jakarta-selatan
kali dibagikan

Mengenal Teknologi i-MMD, Pengganti Transmisi di Honda Accord Hybrid

  • 30 Nov, 2018
  • 911 Kali Dilihat


Informasi mengenai Honda Accord Hybrid yang tak punya transmisi, pasti membingungkan. Persis seperti pada model sebelumnya. Accord Hybrid tidak dilengkapi gearbox mekanis konvensional. Apakah mungkin mobil dapat berjalan tanpa transmisi? Nyatanya bisa saja. Honda punya teknologi bernama Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang dicangkokkan khusus ke powertrain hybrid. Bukan hanya Accord Hybrid yang punya, CR-V Hybrid terbaru pun juga ada.


Honda Accord Rear & Side


Komponen utama teknologi ini ada empat: Mesin bensin Atkinson-cycle, dua motor listrik, baterai lithium-ion dan Power Control Unit (PCU). Penyaluran tenaga dilakukan melalui cara direct-drive gearing, tanpa perlu melalui transmisi lagi. Interaksi mesin bensin dengan dua motor listrik tetap terjadi layak sistem hybrid biasa.


Ya, dua motor listrik paling berperan menggantikan tugas transmisi otomatis. Satu terhubung dengan baterai, satu lagi terhubung dengan mesin. Manajemen penyaluran energi pada setiap komponen, dikontrol Power Control Unit (PCU). Memungkinkan sistem ini memanfaatkan kinerja motor listrik maupun mesin bensin, dengan penyaluran daya lebih mulus dan responsif.



Cara kerja i-MMD langsung terbagi dalam tiga mode penggerak berbeda: EV Drive (motor listrik 100%), Hybrid Drive (motor listrik dan mesin bensin yang menggerakkan generator) dan Engine Drive (mesin bensin saja). Jadi, mobil memanfaatkan tenaga dari mesin 4-silinder Atkinson-siklus i-VTEC® serta motor listrik untuk menyesuaikan kondisi berkendara. Berikut perinciannya.


EV Drive Operation



Pada mode ini, mobil hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggerak ban. Selama pengendaraan, mesin bensin mati. Dalam mode EV Drive, antara motor listrik dan mesin bensin dipisahkan untuk mengurangi gesekan. Motor listrik sebagai penggerak langsung terhubung ke as roda tanpa perlu ada transmisi lagi. Tipikal mobil listrik murni, Anda pun bisa melaju mulus dengan kondisi senyap dalam kondisi tanpa gas buang. 


Hybrid Drive Operation



Jika Anda memilih mode ini, motor listrik tetap sebagai penggerak roda depan. Mesin bensin tidak terhubung langsung secara mekanis ke roda mobil, melainkan hanya memutar generator untuk mengisi  baterai lithium-ion. Baterai kemudian mengirimkan energi listrik ke motor yang menggerakkan roda. Koneksi langsung tanpa lewa ttransmisi, membuat akselerasinya kilat dan tercapai torsi maksimum seketika. 


Engine Drive Operation



Ketika Anda meluncur pada kecepatan tinggi, hanya mesin bensin i-VTEC Atkinson-cycle yang menggerakkan roda depan. Generator dan motor listrik tak turut serta. Di sinilah kopling pengunci bekerja. Kopling membiarkan putaran mesin menggerakkan roda, tanpa ada friksi dengan motor listrik.


Terlepas dari itu, generasi teranyar Accord Hybrid i-MMD juga diklaim memberi powertrain yang efisien. Honda pun tetap menjanjikan fun-to-drive dengan efisiensi bahan bakar yang bagus. Ia menggunakan mesin 2,0 liter Atkinson-cycle dengan efisiensi termal 40%. Besarannya naik 38,9% dari generasi Accord lawas.


Saat jantung mekanis 2,0 liter saja yang bekerja, Accord mampu menghasilkan dorongan tenaga 143 hp pada 6.200 rpm dan torsi 175 Nm pada 3.500 rpm. Sementara gabungan motor listrik dan mesin bensin mampu mengembuskan power 212 Hp. (Alx/Odi)


Sumber: Honda


Baca Juga: Honda Accord Terbaru Meluncur, Makin Mirip Civic

Harga dan Promo Varian Accord

  • 1.5L | Rp 720 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 134 Juta
    Angsuran Rp 16 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Honda Accord

Lihat video terbaru Honda Accord untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi