MG ZST, SUV Baru Bermesin Turbo yang Siap Meluncur Bulan Depan

MG ZST, SUV Baru Bermesin Turbo yang Siap Meluncur Bulan Depan
Gambar
Review Pengguna

MG ZS, mungkin Anda pernah mendengarnya. Ya, ini adalah model Compact SUV yang dibawa brand baru asal Tiongkok ke Tanah Air tahun ini. Namun bagaimana dengan MG ZST? Namanya mirip, sosoknya pun tak jauh beda, namun ditawarkan dengan mesin bermbuh turbo.


ZST nyatanya adalah versi facelift dari ZS. Tak cuma wajahnya yang dipermak lebih apik, beragam fitur dan kelengkapan mesin pun disempurnakan. Sebelum berharap banyak, model ini akan meluncur Agustus nanti di Australia. Ia akan melengkapi portfolio dagang MG yang saat ini sudah diisi SUV macam ZS, HS, dan hatchback MG3.


Mesin turbo, nampaknya jadi penyebab kenapa nama ZS jadi ZST. Tanpa maksud menekankan asumsi kami, toh unit 1,3 liter bensin memang dipadu peranti induksi paksa (force induction) berupa turbocharger. Komponen ini bekerja untuk mengompres tekanan udara di intake dengan memanfaatkan putaran bilah turbin di header pipa exhaust. Sebutnya tak kurang 160 hp tenaga bakal tersedia pada MG ZST. Torsi mencapai 260 Nm, dan seluruh daya ini disalurkan ke roda depan lewat girboks otomatis 6-speed.


Baca Juga: Gambar Paten Mobil Sport Listrik MG E-Motion Versi Produksi Bocor


Seperti disebutkan dalam laman media Australia, MG ZST juga mendapat kecanggihan yang lebih mutakhir dari ZS. Fiturnya berupa MG Pilot, sebuah paket fitur keamanan yang akan memandu kecepatan tak cuma di kecepatan tinggi seperti cruise control, namun juga pada kecepatan rendah. Traffic jam intelligence mereka menyebutnya. Forward collision warning, rear cross traffic alert, blind spot monitoring, lane change assist, sampai kamera 360 derajat pun tersedia.


MG ZST


Fitur entertainment juga dijabarkan akan meningkat. Tanpa mendetail apa saja aplikasi yang tersedia, headunit ZST akan berformat layar sentuh 10,1 inci. Untuk pengemudi juga bakal diberikan layar dasbor digital.


Agar seluruh penumpang merasa ini mobil yang berbeda dari ZST, material yang lebih premium pun digunakan dalam kabin. Tak cuma itu, kualitas finishing diparipurnakan dengan jahitan kontras serta kombinasi material.


Oh ya, meski sosoknya nampak serupa dengan sang basis, ZS, ada beberapa hal baru yang diunggah di sektor eksteriornya. Desain velg dengan palang baru yang lebih dinamis. Grill juga diracik dengan skema honeycomb dengan mempertahankan format tanpa bilah dalam frame trapezoidal dengan satu logo MG di tengah. Tampilan lampu tentu tak luput dari pembenahan. aksentuasi DRL LED yang sebelumnya bulat berganti V terbalik yang lebih agresif.


MG ZST interior


Masuk ke Indonesia?


Kami rasa tak dalam waktu dekat. Toh MG di Tanah Air baru saja menancapkan kukunya dan mulai bergerilya dengan model ZS. Merilis model yang mirip dan punya banyak kecanggihan dari model awal, sangat berisiko.


Baca Juga: Morris Garage Siap Kenalkan MG 5, Kendaraan Estate Berjantung Elektrik


Saat ini konsumen Indonesia bisa menikmati MG ZS yang dijual dengan harga Rp 255 juta - Rp 289 jutaan. Persenjataan MG ZS sangat memadai untuk membuat para pemilik SUV kompak atau crossover iri. ZS dibekali spek mesin 4-silinder 1,5-liter naturally aspirated berteknologi VTi-TECH. Tenaga dihasilkan 114 PS dan momen gaya 150 Nm. Pilihan transmisi cuma satu, otomatis torque converter 4-speed. Meski terdengar konvensional, matik jenis ini terkenal berdaya tahan tinggi.


Ragam teknologi dan fitur tersaji, berbanding lurus dengan banderol yang ditawarkan. Sehingga dapat dianggap salah satu SUV dengan value terbaik. Didatangkan utuh dari Thailand, dua varian langsung tersaji. Ada 5 pilihan warna untuk dipilih: Crimson Red, Arctic Blue, Razor Black, Frosty White dan Grind Silver.


Tipe termahal MG ZS Ignite harganya cuma Rp 289,8 juta. Sudah dapat 6 airbag, Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist System (HSA) dan Tire Pressure Monitor System (TPMS) sebagai peranti keselamatan. Fitur kenyamanan pun banyak. Cruise control tersedia, begitu pula headunit monitor 8-inci serta panoramic roof.


Varian bawah MG ZS Excite lebih menarik lagi. Dihargai Rp 255,8 juta, tapi tak mengalami banyak pengurangan dari sektor fitur safety. Tampilan luar sederhana, tanpa menghilangkan karakter crossover. Relatif murah untuk kelas itu, bahkan bisa menyasar kelas compact hatchback.


Garansi 5 tahun tanpa batasan jarak tempuh, mampu menepis keraguan calon konsumen yang ingin meminang MG ZS. Layanan purnajual terus disiapkan, menargetkan 25 diler resmi hingga akhir tahun. Untuk sekarang, outlet MG sudah bisa ditemui di Lippo Mall Puri, The Breeze Mall BSD, Andalan Samanhudi, Andalan Pondok Indah dan Andalan Soekarno-Hatta Bandung. (Van/Odi)


Sumber : Caradvice Australia


Baca Juga: MG Motor Indonesia Kenalkan Diler Berbasis Virtual

Jelajahi MG ZS

MG ZS Rp 255,8 - Rp 289,8 Juta Cicilan : Rp 5,84 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store