Menerka Harga Suzuki XL7, Pesaing Mitsubishi Xpander Cross

Menerka Harga Suzuki XL7, Pesaing Mitsubishi Xpander Cross
Gambar
Review Pengguna

Tren LMPV dibikin crossover makin gencar saja. Seperti Suzuki XL7 yang diprediksi kuat mendebut awal kuartal pertama 2020 di Indonesia. Bisa sekitar Januari atau Februari. Sebetulnya varian anyar ini bagian dari perluasan pasar Ertiga. Ia jadi kasta tertinggi dan mengakomodasi konsumen yang butuh mobil keluarga, tapi bisa diajak bertualang. Berapa harga yang pantas dilabelkan?

Suzuki XL7

Unit anyar ini sebetulnya terdaftar di Kemendagri 2019, dengan koding 103364 43949 dan nama dagang XL7415F GX (4x2) A/T. Ada empat tipe yang tercantum. Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Suzuki XL7 termahal Rp 188 juta. Angka ini hanya nilai dasar yang belum termasuk perpajakan, BBN dan perhitungan margin keuntungan Suzuki. Hanya pabrikan yang bisa meracik formula tepatnya.

Namun sekadar gambaran saja. NJKB Xpander Cross termahal sebesar Rp 209 juta. Dan kini dilepas di pasar (OTR Jakarta) Rp 286,7 juta. Harga dasar Crossover MPV bikinan Mitsubishi jauh lebih mahal dari bikinan Suzuki. Berarti harga resmi bisa di bawah Xpander Cross. Mungkin sekitar Rp 260 juta sampai Rp 270 jutaan. Syukur kalau bisa lebih terjangkau lagi.

Di India, Ertiga versi crossover bernama XL6 yang berkonfigurasi enam penumpang. Sementara buat pasar di sini, sanggup memuat tujuh penumpang. Andai spesifikasinya sama di Negeri Bollywood, XL7 jadi barang menarik dari rival sekelas. Mari tengok apa saja kapabilitas yang dikandung.

Suzuki XL7 interior

Spesifikasi XL7

Engine yang dipakai tetap sama dengan Ertiga reguler. Menggendong mesin bensin 1,5 liter empat silinder (K15B). Di sana, unit pacu mendapat sistem hybrid ringan dan sesuai aturan emisi gas buang BSVI. Namanya Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem memadukan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai/aki.

Teknologi mild hybrid bikinan Suzuki, fokus pada pengumpulan energi yang terbuang dari hasil deselerasi (brake regeneration). Kemudian dimanfaatkan dalam peningkatan efisiensi bahan bakar. Mesin bensin itu tetap menawarkan tenaga 105 PS dan torsi 138 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Nah, efisiensi bahan bakarnya diklaim mencapai 19,01 km/liter dengan transmisi manual. Lalu 17,99 km/liter pada jenis otomatis.

Pada interior, terlihat dalam skema warna hitam dan aksen premium di beberapa panel. Lingkar kemudinya pakai kulit hitam, sistem infotainment SmartPlay 7 inci dengan konektivitas smartphone dan jok berlapis kulit sintesis.

Suzuki XL7 & Suzuki Ertiga

Ia dibuat berdasar platform Heartect. Yang selanjutnya diimbuhi fitur keselamatan, mencakup airbag depan ganda, hill hold assist, reverse parking sensors, high speed alert, ABS, EBD dan ESP. Semua ini ditawarkan sebagai standar pabrik. Fitur utama yang tidak ada pada Ertiga reguler berupa: SmartPlay Studio, Cruise Control dan lampu LED Quad Signature. Semua itu bikin XL7 patut dinanti. (Alx/Tom)

Baca Juga: Punya Budget Rp 150 jutaan? Pilihan MPV Seken ini Bisa Menjadi Penghuni Baru Garasi Anda

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store