• Wishlist

Fitur Tambahan yang Idealnya Ada di Toyota Avanza

Fitur Tambahan yang Idealnya Ada di Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah mobil terlaris di Indonesia. Sejak diperkenalkan pada 2003, Toyota mengklaim Avanza sudah terjual lebih dari 1,2 juta unit. Bahkan, setiap tahunnya mobil ini selalu menjadi yang teratas dalam penjualan.


Ada banyak faktor mengapa Avanza begitu diminati masyarakat Indonesia. Mobil ini dapat menampung hingga 7-penumpang, memiliki harga yang terjangkau, didukung pelayanan aftersales yang baik dan tentu harga jual kembali yang relatif stabil. Itu beberapa alasan mengapa Avanza laris manis. Tak cuma itu, Toyota mendesain dan memberikan fitur yang terbilang lengkap pada mobil ini. Meski begitu bukan berarti mobil ini sudah sempurna. Ada beberapa fitur tambahan yang harusnya ada namun tak dimiliki mobil sejuta umat ini. Apa saja?




[caption id="attachment_51530" align="alignnone" width="650"]Pengendalian Veloz 1.5 Avanza Veloz 1.5[/caption]

Pertama, Avanza tidak dilengkapi kamera parkir yang bisa memudahkan pengemudi saat parkir. Namun fitur ini terdapat pada varian Veloz. Begitupun untuk lampu utamanya. Avanza masih menggunakan bohlam halogen sementara Veloz sudah memakai lampu proyektor. Itupun lampu proyektor hanya ada pada Veloz bermesin 1.5 liter. Selain itu, untuk menambah mewah kesan Avanza, sepertinya patut juga disematkan lampu DRL pada mobil ini.


Bagian bodi jadi salah satu yang dikeluhkan para pengguna Avanza. Banyak kalangan yang mengganggap bila plat bodi Avanza terbilang tidak terlalu tebal bahkan kalah dibanding para pesaingnya. Namun meski begitu Toyota melengkapi Avanza dengan struktur bodi GOA (Global Outstanding Assessment).




[caption id="attachment_25867" align="alignnone" width="850"]avanza-website-0005-850x590 Interior Avanza Veloz[/caption]

Struktur ini dapat meredam kerusakan pada bagian depan mobil apabila terjadi benturan sehingga dapat mengurangi dampak saat terjadi kecelakaan. Avanza memang sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap. Seperti sabuk keselamatan 3-point di semua kursi. Peringatan seat belt penumpang depan, ABS pada semua varian, peringatan seat belt untuk bangku baris depan serta immobilizer. Hebatnya, fitur dual SRS Airbag menjadi fitur keselamatan standar yang wajib ada di setiap mobil Toyota yang dijual di Indonesia. Namun mengingat mobil ini sering dihuni lebih dari 2-penumpang, ada baiknya bila Avanza dilengkapi juga dengan airbag untuk penumpang belakangnya.


Sebagai penutup, Avanza juga tidak dilengkapi dengan spion elektrik yang dapat melipat secara otomatis ataupun dioperasikan dari bagian dalam.


Baca juga: Kenapa Avanza Masih Harus Dipertimbangkan?