lagi, dengan besaran harga jual on the road Jakarta bisa semakin murah. Untuk banderol, diprediksi sekitar Rp 200 jutaan. Untuk detail info dan data komparasi, tunggu sampai peluncuran resmi. OTO.com menyajikan itu semua.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Mobil Listrik Toyota BZ4X Concept

Jelajahi Toyota Raize

  • Tampak Depan Bawah Toyota Raize
  • Tampak samping Raize
  • Tampak belakang serong Raize
  • Tampak Depan Toyota Raize
  • Tampak belakang Raize
  • Tampak Grille Raize
  • Fog lamp depan Raize
  • Lampu depan Raize
Toyota Raize
Rp 219,9 - Rp 263,7 Juta Cicilan : Rp 5,02 Juta

Model Mobil Toyota

  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Alphard
    Toyota Alphard
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Yaris
    Toyota Yaris
  • Toyota Avanza Veloz
    Toyota Avanza Veloz
  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
  • Toyota Land Cruiser
    Toyota Land Cruiser
  • Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross
  • Toyota Sienta
    Toyota Sienta
  • Toyota Camry
    Toyota Camry
  • Toyota 86
    Toyota 86
  • Toyota CHR Hybrid
    Toyota CHR Hybrid
  • Toyota Vios
    Toyota Vios
  • Toyota Vellfire
    Toyota Vellfire
  • Toyota GR Supra
    Toyota GR Supra
  • Toyota Camry Hybrid
    Toyota Camry Hybrid
  • Toyota CHR
    Toyota CHR
  • Toyota Voxy
    Toyota Voxy
  • Toyota Corolla Altis
    Toyota Corolla Altis
Mobil Toyota

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Toyota Raize Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Toyota Raize

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang