• Wishlist

Masih Saudara Dekat Wuling, Morris Garage Masuk Indonesia Bawa Dua SUV

Masih Saudara Dekat Wuling, Morris Garage Masuk Indonesia Bawa Dua SUV

Invasi pabrikan otomotif Cina sebentar lagi kembali terjadi. Memang, faktanya Morris Garage (MG) ialah jenama asal Inggris. Merek ini sudah lama berdiri sejak 21 Juli 1930. Namun perusahaan sekarang dibeli dan di bawah kendali Shanghai Automotive Industry Corporation. Sebuah perusahaan pelat merah Cina, yang juga menaungi SGMW Motor Indonesia. Mereka siap membawa dua model, MG ZS dan HS.


MG ZS penantang LSUV anyar


Bahkan PT Saic Motor Indonesia, sebagai APM baru, mendaftar jadi member Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). "Saat ini masih proses. Setahu saya formulir sudah masuk. Syaratnya mudah (jadi anggota, Red). Pertama, wajib memiliki izin yang diperlukan perusahaan di Indonesia. Terutama dari Kementerian Perindustrian kalau dia bikin industri. Tak harus punya pabrik. Jadi memang syaratnya tidak sulit. Mudah saja kok kalau mau jadi anggota Gaikindo," tutur Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, dilansir dari kolega OTO, Liputan6.


Dan hal terakhir yang harus diperhatikan ialah membayar iuran sesuai dengan aturan berlaku. Kilas balik torehan tahun lalu. Nyatanya sepanjang 2019 pasar otomotif nasional memang turun menjadi sekitar 1 jutaan unit saja. Banyak pelaku usaha mengeluh hasil dekaden lantaran fluktuasi kondisi. Baik dampak perang dagang dan suhu politik dalam negeri yang panas. Namanya bisnis harus ada barang dijajakan. Lewat dua SUV, mereka menjajal peruntungan di sini.


Namun, mantan Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia ini mengaku belum mendapat informasi lebih perinci. Model apa yang MG boyong di Indonesia. "Yang saya dengar, kelihatannya planning mereka 2020 sudah akan masuk. Rencananya begitu," imbuh Yohannes.


Baca Juga: Spesifikasi Lengkap MG ZS, Pesaing Honda HR-V yang Diprediksi Masuk Indonesia Awal 2020


Sebetulnya sudah banyak gambar berseliweran MG ZS tengah uji coba tanpa kamuflase. Dari info yang didapat, unit diprediksi meluncur pada Februari 2020. Low SUV ini siap meramaikan pasar sekelas Honda HR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Melihat spesifikasi di Thailand, ia punya mesin bensin 1,5 liter NA plus beragam fitur dibenamkan. Lantas bagimana kualitas materialnya? Mobil blasteran Cina-Inggris ini punya desain cukup menggoda dan interior tidak terlihat murahan. Mereka ingin tampil lebih premium dari rival sekelas.


MG HS pakai mesin turbo, lawan Honda CR-V


Lalu model kedua, MG HS posisinya berhadapan dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Mazda CX-5. Unit sangat menggoda bila masuk sini. Dilihat dari fitur seabrek dan build quality (kualitas rakitan) yang oke. Plus mesin bensin 1,5 turbo. Diprediksi label harga tak lebih mahal dari SUV berlogo H tegak, CR-V. Namun sebagus apapun sebuah produk, tidak bakal menarik konsumen tanpa layanan aftersales bagus.


Masih belum terendus langkah bisnis mereka ke depan. Namun kalau belajar dari saudaranya, Wuling sanggup bergerak cepat ambil celah market dalam tempo dua tahun dan masuk posisi 10 besar. Bisa juga strategi diadopsi MG. Atau jaringan diler ikut ke Wuling, demi memudahkan penetrasi pasar. Mirip-mirip Nissan – Datsun kala itu. Tetap pantau OTO.com untuk informasi selanjutnya. (Alx/Tom)


Sumber Quote: Liputan6.com


Baca Juga: Lawan Toyota C-HR Hybrid, Nissan Kicks e-Power Diduga Kuat Segera Dijual di Indonesia