Sepanjang Januari 2021 Honda Brio Kembali Pimpin Pasar LCGC

Sepanjang Januari 2021 Honda Brio Kembali Pimpin Pasar LCGC
Gambar
Review Pengguna

Honda Brio selalu jadi primadona khalayak. Tahun lalu ia menjadi kendaraan dengan penjualan terbanyak nasional mengalahkan Low MPV yang selama ini selalu berada di tahta tertinggi. Untuk pemasaran sepanjang Januari 2021 pun masih menunjukkan performa apik. Khusus varian Satya terjual 2.758 unit dan memimpin segmen LCGC. Adapun penguasaan pangsa pasar mencapai 28 persen. Sementara Brio RS (non-LCGC) mencatatkan penjualan sebanyak 942 unit. Lalu dengan market share di kelas city car hingga 81 persen.

Walau begitu total pemasaran Honda Prospect Motor masih kalah dari torehan tahun lalu. Hal ini bisa dipahami karena pandemi Covid-19 belum juga usai. Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan secara tradisional penjualan otomotif pada Januari memang cenderung turun. Itu bila dibanding penjualan pada akhir tahun sebelumnya. Terutama saat pasar otomotif pada awal 2021 masih belum stabil akibat kondisi ekonomi secara umum.

"Meskipun demikian, penjualan Honda masih sesuai dengan target. Dan kami masih dapat mempertahankan pangsa pasar sama dengan tahun lalu. Untuk terus mendorong penjualan. Kami akan melakukan penyegaran produk pada pertengahan Februari ini. Kemudian menawarkan program penjualan yang meringankan konsumen dalam melakukan pembelian,” ucap Yusak Billy dalam laporan bulanan (16/2).

Nah, kalau diakumulasi, kedua model Brio memberi kontribusi 52 persen dari keseluruhan penjualan Honda Prospect Motor sepanjang Januari 2021. Lalu model yang lain memberikan sumbangan signifikan yakni HR-V 1,5 liter. Ia terjual sebanyak 1.418 unit, dengan pangsa pasar sebesar 16 persen di kompak SUV. Sementara itu, HR-V 1,8 liter hanya laku 142 unit.

Selanjutnya, Honda CR-V mencatat raihan sebanyak 565 unit. Dan diprediksi model facelift sang SUV segera dikenalkan ke khalayak Tanah Air dalam pekan ini. Kemudian di lahan Low MPV keluarga, Mobilio terjual 563 unit diikuti Jazz sebanyak 349 unit, LSUV Honda BR-V sejumlah 131 unit. Civic hatchback sebanyak 108 unit dan Odyssey hanya tersalur delapan unit saja.

Kalau menengok segmen sedan memang tak terlalu besar. Honda Civic meraih penjualan sebesar 47 unit, Accord sebanyak 19 unit, diikuti City sedan 17 unit. Lantas model pamungkas, Civic Type R yang menjadi model performa terjual sebanyak satu unit. Sepanjang bulan pertama 2021, mereka merekam perolehan total 7.068 unit.

Baca juga: Honda CR-V Facelift Siap Dikenalkan di Indonesia, Berapa Harganya?

Honda CR-V

Honda CR-V

Promo

Untuk menggairahkan pasar. Honda pun memberikan program penjualan kepada konsumen periode Januari – Maret 2021. Bertajuk Sehat Bersama Honda, Anda bisa mendapat benefit tambahan hanya dengan menunjukkan foto saat berolahraga di akun media sosial. Bagi pembelian Mobilio, BR-V, HR-V dan CR-V. Pelanggan langsung mendapatkan voucher Sport Utilities hingga Rp 7 juta.

Pada periode yang sama, konsumen juga mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun). Itu khusus berlaku untuk unit seperti Mobilio, BR-V, Jazz dan CR-V. Khusus untuk konsumen loyalis, akademis dan pekerja medis yang melakukan pembelian Brio & HR-V. Juga diberi bonus berupa gratis biaya perawatan berkala sama.

Lalu bagi setiap pembelian Brio, Mobilio, BR-V, Accord, Odyssey, Civic Turbo, Civic Hatchback RS serta City. Maka memperoleh Honda Healthy Package. Pembeli mendapatkan penawaran menarik hingga Rp 10 juta. Ini berlaku bagi pembelian secara online maupun langsung di diler resmi Honda.

Tersedia juga special leasing program berupa bunga 0 persen selama satu tahun. Honda juga memberikan kemudahan kepada perusahaan. Atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian. Maka memperoleh Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta. Syarat dan ketentuan berlaku. (Alx/Raju)

Baca juga:  Honda Siapkan 23 Dealer dengan Fasilitas Uji Emisi Gratis, Ini Lokasinya