Kurang Laku, Suzuki Baleno dan Celerio Stop Dijual di Inggris

Kurang Laku, Suzuki Baleno dan Celerio Stop Dijual di Inggris

Suzuki di Inggris menghentikan penjualan Baleno dan Celerio. Hatchback dan city car itu, tak mampu bersaing dari segi penjualan. Makanya diputuskan, mulai September 2019, Baleno dan Celerio tak lagi dijual di Inggris.

Suzuki Celerio City

Dilansir dari situs Autocar Inggris, meski diumumkan berhenti dipasarkan, Baleno dan Celerio masih bisa dilihat di situs resmi. Tapi dipastikan, mulai September 2019, tak ada lagi unit baru yang dijual. Sedang stok sisa masih bisa dibeli. Begitu juga dengan unit bekas test drive resmi dari diler.

Keputusan menghentikan penjualan, dilakukan dengan fokus baru Suzuki. Alih-alih menyodorkan model yang tidak laku, Suzuki lebih memilih untuk menggenjot penjualan model yang lebih populer. Empat model Suzuki menorehkan angka yang baik di Inggris: Ignis, Swift, S-Cross dan Vitara. Keempat produk itu lebih giat dipasarkan agar menutup kehilangan dua model, Baleno dan Celerio.

Perwakilan Suzuki di Inggris menyatakan, dengan fokus baru itu, mengharuskan Baleno dan Celerio dihapus dalam daftar jualan. Pihaknya juga tengah menyiapkan lini untuk regulasi emisi baru 2020. Namun untuk model apa saja, belum bisa dibeberkan. Bakal ada informasi resmi soal lini baru Suzuki, yang lebih ramah emisi gas buangnya.

Untuk diketahui, Celerio diluncurkan pada 2015 dan tahun berikutnya muncul Baleno. Sepanjang tahun lalu, Suzuki Baleno hanya meraih penjualan 15 ribu unit. Bandingkan dengan kompetitor yang penjualannya lebih tinggi. Honda Jazz, misalnya, diklaim terjual 37 ribu unit pada 2018 saja. Bahkan sang saudara sendiri, Suzuki Swift, laris 55 ribu unit sepanjang dipasarkan pada 2018.

Celerio punya nasib lebih mujur ketimbang Baleno hatchback. Pada periode 2018, 21 ribu unit Celerio dibeli orang. Namun angka itu dinilai masih belum memenuhi target. Sebagai pembanding lain, city car Ignis terjual lebih dari dua kali lipat dibanding Celerio pada periode yang sama.

Baleno yang dijual di Inggris, buatan India. Jauh berbeda dengan Inggris, Baleno di India jadi salah satu model yang laris manis. Untuk Juli 2019 saja sudah 10.482 unit yang terjual. Tahun lalu malah rata-rata 18 ribu unit Baleno terjual tiap bulannya. Bagaimana dengan Indonesia? Sama-sama buatan India, Baleno di sini tergolong aman penjualannya. Periode Januari - Juli 2019, total Baleno MT dan AT terjual 3.156 unit menurut data Gaikindo. Sedang Celerio, memang tak sempat mencicipi manisnya penjualan di Indonesia.

Tentang Baleno di Indonesia, bermain di segmen sama dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Meski kompetisinya cukup berat, mengingat nama Jazz dan Yaris yang lebih populer, Baleno bisa memberi perlawanan. Bekalnya dari jantung mekanis 1,4 liter berdaya 92 PS dan torsi 130 Nm. Dimensinya juga cukup ringkas untuk hatchback. Kabinnya tergolong lega, baik untuk leg room dan bagasi. Paling diunggulkan, banderolnya. Harga Suzuki Baleno AT Rp 225,5 juta dan Rp 213 juta untuk opsi transmisi manual. (Tom/Odi)

Sumber: Autocar

Baca Juga: Inden Sampai 2 Tahun, Suzuki Stop Pesanan Jimny Baru

Jelajahi Suzuki Baleno

Model Mobil Suzuki

  • Suzuki Ertiga
    Suzuki Ertiga
  • Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
  • Suzuki XL7
    Suzuki XL7
  • Suzuki Carry
    Suzuki Carry
  • Suzuki Baleno
    Suzuki Baleno
  • Suzuki Ignis
    Suzuki Ignis
  • Suzuki APV Luxury
    Suzuki APV Luxury
  • Suzuki APV Arena
    Suzuki APV Arena
  • Suzuki Karimun Wagon R GS
    Suzuki Karimun Wagon R GS
  • Suzuki Karimun Wagon R
    Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki SX4 S Cross
    Suzuki SX4 S Cross
Mobil Suzuki

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Suzuki Baleno Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Suzuki Baleno

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang