• Wishlist

Mobil Listrik BMW i3 Capai Produksi 100 Ribu Unit

Mobil Listrik BMW i3 Capai Produksi 100 Ribu Unit

Empat tahun sudah BMW memperkenalkan i3. Mobil mungil yang cocok untuk di perkotaan padat, dan lebih istimewanya menggunakan tenaga penggerak listrik dengan nol emisi. Kini, total produksi i3 sudah melampaui 100 ribu unit. Pencapaian dirayakan di pabrik Leipzig, Jerman, tempat BMW merakit jajaran kendaraan listrik mereka.


bmw-i3-leipzig


Jika menghitung dalam kurun waktu 4 tahun itu, berarti pabrik di Leipzig memproduksi 120 unit i3 setiap harinya. Total produksi sepanjang tahun kemarin mencapai 26.631 unit. Tidak hanya merakit i3 saja, pabrik Leipzig juga memproduksi i8 sebanyak 8 hingga 10 unit per hari, dengan total produksi sebanyak 2.783 unit sepanjang 2016. Satu model baru masuk lagi dalam rencana pabrik ini, yaitu BMW i8 Roadster yang dirilis tahun depan.


Kami sangat bangga mencapai 100.000 unit BMW i3 di pabrik kami di Leipzig. BMW i3 adalah pencetus teknologi yang nyata dan original,” kata chairman BMW Harald Kruger. “Dalam ketertarikan kesinambungan ini, kami juga mempersembahkan sebuah konsep baterai bertegangan tinggi untuk BMW i3. Melalui strategi kami NUMBER ONE > NEXT, kami mencanangkan visi jauh ke depan dan perubahan di industri kami dengan pendekatan dan model bisnis baru.”


Model bisnis yang dimaksud, fasilitas penyimpanan dan pemanfaatan baterai bekas di Leipzig. BMW disebut sebagai baterai “second-life”. Maksudnya, baterai yang telah memasuki masa akhir pakai setidaknya hingga 80%, masih dapat digunakan lagi untuk sumber energi. Jadi, tidak ada baterai bekas yang terbuang karena dimanfaatkan lagi sebagai sumber energi baru. BMW menyebut konsep ini sebagai “second-life” atau program BMW Battery Storage Farm. Sekitar 700 baterai bekas dikumpulkan dan terhubung dengan kincir angin besar di fasilitas tersebut. BMW mengklaim proyek ini sangat berdampak pada efisiensi biaya dan juga energi. Program BMW Battery Storage Farm juga bagian dari inisiasi WindNODE. Sebuah program khusus mempromosikan cara dan sistem energi yang terbarukan.


Dengan adanya fasilitas penyimpanan dan pemanfaatan baterai bekas, membuat pabrik BMW di Leipzig sebagai salah satu yang paling modern di muka bumi. Sejak beroperasi pertama kali 2005 lalu, saat ini sudah mampu melahirkan 860 kendaraan setiap harinya. Selain BMW i3 dan i8, juga merakit BMW 1-Series, BMW 2-Series Coupe dan Convertible, BMW 2-Series M Coupe dan BMW 2-Series Active Tourer. (Odi/Van)


Sumber: Carscoops, Greentransportation


Baca Juga : 1,4 Juta Unit BMW Rawan Terbakar

Jelajahi BMW i8 Roadster

BMW i8 Roadster Rp 4,65 Milyar Cicilan : Rp 106,12 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store