MG Motor Indonesia Segera Pasarkan MG HS Berteknologi i-Smart, Siap Saingi Wuling Almaz RS?

MG Motor Indonesia Segera Pasarkan MG HS Berteknologi i-Smart, Siap Saingi Wuling Almaz RS?

MG Motor Indonesia bisa dipastikan segera memasarkan produk dengan fitur konektivitas modern. Mengusung nama i-Smart, teknologi ini sudah sempat dipresentasikan beberapa waktu lalu di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Potensinya tergolong besar lantaran beberapa negara lain sudah kebagian.

“i-Smart adalah suatu teknologi pintar yang disemat ke mobil MG yang memungkinkan nanti para pengendaranya mendapatkan sesuatu yang bisa menambah kenikmatan dalam berkendara. Yaitu Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Jadi, dalam hal ini MG memberikan sesuatu yang baru dengan teknologi yang bisa meng-connect antara pengendara dengan vehicle-nya,” jelas Marketing and PR Director Arief Syarifudin saat gelaran IIMS. Dalam kesempatan yang sama, ia menambahkan bahwa teknologi akan hadir di Indonesia dan tinggal menunggu waktu.

Tampaknya tidak akan lama lagi fitur tersebut dipasarkan pada produk MG. Berdasarkan bocoran foto yang kami terima, besar kemungkinan hadir pada varian tambahan model SUV terbesar. Siapa lagi kalau bukan MG HS. Indikasinya jelas meski foto terbilang gelap. Dari garis jendela, permainan cladding, sampai lampu belakang horizontal sangat identik dengan bodi sang alternatif menarik dari Honda CR-V. Lebih jelas lagi dari emblem bagasi. Persis di bawah lencana HS terpasang logo i-Smart.

Ekspektasinya bukan termasuk dalam bagian facelift melainkan penambahan varian baru. Boleh jadi datang menduduki posisi puncak keluarga HS. Tentu tambahannya adalah fitur konektivitas kendaraan dengan gawai, i-Smart. Memungkinkan gawai terhubung dengan kendaraan demi memberikan pengalaman berkendara mutakhir melalui sinergi Artificial Intelligence.

MG i-Smart

Fungsi utamanya terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah Smart Check untuk mendiagnosa status kendaraan, mengendalikan fungsi fitur (remote control), sampai menjaga keamanan mobil via geofencing – memberikan ‘pagar’ digital agar dapat segera diketahui ketika mobil menembus batas wilayah.

Selanjutnya, sisi kecanggihan diramaikan pula kemampuan Smart Command. Bagian ini memungkinkan pengguna kendalikan peranti kendaraan lewat komando verbal. Misal AC, radio, jendela, sunroof, dan sebagainya. Smart Command bisa juga dimanfaatkan untuk merencanakan rute sebelum melakukan perjalanan. Tak kalah canggih adalah paket Smart Connect. Sajikan layanan konektivitas berbasis internet seperti aplikasi di dalam sarana hiburan, navigasi, pemutar musik, hingga saran perjalanan secara daring. Sistem ini mampu di-upgrade mandiri dimanapun dan kapanpun.

Tak hanya itu, sempat dijelaskan pula kehadiran teknologi asisten berkendara aktif atau ADAS (Advanced Driving Assist System). Berfungsi meringankan beban mengemudi untuk menjaga laju dan arah dalam satu jalur. Pos penjaga posisi Lane Assist System diisi Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Lane Keep Assist. Sementara itu, asisten melaju ke depan yang aman disokong Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, dan Forward Collision Warning. Semntara itu, area belakang dan blind spot dibantu pemantau seperti Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, dan Door Open Warning.

Kelengkapan sebanyak itu sangat berpotensi membuat HS tampil semakin atraktif. Pun besar kemungkinan tetap jadi opsi SUV besar alternatif dari pilihan arus utama seperti Honda CR-V, X-Trail, dan lainnya. Yep, memang tidak terdengar asing, kelengkapannya terdengar seperti kepunyaan Wuling Almaz RS. Tapi semua itu baru sebatas prediksi. Untuk lebih jelasnya, kita lihat saja dalam waktu dekat akan sehebat apa MG HS berteknologi i-Smart ini.

Baca juga: MG ZS EV Versi IIMS 2021, Potensinya Berbanding Hyundai Kona Electric

MG HS

Nilai Jual MG HS Ignite

MG HS Ignite tampaknya merupakan alternatif yang harus benar-benar dipertimbangkan. Ia memang tidak datang mengusung merek arus utama di Indonesia. Juga melekat banderol relatif lebih rendah ketimbang rival sedimensi. Well, lebih murah bukan berarti inferior. Pun datang dari merek baru yang kini berada di bawah naungan grup otomotif Cina tidak melulu payah.

Anda bisa menemukan bermacam fitur kelas kakap di varian termahal Ignite seharga Rp 435,8 jutaan. Di antaranya lampu full LED otomatis, panoramic sunroof, bangku elektrik, hingga kemudahan pengoperasian seperti Electric Parking Brake komplet Auto Vehicle Hold. Ada pula pembantu di tanjakan Hill Start Assist. Kalau mau meringankan beban di jalan bebas hambatan, MG sudah siapkan cruise control khusus trim Ignite.

Uniknya, tersemat satu asisten khas mobil offroad untuk meningkatkan keselamatan di turunan licin. Adalah Hill Descent Control, menjaga sikap mobil di turunan agar tetap terkontrol. Ia bekerja dengan cara sesekali memberikan pengereman. Dengan demikian, mobil tidak dapat meluncur bebas sekaligus tidak mengunci putaran roda – menghindari risiko tergelincir.

Konektivitas sarana hiburan juga jadi bagian sorotan utama. Mengusung layar multimedia 7 inci berisi bermacam pengaturan fitur ala mobil Eropa seperti termasuk panel Automatic Climate Control. Berkendara jelas bakal terasa kekinian berkat eksistensi Android Auto dan Apple CarPlay.

Potensi memacu MG HS berasal dari unit empat silinder DOHC 16 katup, berkapasitas 1,5 liter dan disokong turbo. Keluaran tenaga mungkin tidak seberapa dibanding pemain mainstream lain seperti CR-V turbo atau CX-5. Hanya sanggup gelontorkan 162 PS di 5.600 rpm. Namun, torsinya boleh dibanggakan. Siapkan tendangan sekuat 250 Nm, memuncak sejak putaran 1.700-4.000 rpm untuk memutarkan roda depan via transmisi DCT 7 percepatan nan halus dan cekatan. Keseruan berkendara lantas dibarengi kehadiran mode berkendara Eco, Normal, dan Sport.

Tak kalah menarik di sisi safety. Airbag enam titik sudah menjadi standar varian. Tertanam pula sensor pemantau keadaan sekitar untuk mendeteksi objek di area blind spot hingga TPMS khusus model teratas. Baru dari situ, stabilitas pengendalian sudah dilindungi oleh geng pengereman ABS, EBD, dan BA. Tak ketinggalan pula peran kontrol stabilitas elektronik. Komprehensif, semua siap melindungi. (Krm/Raju)

Baca juga: MG Cyberster Tandai Kembalinya Eksistensi Sport Car Pabrikan di Masa Mendatang

Jelajahi MG HS

  • Tampak Depan Bawah MG HS
  • Fog lamp depan HS
  • Lampu depan HS
  • lampu belakang HS
  • Pelek HS
  • Tampak belakang HS
  • MG HS Front Side View
  • MG
MG HS
Rp 375,8 - Rp 435,8 Juta Cicilan : Rp 8,57 Juta

Model Mobil MG

  • MG ZS
    MG ZS
  • MG HS
    MG HS
Mobil MG

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil MG Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil MG

Bandingkan & Rekomendasi