jakarta-selatan

Komparasi Daihatsu Sigra R Deluxe vs Datsun GO+ Panca T-Ultimate

  • Agt 31, 2017
  • 2069 Dilihat

Datsun menambah varian baru, yang tertinggi dari seluruh jajaran GO dan GO+ Panca. Embel-embel T-Ultimate di belakang namanya, menandakan sebagai varian dengan fitur terlengkap untuk melawan LCGC 7-seater sekelasnya. Harga yang ditawarkan Rp 135 juta, berarti membidik Daihatsu Sigra R Deluxe MT seharga Rp 136,85 juta. Terpaut sangat tipis dan layak diadu dari segi performa mesin, akomodasi penumpang dan fitur.



DESAIN


Sebagai varian teratas Datsun GO+ Panca, tipe T-Ultimate dipersenjatai electric side mirror yang sudah dilengkapi lampu sein, pelek 15-inci yang tadinya hanya aksesori belaka dan body kit serta rear spoiler. Tapi sayang, belum diberi fog lamp seperti Sigra tipe R. Sigra R Deluxe yang juga varian tertinggi, tampak mengumbar kemewahan melalui banyaknya aksen krom. Tapi ukuran peleknya lebih kecil, 14-inci.


SIgra tampak belakang



DIMENSI & AKOMODASI


Datsun GO+ sebagai pionir di kelas LCGC 7-seater, mendapat hantaman telak dari Daihatsu Sigra yang belakangan meluncur. Status GO+ tidak sebagai 7-seater murni, karena Datsun sendiri menyebutnya sebagai 5+2. Basis hatchback digunakan dan memanjangkan bodi untuk menambah ruang, dimensi keseluruhan masih tetap lebih besar Sigra (GO+: 3.995 x 1.635 x 1.490 berbanding Sigra: 4.070 x 1.655 x 1.600).


Kabin Go+ Panca


Alhasil, luas kabin pun lebih lega Sigra. Tujuh orang penumpang dapat duduk tenang, meski tidak terlalu luas juga. Jok Sigra lebih nyaman dan aman diduduki dengan model headrest terpisah. Pelipatannya dimudahkan lewat sentuhan one touch tumble. Tidak seperti GO+ yang butuh dua kali proses dan desain joknya rata dengan model headrest menyatu. Bangku baris ketiganya sangat sempit, lebih cocok digunakan anak kecil.



PERFORMA


Sektor performa mesin, di atas kertas Sigra jauh mengungguli Datsun GO+. Mesin Sigra selangkah lebih maju, berupa 4-silinder kode 3NR-VE 1,2-liter dual VVT-i, yang menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 108 Nm. Datsun memanfaatkan mesin HR12DE 3-silinder milik Nissan March, namun tanpa teknologi katup variable. Jadinya, output lebih kecil dengan tenaga hanya 68 PS dan torsi 104 Nm. Keduanya sama-sama berpasangan dengan transmisi manual 5-percepatan.




mesin sigra
Mesin 3NR-VE 4-silinder 1,2-liter

Karakter mesin 3-silinder responsif di putaran rendah dan 4-silinder cenderung kuat di putaran atas. Namun getaran jumlah silinder ganjil tak mampu ditutupi Datsun hingga terasa sampai kabin. Mesin 4-silinder Sigra, pastinya jauh lebih halus yang juga meningkatkan kenyamanan di kabin.



FITUR


Soal fitur, Daihatsu tidak main-main saat merancang Sigra. Datsun GO+ T-Ultimate tetap tidak berkutik karena hanya mendapat tambahan seat cover berwarna hitam. Selebihnya, tetap tidak ada perubahan lain dari GO+ T-Style. Kelebihan dibanding varian bawahnya, ada power window untuk baris kedua dan headunit berjenis 1DIN dengan fitur ala kadarnya. Fitur keselamatan juga lebih minim. Hanya terpaku pada 1 buah airbag untuk pengemudi dan sabuk pengaman tiga titik sampai baris kedua.


Road test Sigra (12)-013


Sama-sama tidak mempunyai rem ABS di keduanya. Tapi Sigra menang jumlah airbag, ada headrest dan side impact beam. Guna menyalurkan udara dingin AC dari depan, ada rear air circulator yang kinerjanya menggantikan fungsi double blower. Proses parkir juga lebih aman, karena ada sensor parkir di depan dan belakang. Fitur hiburan bersumber dari headunit 2DIN yang memiliki koneksi Bluetooth.


Baca Juga: Pilih Daihatsu Sigra atau Honda Brio Satya

Shares

Video Datsun GO+

Lihat video terbaru Datsun GO+ untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer