Kalau Terpaksa Beli Avanza, Pilih Saja Yang Ini

Kalau Terpaksa Beli Avanza, Pilih Saja Yang Ini
Gambar
Review Pengguna

Toyota Avanza dan kembarannya, Daihatsu Xenia, menggebrak pasar otomotif nasional akhir 2004. Hingga sekarang, mobil ini sukses besar, meskipun banyak bermunculan mobil serupa yang lebih murah.


Di seluruh Indonesia paham, kalau mobil ini sangat bisa diandalkan berkat harganya yang ‘masuk’ di keuangan masyarakat menengah, serta kemampuan angkutnya yang bisa diandalkan. Secara teknis mobil ini juga mudah dirawat dan dipahami alias tidak ribet.


Nah, karena pembelinya cenderung tutup mata dengan apa saja yang menjadi fiturnya (yang penting Avanza) dan hal itu adalah tidak baik, kami coba menilai varian mana sebenarnya yang punya nilai lebih. Atau paling tidak sebandinglah dengan uang yang dikeluarkan.


Avanza 1,3 G rear


Secara varian, Avanza hanya punya dua : E dan G. Namun kedua varian itu menyediakan opsi transmisi otomatis 4-speed dan juga manual 5-speed, plus mesin 1,3 liter. Varian lainnya, Avanza G menggunakan mesin baru 1.5 liter dengan teknologi Dual VVT-i, tapi hanya dibekali dengan transmisi 5-speed manual.


Berangkat dari spesifikasi teknis paling dasar itu, kalau Anda kukuh pilihannya harus Avanza dan bukan Veloz, kami harus merekomendasikan tipe 1.3 G dengan transmisi otomatis. Kenapa? Jawaban singkatnya, transmisi otomatis, mesin kecil dan harga yang masuk akal.


Interior Avanza G


Avanza 1.3G A/T dijual Rp 218.500.000. Dengan harga itu, Anda bisa dapatkan mobil 7-penumpang yang telah ditingkatkan kenyamanannya saat perubahan terakhir (2015), dan fitur pendukung kenyamanan yang cukup. Cukup dalam arti, tujuh penumpang bisa terhibur dengan lantunan musik dari head unit non-layar, dan duduk nyaman ditemani embusan AC yang dingin sampai ke belakang.


Fitur keselamatan juga sudah mumpuni di tipe 1.3G ini. Mulai dari seat belt tiga titik di semua baris, dual airbag di bagian depan, hingga rem dengan ABS.


Selebihnya, jujur tidak ada yang istimewa. Kalau mau lebih gaya sedikit, tambahkan Rp 2 juta lagi dan Anda bisa memboyong varian 1.5 G, yang punya layar multimedia untuk menghibur penumpangnya. Dengan catatan, pedalnya ada tiga dan gigi transmisinya dipindahkan sendiri. Kalau Anda mencari Avanza yang bermesin 1,5 liter dengan transmisi otomatis, adanya di Veloz, yang harganya lebih mahal.


Dari sisi mesin, dengan kapasitas yang kecil, Anda mendapatkan mobil yang irit meskipun tenaganya sama sekali tidak bisa dibanggakan. Tapi toh kalau memang membicarakan tenaga, Avanza bukanlah mobil pilihan yang tepat. Mobil ini didesain untuk bisa memberikan nilai ekonomis yang tinggi. Itulah kenapa irit bensin dan muat banyak lebih diutamakan ketimbang tenaga dan torsi.


Jadi, tetap mau beli Avanza? Saran kami, kalau memang tidak mendesak, tabung saja uang Anda untuk jangka waktu yang lebih panjang dan beli Veloz. Selain lebih nyaman, fiturnya juga lebih komplet.


Baca Juga: Idealnya ada fitur ini di Avanza

Jelajahi Toyota Avanza

Toyota Avanza Rp 200,2 - Rp 230,35 Juta Cicilan : Rp 4,57 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store