Kelebihan Dan Kekurangan Honda City Dibanding Kompetitor Di Kelasnya

Kelebihan Dan Kekurangan Honda City Dibanding Kompetitor Di Kelasnya

Sedan memang bukan pilihan utama konsumen mobil di Indonesia. Salah satu alasannya, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sedan yang di atas mobil jenis lain. Bayangkan saja, mobil termurah di segmen ini, Toyota Vios, dijual mulai harga Rp 276,2 juta. Tak ayal angka penjualan sedan di Indonesia sangatlah rendah.

New City

Untuk itu, pemerintah berencana merevisi PPnBM sedan guna merangsang pertumbuhan segmen sedan. Tentu, ini berita baik bagi Anda yang tengah mencari sedan berharga terjangkau. Di segmen ini, selain Toyota Vios ada Honda City.

City, sedan terlaris di segmennya. Mobil ini lebih diminati, lantaran memiliki sejumlah kelebihan yang tak dimiliki oleh kompetitornya. Namun sebelum memilikinya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kekurangannya.

Di segmen ini, Honda City ditemani Vios dan Suzuki Ciaz. Kelebihan pertama City dibanding kedua kompetitornya, terletak dari balik kap mesin. Meski sama-sama memakai mesin berkapasitas 1,5 liter, namun tenaga yang dihasilkan mesin VTEC Honda lebih bertenaga. City bertenaga 120 PS, Vios hanya menghasilkan 107 PS. Apalagi bila dibandingkan Suzuki Ciaz yang hanya berkapasitas 1,4 liter dengan output 92 PS.

Pada bagian luar, perbedaan paling signifikan dapat dilihat dari bagian lampu utama. City diremajakan pada 2017 lalu, dibekali lampu depan jenis LED meski masih pakai reflektor. Vios tipe termahal pakai lampu utama jenis proyektor, sama seperti Suzuki Ciaz. City juga dibekali lampu Day-time Running light (DRL). Fitur ini hanya ada pada Vios tipe TRD Sportivo.

Bagian kabin keduanya sudah lengkap. Toyota Vios punya panel AC digital dengan mode otomatis sama seperti City dan Ciaz. Ketiganya juga punya kunci pintar dan tombol start-stop. Namun Honda memberikan fitur yang lebih banyak kepada konsumen City. Misalnya, City dilengkapi paddle-shift dan fitur cruise control. Begitupun fitur keselamatan yang dimilikinya. Penghuni kabin City dilindungi dual SRS Airbags, rem ABS+EBD+BA, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control. Sementara fitur keselamatan Vios hanya rem ABS+EBD+BA dan dual airbags saja.

Memang dibanding kedua kompetitornya, City punya kelebihan. Namun semua kelebihan itu harus ditebus dengan harga yang paling mahal. City dijual mulai Rp 313,5 juta sampai Rp 322 juta. Harga ini bukan harga yang murah. Padahal City entry-level sedan Honda. Itulah sebabnya, masyarakat berharap rencana revisi PPnBM bisa segera berlaku. (RS/Odi)

Baca Juga: Adu Fitur Honda City E CVT Lawan Toyota Vios G CVT

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Honda City

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda City
    Honda City
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda City Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda City

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang