Model Baru Morris Garage HS Meluncur Besok, Begini Spesifikasinya

Model Baru Morris Garage HS Meluncur Besok, Begini Spesifikasinya
Gambar
Review Pengguna

Awal tahun, Morris Garage (MG) masuk Indonesia dengan mengenalkan model perdana ZS. Selang lima bulan kemudian, merek asal Britania Raya yang kini dikelola pabrikan otomotif Cina, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC); bersiap menambah model baru. Adalah HS, mobil menyasar segmen SUV yang diluncurkan Kamis besok (13/08). MG kembali menyasar segmen sama. Mengingat pasarnya terus berkembang di Tanah Air. Sebuah strategi untuk menarik minat konsumen, lantaran merek baru.

HS yang dibawa telah disesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dikatakan Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, ada beberapa komponen terpasang berbeda dengan model yang dipasarkan di luar. Namun jantung utama, handling, performa dan safety dipertahankan layaknya desain global.

Menurut informasi yang tim Oto dapat, varian tersaji bakal mengikuti model pertama MG. Ada dua, Excite sebagai opsi bawah dan Ignite yang tertinggi. Dapur pacunya berspesifikasi empat silinder tersokong turbo punya kubikasi 1,5 liter. Semburan output tertinggi mencapai 162 PS yang keluar di 5.600 rpm. Torsinya pun kompetitif sebesar 250 Nm yang menyeruak sejak 1.700 rpm hingga 4.400 rpm. Seluruh energi disalurkan ke roda lewat transmisi Twin Clutch Sportronic 7-speed yang memiliki mode manual.

new MG HS side

Diposisikan di atas ZS, unit dapat menampung lima penumpang. Nuansa mewah dan elegan terpancar kuat baik pada eksterior maupun interior. Wajahnya sama dengan model facelift, pakai grille masif bermotif starlight matrix. Penggunaan LED tampak pada penerangan utama dan lampu kombinasi buritan. Pelek 18 inci berpalang agresif mengisi ke empat sisi. Memperlihatkan dua pasang rem cakram di depan dan belakang.

Sementara aura sporty berbalut kulit mencakup interior. Untuk memasukinya menggunakan smart key, lengkap dengan start/stop button untuk menyalakan-mematikan mesin. Baris depan dihiasi jok semi bucket model racing. Pengaturan dibuat elektrik, enam arah untuk pengemudi dan empat arah bagi penumpang. Kelir mencolok dipakai MG, perpaduan hitam dengan merah gelap.

Baca juga: MG ZST, SUV Baru Bermesin Turbo yang Siap Meluncur Bulan Depan

Pengemudi pun dimanjakan sejumlah gadget. Misalnya paddle shift yang menambah keseruan berkendara. Di bagian tengah terselip tombol merah bertuliskan Super Sport. Ini adalah bagian dari mode berkendara yang terdiri dari : Eco, Normal, Sport dan Custom. Pengaturan mempengaruhi kinerja mesin. Bisa menyuguhkan performa lebih liar atau menghemat bahan bakar. Selain itu reaksi Electronic Power Steering juga ikut disesuaikan mode.

Layar sentuh 10 inci tetap terpajang di tengah dasbor. Mampu menjalin hubungan dengan ponsel pintar. Sementara panel instrumen yang menginformasikan seputar mobil diimbuhkan multi information display 7 inci. Di dalamnya jua bisa terlihat fitur Tire Pressure Monitor System (TPMS). Soal berkendara praktis, ada Cruise Control yang pengaturannya berupa tuas di belakang kemudi. Mirip dengan ZS.

MG HS interior

Menyoal fitur keselamatan tertanam : kamera belakang, Blind Spot Detection yang ditampilkan lewat indicator terselip di tweeter pada pilar A, Hill Start Assist (HAS), Traction Control System (TCS), Stability Control System (SCS) dengan Curve Brake Control (CBS), Emergency Stop Signal (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Electronic Brake Assist (EBA). Tak ketinggalan enam kantung udara, terdiri dari dua di depan, dua di sisi dan dua di seluruh jendela samping (curtain) memperkuat perlindungan. Tuas rem tangan digantikan dengan model elektronik, dapat dioperasikan dengan satu jari. Lengkap dengan Auto Hold Vehicle (VHC) yang menahan mobil ketika ingin memulai berakselerasi.

Fitur i-Smart yang memastikan keamanan dan memberikan kemudahan pengoperasian, sepertinya bakal absen. Fitur itu memberi akses konektivitas dengan smartphone untuk menyetel sistem keamanan, seperti membuka-mengunci pintu secara remote, mencari lokasi kendaraan dan menyetel pagar virtual yang dapat mendeteksi pergerakan mobil tanpa izin. Fungsi lain yang dihilangkan adalah voice command. Padahal teknologi semacam ini sudah banyak ditemukan pada perusahaan serumpun. Sebut saja Wuling dengan WIND (Wuling Indonesian Command) dan DFSK i-Talk. "Untuk fitur i-Smart, kami masih berusaha mencari tahu dulu kebutuhan market di Indonesia," terang Arief.

Belum diketahui fitur apalagi yang tidak dibenamkan MG ke HS. Begitu pula soal harga. Dikatakan sumber internal, bermain di Rp 400 jutaan. Lengkapnya bakal diumumkan saat peluncuran nanti. Namun, dipastikan unit diganjar warranty lima tahun tanpa Batasan kilometer.

"Yang pasti harganya sangat agresif. Dan kami memberikan garansi yang memberikan peace of mind kepada konsumen," terang Rendi Radito, Sales Director MG Motor Indonesia. (Hfd/Tom)

Baca juga: Fakta Terbaru Seputar MG HS, Calon Pesaing Honda CR-V dan Corolla Cross di Indonesia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store